Faktor – Faktor Yang Dapat Menyebabkan Kekurangan Gizi

2 min read

Faktor – Faktor Yang Dapat Menyebabkan Kekurangan Gizi

Faktor Penyebab Kekurangan Gizi –pada artikel kali ini akan menjelaskan sebuah materi yaitu mengenai faktor-faktor yang dapat menyebabkan kekurangan gizi bagi tubuh titik untuk lebih jelasnya Maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami dan dimengerti.

Kebanyakan dari orang tidak menyadari bahwa dirinya mengalami malnutrisi . merupakan suatu kondisi dimana tubuh kita mengalami kekurangan akan zat gizi dan tubuh kita mengalami gangguan kesehatan yang dapat dikatakan cukup serius Hal tersebut dikarenakantidak memperoleh asupan nutrisi yang cukup.

Sebenarnya malnutrisi sendiri tidak terjadi di dalam waktu yang singkat kamu akan tetapi ini merupakan akibat dari akumulasi di dalam jangka waktu yang lama Namun Anda tersebut pasti tidak akan Anda sadari.  berikut ini adalah beberapa faktor penyebab bagi Anda sehingga kekurangan gizi.

Penyebab Kekurangan gizi

Diet Yang Berlebihan

Terkadang kita pun tidak pernah merasa puas dengan apa yang kita miliki, termasuk dengan tubuh kita sendiri  karena terdapat beberapa waktu ketika kita merasa tubuh terlihat gemuk dan juga ingin menghilangkan lemak yang berada di dalam tubuh dengan menggunakan cara diet.

Sebenarnya diet dapat dikatakan sebagai kegiatan yang positif, khususnya untuk Anda yang mengalami masalah obesitas. Namun lihat ini pun tidak bisa sembarangan untuk diterapkan dengan begitu saja. sebelumnya Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter ahli gizi mengenai diet yang cocok untuk diri anda karena tidak semua jenis diet akan cocok dengan tubuh anda.

Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Banyak sekali dari kita atau masyarakat baik itu berasal dari golongan orang tua atau anak muda yang menyukai mengkonsumsi alkohol atau minuman keras. Untuk mereka, disamping karena gaya hidup, meminum alkohol tersebut juga membuat menyenangkan bagi mereka. Padahal apabila anda mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan tentunya hal ini bisa mengganggu terhadap proses pencernaan anda dan juga penyerapan terhadap nutrisi bagi tubuh.

Baca Juga :   Jumlah Zat Gizi Yang Diperlukan Oleh Tubuh Manusia

Terkadang masalahnya itu adalah para peminum alkohol lupa untuk makan dikarenakan merasa sudah cukup kenyang. Padahal rasa kenyang yang dirasakan oleh para peminum alkohol tersebut merupakan gas yang dihasilkan oleh alkohol tersebut sehingga tidak terdapat nutrisi yang masuk ke dalam badan.

Kondisi Ekonomi Yang Tidak Memadai

Apabila anda sering melihat di televisi tentang berita-berita di berbagai negara yang mengalami kekurangan gizi, tentunya penyebab utamanya yaitu adalah karena faktor ekonomi.

Sungguh tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa mereka yang berada di garis ekonomi yang rendah ataupun kelas bawah, uang yang dihasilkan pun hanya cukup untuk digunakan sebagai bertahan hidup sehingga mereka hanya memakan makanan yang bisa membuat mereka kenyang tanpa memperdulikan kebersihan dan juga zat gizi yang terkandung di dalam makanan yang mereka makan tersebut.

Mengalami Gangguan Pencernaan

Tidak sedikit dari masyarakat yang banyak mengalami gangguan pencernaan. salah satu dari Contohnya yaitu adalah anoreksia nervosa yang mana ini merupakan kondisi seseorang yang mengidap anoreksia seringkali memuntahkan kembali apa yang telah mereka makan. Dikarenakan penderita anoreksia yang memuntahkan kembali makanan Nya maka hal tersebut otomatis akan membuat tubuh menjadi tidak memperoleh cukup nutrisi sehingga tidak jarang bagi para pengidap anoreksia ini mempunyai tubuh yang sangat kurus.

Kekurangan Yodium

Yodium adalah salah satu zat yang terkandung di dalam garam yang seringkali kita pakai atau kita gunakan untuk memasak. serta kekurangan yodium pun merupakan salah satu dari penyebab orang yang kekurangan gizi.

Karena tubuh yang kekurangan mengkonsumsi yodium hal tersebut bisa membuat tubuh menjadi semakin rentan terhadap penyakit, salah satunya itu adalah penyakit gondok. Adalah fungsi dari yodium sendiri itu adalah untuk menjaga fungsi dari kelenjar tiroid.  di samping itu juga yodium sangat berfungsi dalam mencegah kita dari keterbelakangan mental dan juga stroke.

Baca Juga :   √ Gizi Seimbang │Pengertian dan  Pentingnya Makanan Bergizi bagi Kesehatan

Kekurangan Karbohidrat

Kondisi kekurangan karbohidrat sebenarnya hampir sama dengan melakukan diet yang berlebihan karena ada salah satu dari jenis diet yang tidak mengkonsumsi karbohidrat atau disebut dengan diet keto.

Mengkonsumsi makanan dengan mengandung sedikit karbohidrat serta memperbanyak konsumsi lemak akan dirasa cukup efektif dalam mengurangi tingkat ke asaman yang ada di dalam tubuh serta juga berat badan .  padahal karbohidrat sendiri memiliki peranan yang sangat penting di dalam tubuh kita yaitu untuk menyerap Glukosa yang berada di dalam karbohidrat sehingga tubuh pun akan lebih mempunyai tenaga . efek samping dari diri sendiri yaitu antara lain bisa menyebabkan Anda mengalami sakit kepala sama mual sembelit dan juga bau nafas.

Kondisi Gigi Yang Tidak Bagus

Biasanya Ketika anda sedang mengalami posisi sakit gigi tentunya akan membuat Anda malas untuk makan. Hal ini biasanya sakit gigi juga yang kelaparan dapat membuat anda menjadi pusing kepala Sehingga anda tidak berniat untuk makan apapun. padahal apabila hal tersebut sudah terjadi maka tentu dapat menghambat proses masuknya gizi ke dalam tubuh kamu melalui makanan.

Demikianlah penjelasan mengenai Faktor Penyebab Kekurangan Gizi semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga dapat berguna dalam menambah wawasan pengetahuan bagi anda semua Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya dan jangan lupa juga untuk menyimak artikel bermanfaat lainnya.

Baca Juga :