Renang : Teknik Dasar Renang Gaya Crawl

2 min read

Renang : Teknik Dasar Renang Gaya Crawl

Teknik Dasar Renang Gaya Crawl–Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai materi dalam olahraga renang yaitu lebih tepatnya mengenai teknik dasar renang gaya Crawl. Agar lebih mudah untuk dimengerti dan dipahami maka langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya berikut ini secara seksama.

Teknik renang gaya Crawl dikenal juga sebagai teknik renang gaya bebas di dalam bahasa Indonesia. Teknik dasar renang gaya Crawl atau from crown menjadi salah satu teknik renang dari banyaknya teknik renang yang lainnya yang dapat digunakan karena lebih mudah ah dan gampang untuk dilakukan.

Disamping itu, teknik renang gaya Crawl ini memerlukan koordinasi yang baik dari seluruh bagian anggota tubuh sehingga dapat membentuk badan akan menjadi lebih proporsional. Bagi Anda yang penasaran Bagaimana cara melakukan teknik renang gaya Crawl ini langsung saja kita simak beberapa penjelasan singkat tentang teknik renang gaya crawl berikut ini.

Meluncur

Yang pertama pada teknik renang gaya Crawl ini dimulai dari teknik dasar renang yang diawali dengan gerakan meluncur. Hal yang pertama harus anda lakukan adalah yaitu berdiri pada bagian pinggir kolam dengan badan yang menempel di dinding kolam titik kemudian Letakkan lah salah satu dari telapak tangan anda pada bagian dinding kolam tersebut Lalu kaki yang satunya lagi menopang badan Anda. Kemudian dorong telapak kaki pada dinding yang diikuti dengan telapak kaki yang lainnya dan juga ikut diangkat serta mendorong. Meluruskan kedua kaki kemudian dapatkan titik kedua tangan berada di dalam posisi yang rapat serta lurus ke arah depan titik biarkan badan Anda meluncur dengan sendirinya.

Baca Juga :   √ Pengertian Dan Cara Melakukan Lari Halang Rintang

Gerakan Tangan

Dalam teknik renang gaya crawl , Anda harus menggerakkan tangan anda secara bergantian titik angkat salah satu tangan ke arah atas kemudian dorong seperti seakan-akan sedang menangkap udara Sedangkan untuk tangan yang lainnya juga mendorong air yang berada di bawah. Lakukanlah gerakan ini seperti dayung dayung yang dilakukan secara bergantian ke arah atas dan juga ke arah bawah.

Gerakan Kaki

Dalam teknik ini gerakan kaki juga harus dilakukan secara bergantian. Lakukan gerakan kaki dengan mengangkat kaki ke arah atas dimana kaki yang lainnya turun untuk menghentakkan air ke arah bawah. Lakukanlah gerakan kaki ini secara bergantian supaya tubuh anda akan tetap terdorong ke arah depan.  usahakan juga agar tidak mengangkat kaki dengan terlalu tinggi karena hal ini akan membuat kaki anda akan menjadi mudah lelah dan juga akan gerakan kaki anda menjadi lambat.

Pada saat anda melakukan gerakan kaki dalam renang gaya gerakan kaki dilakukan mulai dari bagian pangkal paha sehingga hentakan dan dicampur ke arah atas permukaan air akan menjadi lebih kuat dalam mendorong tubuh anda ke bagian depan.  akan tetapi perlu diingat bahwa dalam melakukannya Anda harus dalam keadaan yang relatif serta tidak kaku Hal ini bertujuan agar tidak terjadinya kram.

 

Cara bernafas

Dalam teknik renang dengan menggunakan gaya crawl, pada proses pengambilan nafas akan jauh lebih mudah untuk dilakukan karena hal ini bisa dilakukan pada setiap ayunan tangan titik pada saat tangan anda mengayun ke arah atas, maka badan Anda akan menghadap ke arah samping sehingga kepala anda juga akan ikut menghadap ke arah samping. Pada saat itulah Anda dapat dengan segera melakukan pengambilan nafas dengan menggunakan mulut.  hindari untuk mengambil nafas dengan melalui hidung karena hal ini bisa menyebabkan air akan masuk ke dalam hidung anda dan anda akan menjadi tersedak.

Baca Juga :   √ Lari Estafet  │10 Peraturan Perlombaan Lari Estafet Menurut PASI dan IAAF

Demikianlah penjelasan pada artikel kali ini mengenai Renang : Teknik Dasar Renang Gaya Crawl semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat terutama bagi Anda yang hobi berenang atau sudah mempelajari teknik teknik di dalam berenang, Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya ya jangan lupa juga untuk menyimak artikel yang lainnya terima kasih .

Baca Juga :