Kebugaran Jasmani │ Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani, Cara Melatih,  dan Manfaatnya

3 min read

Kebugaran Jasmani │ Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani, Cara Melatih,  dan Manfaatnya

Unsur Unsur Kebugaran Jasmani –  Pada kesempatan kali ini admin akan membahas sebuah materi mengenai unsur – unsur kebugaran jasmani , cara ,melatih dan juga manfaatnya. Seperti yang telah kita ketahui  kesehatan dan kebugaran adalah  faktor yang sangat penting. Menjaga kesehatan dan  juga kebugaran tubuh merupakan  kunci utama  bagi kita, sebagai manusia, mampu melaksanakan berbagai macam tugas dan  juga pekerjaan.

Terdapat  banyak hal yang terhambat atau bahkan tidak  bisa  di lakukan apabila  kita mengalami  jatuh sakit. Menjaga kebugaran jasmani adalah sebuah  kebutuhan yang wajib untuk  dipenuhi oleh kita, sebagai manusia. Berbagai manfaat  juga tentunya akan diperoleh dengan menjaga hal tersebut.

Dalam menjaga kebugaran jasmani,  terdapat  setidaknya 10 unsur yang sebaiknya  dipenuhi. Adapun unsur – unsur kebugaran jasmani tersebut merupakan suatu  hal yang apabila kita dapat  memenuhinya,  maka tubuh kita akan dijamin mampu  meraih  apa yang disebut dengan bugar. Berikut ini adalah unsur – unsur dalam kebugaran jasmani .

Unsur Kebugaran Jasmani

Berikut ini adalah unsur – unsur yang terdapat dalam kebugaran jasmani :

Speed

Speed   dalam bahasa indonesia  disebut dengan kecepatan. Kecepatan bisa di artikan sebagai kemampuan seseorang untuk menjalankan gerakan tertentu pada jarak  dan waktu yang singkat. Kecepatan bisa di hitung seperti halnya saat kita belajar fisika. Dalam arti rumus fisika tersebut yang dimaksud dengan kecepatan merupakan  lamanya seseorang  dalam melakukan gerakan secara kontinyu guna  mencapai tujuan tertentu. Tujuan tersebut bisa diartikan sebagai banyak hal seperti jarak, jumlah, dan  yang lain sebagainya.

Baca Juga :   Back Up  : Teknik Dasar Dan Manfaat Melakukan Gerakan Back Up

Ada banyak olahraga yang mempunyai unsur kecepatan di dalamnya.  Salah satunya adalah olahraga lari. Dalam kegiatan berolahraga, terdapat  3 jenis kegiatan untuk mengukur kecepatan. Yang pertama adalah kecepatan dalam bereaksi, kecepatan dalam bergerak,  dan juga  kecepatan dalam melakukan sprint.

Dalam olahraga kaitannya dengan kecepatan, terdapat  beberapa faktor yang mempengaruhinya. Adapun faktor – faktor tersebut  adalah sebagai berikut :

  • Kecepatan tubuh dalam bereaksi
  • Teknik untuk melakukan kegiatan cepat
  • Faktor keturunan
  • Ketahanan tubuh terhadap gangguan luar
  • Elastisitas atau kelenturan otot
  • Kemauan dan  daya konsentrasi

Keturunan hanyalah  merupakan satu dari banyak faktor yang  dapat mempengaruhi kecepatan. Latihan adalah faktor yang sangat penting untuk di lakukan bagi siapa saja yang ingin meningkatkan kecepatan. Untuk meningkatkan kecepatan tubuh , kita  dapat  melatihnya dengan melakukan olahraga rutin jenis lari pendek dengan jarak 40 m hingga  dengan 60 m dan lari menaiki bukit atau tangga.

Strength

Kekuatan  adalah  bagian dari unsur-unsur kebugaran jasmani,  Kekuatan memegang peranan  yang penting dalam kebugaran. Kekuatan bisa diartikan sebagai suatu kondisi yangmana tubuh dapat  menggunakan otot yang ada secara maksimal ketika  melakukan sebuah aktivitas atau kegiatan  fisik. Dalam olahraga, kekuatan menjadi salah satu hal yang sangat penting. Dengan mempunyai  tenaga yang tepat, maka kita dapat terhindar dari terjadinya cedera dan juga dapat melakukan gerakan secara maksimal sesuai dengan  apa yang diharapkan.

