Mengenal Teknik Heading Dalam Sepak Bola Dan Cara Melakukannya

3 min read

Mengenal Teknik Heading Dalam Sepak Bola Dan Cara Melakukannya

Teknik Heading – Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai olahraga sepak bola yaitu lebih tepatnya mengenai teknik heading dalam sepak bola serta cara melakukannya. Agar lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama.

Pada teknik dasar permainan sepak bola, heading merupakan salah satu dari teknik yang jelas termasuk sangat penting serta merupakan teknik vital yang tentunya harus dikuasai oleh para setiap pemain sepak bola.

Apabila melihat dari berbagai pertandingan sepakbola yang diselenggarakan baik secara langsung ataupun melalui televisi justru hasil gol-gol yang cantik tersebut berasal dari teknik heading yang benar dan juga tepat. Hal ini dikarenakan upaya dalam mencetak gol dengan menggunakan teknik heading cukuplah sulit untuk ditangkap oleh kiper.

Dalam upaya mencetak gol dengan menggunakan teknik heading namun secara tiba-tiba di dalam melakukan penyerangan sehingga heading ini jarang mampu untuk ditangkap oleh sang kiper. Teknik heading sendiri di dalam sepak bola merupakan teknik yang menggunakan kepala untuk mengoper bola ke teman setim ataupun mencetak gol dengan cara menyundul bola kearah gawang lawan.

Prinsip Heading

Heading juga dikenal dengan sebutan menyundul di dalam sepak bola Teknik ini tentunya mempunyai prinsip-prinsip tertentu serta tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan agar bola bisa teroperke teman ataupun masuk ke gawang lawan dengan begitu saja. berikut ini adalah beberapa prinsip di dalam teknik heading yang tentunya sangat penting untuk diperhatikan oleh para setiap pemain sepakbola terlepas dari posisi pemain sepak bola tersebut.

Baca Juga :   √ Baseball │Ukuran Lapangan Permainan Baseball / Bisbol Beserta  Gambarnya
  • Arah mata harus hanya tertuju pada bola saja serta pemain harus berlari untuk melakukan penjemputan pada bola.
  • Melakukan latihan kekuatan otot pada bagian leher.
  • Di dalam heading atau menyundul bola, alat yang utama bukanlah kepala akan tetapi dahi.
  • Kemudian selalu perhatikan posisi tubuh pada saat sundulan tersebut dilakukan yaitu caranya adalah dengan melompat sambil di waktu yang sama membungkukkan badan ke arah belakang.
  • Lalu kemudian dapat melakukan sundulan dengan menggunakan bantuan dorongan panggul dan juga kekuatan kedua lutut.
  • Kemudian luruskan kaki di saat yang sama serta ayunkan tubuh ke arah depan agar dahi mampu mengenai bola yang akan disundul tersebut.
  • Untuk letak fokus utamanya yaitu berada pada pandangan mata dimana pandangan harus dalam kondisi yang terbuka pada saat melakukan teknik heading ini.

Heading Dengan Posisi Tubuh Berdiri

Pada teknik heading ini, pemain sepak bola harus dapat memilih menyundul bola didalam posisi tubuh berdiri. Jika dengan menggunakan cara berdiri, maka langkah-langkah yang dilakukan di antaranya yaitu adalah sebagai berikut:

  • Pandangan mata harus fokus ke arah bola dengan sikap tubuh yang juga mengarah ke arah bola yang akan disundul
  • Sedangkan untuk kaki sama Bukalah kaki ke arah samping agar ketika menyundul bola posisi kaki dapat seimbang serta kuat secara maksimal.
  • Lalu tariklah tubuh supaya sedikit ke arah belakang dengan sedikit melengkung atau membengkok.
  • sedangkan pada bagian lengan dapat diposisikan secara terbuka dimana siku harus ditekuk supaya dapat menyeimbangkan tubuh.
  • tegangkan bagian leher dengan pandangan yang tetap lurus dan fokus ke arah bola.
  • Lalu Gerakan tubuh dengan menghadap ke arah depan serta sekaligus menuju ke arah bola, kemudian barulah ambil kesempatan untuk melakukan heading atau menyundul dengan menggunakan dahi.

