Pentaque : Peraturan Olahraga Petanque Yang Wajib Di Mengerti

3 min read

Pentaque : Peraturan Olahraga Petanque Yang Wajib Di Mengerti

Peraturan Olahraga Pentaque – pada artikel kali ini admin akan membahas mengenai peraturan-peraturan di dalam olahraga pentaque yang wajib untuk dipahami dan juga untuk dimengerti. Untuk lebih jelasnya Maka langsung saja disimak pembahasan selengkapnya berikut ini secara seksama.

Pengertian Dan Sejarah Pentaque

Petanque adalah sebuah olahraga yang pertama kali berasal atau dimainkan dari Perancis yang kemudian dengan Seiring berjalannya waktu olahraga ini terus Semakin berkembang dan semakin lama semakin dikenal bahkan hingga menyebar ke negara lain bahkan hingga sampai ke Indonesia titik kemudian mulai didirikanlah sebuah organisasi yang bernama federasi olahraga petanque Indonesia atau yang disingkat dengan FOPI.

Olahraga petanque ini adalah permainan boules yang mana dilakukan dengan memiliki tujuan yaitu melempar bola besi dengan jarak yang sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut dengan choconet atau boka. Sementara itu sama kaki dari para pemain petanque tersebut juga harus berada di dalam lingkaran kecil. Akan tetapi untuk Anda yang ingin merasakan ataupun memakai arena lain maka anda dapat memainkan olahraga petanque ini di pasir, rerumputan ataupun juga bahkan pada permukaan yang lainnya. Yang tentu saja hal ini akan nantinya memberikan kesan tersendiri bagi anda karena memainkan petanque ini di tempat yang jarang digunakan.

Baca Juga :   √ Tenis Lapangan │Peraturan Tenis Lapangan Terbaru

Seperti halnya dengan jenis-jenis olahraga yang lain ya, olahraga petanque ini juga mempunyai teknik tersendiri yang tentu saja teknik ini harus dikuasai oleh para pemain Apabila mereka ingin menjadi seorang pemain yang handal atau pakar. Serta yang tidak kalah penting lagi untuk diketahui yaitu adalah Anda juga harus memahami apa saja peraturan-peraturan yang terdapat di dalam olahraga pentaque ini yang Berikut ini akan kami jelaskan secara singkat dan jelas.

Dimainkan dengan 1 lawan 1 atau 2 lawan 2

Yang pertama yaitu peraturan dasar yang tentunya harus Anda pahami dan juga Anda ketahui Apabila Anda ingin memainkan olahraga petanque ini yaitu adalah Anda harus memahami bahwa olahraga petanque ini harus dimainkan dengan satu lawan satu, dua lawan dua, ataupun juga dapat dimainkan dengan 3 lawan 3. Seseorang yang melakukan atau memainkan bola ini dengan diberikan 3 BOULE.

Akan tetapi apabila olahraga pentaque ini dimainkan oleh 3 lawan 3, maka permainan pentaque ini hanya akan diberikan BOULE itu sebanyak 2. Sekedar informasi yang tentunya juga tidak kalah penting untuk anda ketahui yaitu adalah bahwasanya olahraga petanque ini adalah jenis dari olahraga yang tidak dibatasi oleh umur. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa lawan Anda kemungkinan dapat juga berusia lebih mudah atau bahkan bisa berusia lebih tua daripada Anda sendiri.

Diawali Dengan “Tos”

Kamu seperti halnya pada peraturan yang terdapat pada permainan sepak bola maka olahraga petanque juga akan diawali dengan melakukan touch walaupun dengan cara yang berbeda yaitu yang dilakukan pada permainan sepakbola ataupun olahraga yang lainnya juga. Pemain yang sudah memenangkan paus maka akan dipersilakan untuk melakukan lemparan boke ke arah ke dalam lingkaran yang nantinya kemudian akan disimpan pada salah satu sisi lapangan.

Baca Juga :   √ Salto Belakang  │ Cara Melakukan Salto Belakang dengan Mudah dan Aman  Beserta Manfaatnya

Sedangkan untuk jaraknya sendiri yaitu adalah kurang lebih 6 hingga sampai 10 m. Para pemain tersebut nantinya akan diberikan sebuah kesempatan yang digunakan untuk melempar sebanyak 3 kali.  apabila pemain tidak dapat memenuhi jarak yang sudah ditentukan walaupun telah melakukan lemparan sebanyak 3 kali maka secara otomatis pemain tersebut akan dinyatakan bahwa ia gagal dan juga kemudian kendali permainan akan diberikan kepada pihak lawan.

Melempar Hingga Sedekat Mungkin ke Boke

pemain harus melakukan lemparan boule atau bola besar tinju sedekat mungkin dengan jarak dari boke. Dalam tahapan ini tentu saja setiap pemain dituntut untuk mempunyai skill atau kemampuan yang mumpuni yang disebabkan Ia hanya mempunyai tiga kesempatan yang dapat digunakan untuk melempar bola besar dengan sedekat mungkin. Lalu apabila ia justru tidak mencapai target atau jarak yang telah ditentukan, maka lalu wasit akan menyatakan bahwa ia sudah gagal dalam melakukan lemparan dan kemudian permainan akan dialihkan kepada pihak lawan.

Akan tetapi ada hal yang harus diperhatikan juga yaitu adalah bahwa lawan anda pun di sini mempunyai kesempatan yang sama sebagaimana kesempatan yang diberikan kepada Anda dimana ia juga dapat melakukan lemparan boule dengan sedekat mungkin dengan bokek atau bola kecil atau justru ia melempar dan juga mengenai bola pemain pertama hingga bola tersebut jatuh.

Regu Yang Boulenya Berada Paling Jauh Dari Boke, Akan Diberi Kesempatan Untuk Main tersebut

Penting untuk diketahui juga bahwa hanya Apabila ternyata regu yang bermain tersebut boulenya mempunyai jarak yang paling jauh dari boke di antara regu penting untuk diketahui juga bahwasanya apabila ternyata regu yang bermain tersebut bolehnya mempunyai jarak yang paling jauh dari bokek di antara regu yang lainnya ataupun para pemain yang lain yang koma maka ia akan tetap diberikan kesempatan untuk dapat melanjutkan permainan serta bahkan juga nantinya hingga jaraknya berada lebih dekat dengan bokek lagu tersebut akan dibandingkan dengan regu  yang lainnya.

Baca Juga :   4 Teknik Lompat kangkang Yang Benar

Skor Maksimal 13

Seorang pemain petanque atau regu yang pertama kali mencapai angka atau skor atau nilai 13, maka ia otomatis akan dinyatakan sebagai pemenang dari olahraga ini. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa setiap para pemain harus secara berlomba-lomba untuk meraih skor 13 supaya ia dapat langsung dinyatakan sebagai seorang pemenang.

Demikianlah penjelasan mengenai Peraturan Olahraga Pentaque semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga berguna bagi anda semua, perlu diingat bahwa ketika akan melakukan olahraga jenis apapun penting adanya untuk melakukan warming up atau pemanasan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.  Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya dan salam olahraga.

Baca Juga :