Teknik Dan Cara Berenang Bagi penderita Asma Yang Penting Untuk Diketahui

2 min read

Teknik Dan Cara Berenang Bagi penderita Asma Yang Penting Untuk Diketahui

Cara Berenang Untuk Penderita Asma – Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai teknik dan juga cara yang dapat dilakukan ketika berenang bagi para penderita asma yang tentunya sangat penting untuk diketahui. Oleh sebab itu maka langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Banyak orang mengatakan bahwa bagi para penderita asma tidak boleh melakukan olahraga. Akan tetapi justru dengan berolahraga, maka para penderita asma bisa mengurangi gejala asma yang diderita selama ini. Gerakan yang terdapat di dalam renang sangat baik di dalam memperkuat paru-paru sehingga sangat disarankan bagi para penderita asma untuk melakukan olahraga renang ini.

Akan tetapi cara renang bagi para penderita asma juga harus diperhatikan titik bagi para penderita asma tidak bisa berenang secara sembarangan Titik maka dari itu Berikut ini adalah beberapa cara dan teknik yang dapat dilakukan ketika berenang bagi para penderita asma yang penting untuk diketahui.

Pilih Kolam Indoor

Hal yang pertama yang perlu diperhatikan bagi para penderita asma sebelum melakukan renang yaitu adalah memilih kolam renang indoor. Karena kolam renang indoor mempunyai kualitas udara yang lebih baik dibandingkan dengan kolam renang outdoor. Kualitas dari udara sangat mempengaruhi terhadap penderita asma sehingga harus memilih kolam renang yang jauh dari resiko obatnya asma pada saat melakukan renang. Apabila memang terpaksa berenang pada kolam outdoor Pa maka Pilihlah kolam yang jauh jauh lokasinya dari jalan raya sehingga akan dapat terhindar dari paparan polusi dan juga berbagai bahaya yang lainnya.

Baca Juga :   √ Baseball  │ Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar

Gunakan Air Hangat

Ada baiknya jika menghindari penggunaan air dingin di kolam renang titik Apabila memungkinkan, maka anda dapat menggunakan air hangat titik air hangat akan sangat membantu di dalam menegakkan pernapasan sehingga penderita asma dapat bernapas dengan lebih baik tentunya.

Lakukan Pemanasan

Ada baiknya jika anda melakukan pemanasan sebelum berenang melakukan stretching atau pemanasan sebagai upaya dalam melemaskan otot supaya otot tidak kaget dan juga tegang pada saat Anda berenang titik pemanasan yang dilakukan sebaiknya juga tidak terlalu berat dan tidak terlalu lama apabila pemanasan yang dilakukan Terlalu Lama, Maka hal tersebut akan dapat menyebabkan tubuh anda menjadi lebih mudah lelah pada saat berenang yang nantinya akan berujung pada kumatnya asma anda.

 

Posisi Kepala

Pada saat berenang, pastikan bahwa posisi kepala anda selalu berada di bagian atas.  dari gerakan menyelam sebab paru-paru akan memperoleh tekanan yang lebih besar. Berenanglah dengan menggunakan Posisi badan yang sejajar supaya paru-paru Anda akan tetap terjaga dan dapat memperoleh udara yang cukup.

Gerakan Tangan

Gerakan tangan pada saat gaya renang kupu-kupu sangat disarankan bagi para penderita asma titik dengan menggunakan gerakan ini maka paru-paru anda akan terbuka dengan lebih lebar. Otot yang berada di sekitar paru-paru pun juga akan menjadi lebih kuat. Hentakan tangan pada arah belakang dengan kuat pada saat berenang supaya dada akan lebih terbuka.

Jangan Terlalu Lama

Sebaiknya bagi para penderita asma, disarankan agar tidak berenang terlalu lama. Cukup berenang sekitar 30 menit saja. Apabila berenang terlalu lama maka dikhawatirkan penyakit asma anda akan kembali kambuh bahkan akan bertambah parah.

Baca Juga :   Manfaat Berjemur Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan Kulit

Bawa Obat

Pada saat berenang kamu makan jangan lupa untuk selalu membawa obat asma atau inhaler. Awal penyakit asma tidak kambuh sama akan tetapi dengan membawa obat asma kemanapun, maka itu merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan sebagai upaya dalam mengatasi asma Anda jika sewaktu-waktu asma tersebut kambuh titik Dengan begini maka anda sudah mencegah hal yang tidak diinginkan.

Jangan Berenang Sendirian

Jika anda menderita asma maka sebaiknya jangan pernah mencoba untuk melakukan renang sendirian titik ajaklah teman yang juga dapat berenang sebagai antisipasi menjaga Anda pada saat berenang nantinya. Apabila terpaksa berenang sendirian, maka sebaiknya tidak ada kolam renangnya mempunyai pengawas dan juga selalu siap siaga di pinggir kolam renang.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Teknik Dan Cara Berenang Bagi penderita Asma Yang Penting Untuk Diketahui semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga dapat berguna bagi anda, Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya ya jangan lupa juga simak artikel yang lainnya, sampai jumpa dan salam olahraga.

Baca Juga :