Heading Dengan Melompat

Teknik heading juga dapat dilakukan dengan cara sambil Melakukan lompatan.  akan tetapi tentunya untuk melakukan ini performa harus maksimal serta hasil sundulan pun akan sempurna nantinya, terdapat beberapa langkah yang perlu diperhatikan setelah dikuasai dalam melakukan teknik heading sambil melompat:

  • Pastikan agar mata fokus memandang ke arah bola. Sedangkan untuk sikap badan yaitu pastikan juga badan diposisikan dibagian bawah lambungan bola .
  • Sedangkan untuk kaki sendiri dapat berada dalam kondisi yang sejajar serta pada saat bola telah turun maka barulah pemain dapat mengambil tolakan.
  • Lalu lompatlah ke arah bola yang datang tersebut dengan tubuh yang sedikit melenting dan juga dengan tangan yang berada dalam kondisi terbuka serta ke samping sambil membengkokkan siku.
  • Gunakanlah bagian dari anda di dalam proses menerima bola yang turun serta jatuh, kemudian barulah Anda bisa untuk melakukan heading atau menyundul hingga bola memantul kembali ke arah depan. di saat ini maka tekuklah bagian kaki.
Baca Juga :   Teknik Shooting Futsal Dan Cara Melakukannya Dengan Benar yang Perlu Dipelajari

Heading Dengan Melayang

Hadi mulai yang merupakan teknik heading yang dilakukan dengan cara menjatuhkan tubuhnya alias melayang serta untuk melakukannya dengan tepat maka anda harus mengikuti langkah-langkah berikut ini yang tentunya sangat perlu dikuasai oleh para pemain sepak bola:

  • Pertama Anda harus mengarahkan tubuh pada target bola yang turun ataupun yang akan disundul.
  • pandangan mata harus tetap fokus dengan mengawasi bola yang melambung supaya tidak Terlewatkan.
  • Kemudian Ambillah sikap tubuh dengan memposisikan nya dengan sedikit agak condong ke arah depan sambil terus menaklukan bagian lutut.
  • Pada saat bola meluncur dari arah yang berlawanan, maka pastikan agar anda melompat ke arah depan serta melayang yang disejajarkan dengan tanah. Di waktu itulah merupakan waktu yang sangat tepat untuk melakukan heading atau menyundul bola dengan menggunakan dahi. Di saat melakukan pendaratan maka tumpukan tangan ke tanah sambil meluncur di lapangan.

Heading ke Bawah

Ketika melakukan sundulan atau heading bola ke gawang maka jagalah bola agar arah dari bola ke bawah hal ini agar dapat mempersulit kiper ketika Menghadang bola. Hal ini juga akan membuat bola mengarah ke arah bawah pada saat Anda Sundul. Sehingga untuk posisi ini maka anda harus lebih tinggi dari bolanya agar bagian atasnya lah yang nantinya akan tersenggol secara sempurna.  barulah setelah itu, tandukan kepala ke arah bawah dengan sekuat tenaga pada saat anda telah mengenai atau menyentuh bola.

Mengendalikan Sundulan

Penting untuk diketahui juga bahwa di dalam teknik heading, terdapat juga langkah yang dilakukan dalam mengendalikan sundulan, yang mana tujuan utamanya yaitu adalah sebagai penahan bola serta meredam pada saat ingin melakukan gerakan sendiri ataupun tidak berkeinginan untuk mengoper kepada teman satu tim . Untuk melakukan hal ini maka anda harus memperhatikan beberapa langkah-langkah yaitu sebagai berikut:

  • Sebaiknya Anda memposisikan tubuh anda dengan tidak terlalu dicondongkan pada saat bola mulai datang.
  • Pastikan anda tetap berada di dalam posisi yang santai Pada saat Anda menahan bola serta posisi tubuh pun harus tetap terjaga seimbang ketika menerima bola.
  • Lalu tekuklah bagian lutut dan juga punggung dengan agak sedikit dicondongkan sambil terus mendorong bola ke arah depan dengan perlahan agar jatuh ataupun mendaratnya bola tidak akan jauh dari kaki.
Baca Juga :   Peralatan Tolak Peluru Dalam Cabor Atletik

Demikianlah pembahasan mengenai Teknik  Heading dalam sepak bola. Semoga informasi yang diberikan mudah untuk dipahami dan juga dapat bermanfaat bagi anda semua Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya salam olahraga.

Baca Juga :