Dengan melakukan olahraga secara rutin,  maka kekuatan  di dalam tubuh akan  dapat meningkat.  Anda bisa  melakukan beberapa latihan olahraga antara lain seperti  push up, angkat beban, squat, back up dan sit up. Gerakan tersebut  dapat melatih kekuatan beberapa otot yang berbeda.

Endurance

Endurance atau daya tahan  merupakan  suatu kemampuan yang dimiliki oleh  seseorang dalam hal melakukan kegiatan olahraga  secara berulang dengan durasi tertentu  dan  tempo berbeda – beda dengan cara yang efektif, efisien, serta  tidak merasakan kesakitan ataupun kelelahan.

Baca Juga :   Olahraga Yang Tepat Untuk Menjaga Kebugaran Jasmani

Daya tahan bisa dilatih dengan cara melakukan kegiatan olahraga yang ringan seperti  jogging dengan waktu, jarak, serta  gerakan yang konsisten dan juga  teratur setiap harinya.

 

 

Flexibility

 Flexibility bisa  diartikan sebagai kelenturan atau keluwesan dalam menggerakan otot terutama otot – otot yang berada di  bagian persendian. Kelenturan adalah  suatu hal yang bisa mendukung banyak kegiatan olahraga. Dengan mempunyai kelenturan yang baik, maka  gerak refleks juga akan semakin baik.  Disamping  itu, kelenturan juga mampu  mengurangi tingkat terjadinya cedera ketika  melakukan aktivitas atau kegiatan  olahraga. Anda bisa melatih kelenturan dengan melakukan kegiatan olahraga seperti yoga, senam, dan  juga renang.

Agility

Agility atau  kelincahan , merupakan yang tidak boleh di tinggalkan dalam peningkatan kebugaran jasmani. Kelincahan yang dimaksud adalah kemampuan  dari seseorang untuk mengendalikan tubuh dalam menyesuaikan diri terhadap satu gerakan ke gerakan yang lainnya dengan cepat seperti  dari kiri ke kanan atau depan ke belakang. Olahraga yang berbentuk permainan seperti badminton dan juga  sepak bola sangat memerlukan  unsur kebugaran jasmani satu ini. Latihan yang bisa dilakukan untuk membuat kelincahan semakin meningkat seperti  lari zig – zag dan turun naik tangga.

Accuracy

Ketepatan atau accuracy adalah  kemampuan dari tubuh seseorang untuk mengendalikan suatu gerakan pada sasaran atau tujuan.  Seperti  kemampuan dalam  menggerakan bola yang  sesuai dengan arah yang di inginkan atau menggerakan shuttle cock dengan tujuan tertentu dan juga  dengan kecepatan tertentu. Kegiatan olahraga yang sangat membutuhkan ketepatan  seperti  olahraga menembak, panahan, bowling, billiard, dan juga  olahraga  yang sejenisnya. Latihan keakuratan atau ketepatan bisa di lakukan dengan melakukan olahraga yang melatih fokus.

Muscular Power

Muscular  Power atau daya otot. Daya otot yang dimaksud  disini  adalah  kemampuan seseorang dalam menaikkan kekuatan sampai pada  tingkatan maksimal dalam rentang waktu yang sesingkat mungkin. Olahraga yang bisa  di lakukan  dalam  melatih unsur kebugaran jasmani ini adalah front jump, vertical jump, serta  side jump.

Baca Juga :   √ 6 Peraturan Renang Gaya Bebas Menurut FINA

Reaction

Reaction atau reaksi adalah  bagian dari unsur-unsur kebugaran jasmani. Reaksi adalah  kemampuan dalam  tubuh seseorang untuk memberikan tanggapan dengan bergerak sesuai dengan rangsangan yang diberikan. Kecepatan serta  ketepatan reaksi sangat diperlukan untuk berbagai jenis olahraga termasuk olahraga permainan atau olahraga atletik. Latihan yang bisa  dilakukan seperti  tangkap bola, dan lain  sebagainya.

Coordination

Coordination atau koordinasi  merupakan suatu kondisi yangmana tubuh  dapat  melakukan beberapa gerakan yang  berbeda dalam satu kesatuan secara  efektif dan efisien. Agar dapat melakukan unsur koordinasi ini, maka  kita membutuhkan  satu unsur lagi, yaitu konsentrasi. Tanpa konsentrasi,  maka gerakan koordinasi bisa  kacau balau.

Demikianlah di atas yang dapat dijelaskan mengenai Kebugaran Jasmani │ Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani, Cara Melatih,  dan Manfaatnya semoga mudah dipahami dan juga dapat bermanfaat bagi anda semua , terimakasih.

Baca Juga :