Pengaruh Gizi Makanan Dan Usaha Dalam Perbaikan Gizi

3 min read

Pengaruh Gizi Makanan Dan Usaha Dalam Perbaikan Gizi

Usaha Perbaikan Gizi –Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai materi gizi yaitu lebih tepatnya mengenai usaha-usaha yang dilakukan dalam memperbaiki gizi dan juga pengaruh gizi makanan. Untuk lebih jelasnya Maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami dan dimengerti.

Usaha perbaikan gizi keluarga ( UPGK )

UPGK merupakan suatu paket yang berupa kegiatan terpadu dengan tujuan utamanya yaitu untuk menanggulangi masalah masalah kurang kalori protein di tik kegiatan-kegiatan dalam UPGK yaitu antara lain sebagai berikut:

  • Penyuluhan gizi.
  • Pemberian paket pertolongan gizi.
  • Penimbangan anak-anak balita yang dilakukan sebulan sekali.
  • Pemberian makanan tambahan.
  • Kurang gizi.

Usaha pencegahan kekurangan vitamin A

Tujuan utama dari dilakukannya usaha ini yaitu adalah untuk melindungi anak-anak balita terhadap kemungkinan kekurangan vitamin A. Disamping dengan melakukan penyuluhan gizi, maka digalakkan penggunaan sayuran hijau sebagai sumber dari vitamin A dan juga dilancarkan pemberian kapsul vitamin A dengan takaran tinggi kepada anak-anak balita setiap enam bulan sekali. Usaha ini dilakukan terutama pada daerah-daerah yang memang belum tercakup oleh usaha perbaikan gizi keluarga atau UPGK.

Usaha pencegahan gondok endemik

Usaha yang dapat dilakukan dalam proses pencegahan gondok endemik yaitu meliputi usaha jangka panjang dan usaha jangka pendek usaha jangka panjang dapat dilakukan dengan menggalakkan penggunaan garam beryodium terutama bagi masyarakat yang tinggal pada daerah daerah gondok endemik. Untuk usaha jangka pendek dapat dilakukan dengan menempuh jalan yaitu menyuntikkan zat yodium ke dalam tubuh. suntikan tersebut dapat dilakukan setiap 5 tahun sekali.  obat yang disuntikkan tersebut yaitu disebut dengan lipiodol yang merupakan suatu larutan yodium dalam bentuk minyak.

Baca Juga :   Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

Pengaruh Gizi Makanan

Pengaruh gizi makanan yaitu antara lain sebagai berikut:

Pengaruh Gizi Terhadap Daya Kerja

Manusia yang sehat mempunyai tubuh yang mampu berfungsi atau dapat berfungsi dengan baik dan dalam jaringan jaringan tubuhnya tersedia cadangan zat gizi yang cukup untuk mempertahankan kesehatannya.

Cadangan dari zat gizi tersebut dipergunakan jika kebutuhan tubuh akan zat gizi sehari-hari tidak terpenuhi. Sebaliknya jika konsumsi zat gizi berlebihan, maka kelebihan tersebut akan ditimbun dalam jaringan jaringan tubuh dalam batas-batas tertentu. Jika jaringan-jaringan tubuh tersebut sudah terlalu jenuh maka zat gizi tersebut tidak akan dapat lagi ditampung dan juga akan dapat mengganggu proses proses di dalam tubuh.

Maka dengan demikian jelaslah bahwa kekurangan atau kelebihan akan zat gizi dapat menyebabkan kelainan-kelainan keadaan semacam ini disebut dengan gizi salah, baik itu berupa gizi kurang ataupun gizi lebih titik sedangkan untuk gizi baik terletak di antara keduanya.

Perubahan keadaan gizi pada seseorang yang sehat hingga ia merasa dirinya sakit memakan waktu yang cukup lama sekali titik sebelum proses Perubahan tersebut terjadi, tubuh sudah membiasakan diri dengan fungsi-fungsi tubuh yang kurang sempurna sehingga biasanya banyak  orang yang tidak sadar bahwa ia sebenarnya telah berada dalam keadaan gizi kurang.

Tingkat kesehatan semacam ini disebut tidak sakit akan tetapi tidak sehat titik keadaan semacam ini banyak terdapat atau terjadi di Indonesia. Walaupun pada tahap ini orang tidak merasakan bahwa dirinya sedang sakit, maka akan tetapi hal tersebut memiliki pengaruh terhadap kemampuan ataupun daya kerja seseorang, antara lain orang menjadi kurang bergairah Oma orang tersebut menjadi cepat lelah, mengantuk, bahkan sering sakit.

Baca Juga :   Tips Meningkatkan Daya Ingat Yang Patut Dicoba

Gizi terhadap daya tahan

Kelainan gizi yang berat seringkali dapat berakibat pada timbulnya suatu penyakit infeksi. Namun sebaliknya, penyakit infeksi akan mudah menyerang tubuh jika dalam keadaan gizi yang kurang titik Dengan demikian maka akan terjadi sebab dan akibat yang timbul balik antara gizi kurang dan juga penyakit infeksi titik ketika sakit tubuh akan membutuhkan zat gizi dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah yang biasanya.

Sedangkan pada umumnya pada saat sakit kita kurang memiliki nafsu makan. Oleh sebab  itu, untuk memenuhi kebutuhan gizi yang meningkat ini maka diperlukan adanya cadangan zat gizi yang terdapat didalam tubuh yang akan digunakan nantinya pada saat sakit.

Jika keadaan ini berlangsung dengan terus-menerus, maka cadangan zat gizi yang terdapat didalam jaringan-jaringan akan habis karena pakai, terlebih lagi apabila timbunan cadangan hanya terbatas, sedangkan yang didapatkan dari makanan sangatlah sedikit titik tersebut disebut dengan gizi kurang pembentukan zat anti atau zat pelindung terhadap penyakit pun kurang sehingga tubuh akan mudah untuk terserang penyakit.

Pengaruh gizi terhadap pertumbuhan jasmani dan mental

Gizi kurang yang timbul di masa kanak-kanak, selain akan dapat menyebabkan gangguan terhadap pertumbuhan jasmani, hal tersebut juga akan dapat menyebabkan gangguan terhadap perkembangan mental.  bagi seseorang yang menderita gizi kurang di masa anak-anak nya sudah mencapai dewasa maka tubuhnya tidak akan mencapai tinggi yang seharusnya bisa dicapai.  di samping itu, untuk jaringan-jaringan otot nya pun juga kurang bisa berkembang dengan baik. Selain menyangkut pertumbuhan fisik, tingkat kecerdasan anak juga akan terpengaruh oleh hal tersebut. Hal ini dikarenakan oleh perkembangan jaringan otak yang hanya berlangsung sejak anak masih berada di dalam kandungan hingga dengan anak umur lebih kurang yaitu 4 tahun.

Baca Juga :   4 Tanda Otot Yang Mulai Berkembang Yang Perlu Diketahui

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Pengaruh Gizi Makanan Dan Usaha Dalam Perbaikan Gizi, semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan untuk kalian semua Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya dan jangan lupa juga simak artikel yang lainnya ya, sampai jumpa.

Baca Juga :