Voli Pantai : Peraturan Dan Teknik Dasarnya, Penjelasan Lengkap

2 min read

Voli Pantai : Peraturan Dan Teknik Dasarnya, Penjelasan Lengkap

Voli Pantai – Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai olahraga voli pantai yang mana dalam pembahasannya akan meliputi peraturan beserta dengan teknik dasarnya yang akan dibahas secara lengkap. Untuk lebih jelasnya Maka langsung saja simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami dan juga dimengerti.

Teknik Dasar Voli Pantai

Berikut ini adalah beberapa teknik dasar dalam olahraga voli pantai:

Teknik Service

Servis adalah merupakan salah satu teknik memukul bola untuk menghidupkan permainan. di dalam permainan bola voli pantai terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan servis yaitu servis dengan menggunakan ayunan tangan yang berasal dari arah bawah ke atas, 100 dengan ayunan ayunan tangan dari samping, servis dengan menggunakan ayunan tangan dari atas dan yang terakhir yaitu adalah Jump Smash. Ketika melakukan servis terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para pemain sebelum melakukan servis yaitu adalah sikap badan pandangan mata dan waktu atau time atau perkiraan waktu dalam memukul bola servis.

Teknik Passing

Teknik passing yaitu adalah teknik mengoper bola kepada kawan untuk mengatur ritme bola sehingga pada saat akan melakukan penyerangan sudah mempunyai tumpuan bola yang akurat. Pada permainan bola voli pantai Teknik ini memang memang sangat dibutuhkan. Beberapa jenis passing yang ada dalam permainan bola voli pantai diantaranya yaitu passing bawah dan passing atas.

Baca Juga :   √ Materi Sepak Bola: Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, Ukuran Lapangan Sepakbola

Teknik Smash

Pukulan smash merupakan salah satu teknik memukul bola dengan keras serta menghujan tepat ke arah area pertahanan lawan yang dilakukan untuk memperoleh poin ataupun nilai titik melakukan pukulan smash ini tentunya harus memperhatikan aspek awalan tolakan pukulan beserta pendaratan tubuh dan juga posisi lawan.

Teknik Blocking

Yang berikutnya adalah teknik blocking, teknik blocking banyak digunakan untuk meredam Serangan yang berasal dari lawan dengan cara menghalangi laju perputaran bola yang datang menuju area pertahanan kita. Teknik ini dilakukan di bagian depan net atau jaring.

Peraturan dalam Permainan Bola Voli Pantai

Di dalam permainan bola voli pantai tidak ada pergantian pemain, jadi sejak awal hingga akhir hanya dilakukan oleh dua orang serta tidak ada time out dalam permainan bola voli, apabila diantara salah satu pemain tidak sengaja atau terpaksa menyeberang ke dalam area pertahanan lawan, maka pemain yang melewati bawah jaring tidak dinyatakan melakukan pelanggaran apabila pergerakan tersebut tidak mengganggu gerakan lawan.

Setiap tim akan memperoleh poin Apabila salah satu pemain melakukan blocking dan juga membentur net sehingga terjadi kontak dengan bloker maka kontak tersebut akan dianggap sebagai 1 poin.

Perhitungan poin di dalam permainan voli pantai memakai istilah Open ending yaitu mengoper bola ke arah lawan dengan menggunakan ujung jari. teknik mengoper bola dengan menggunakan jari tangan dianggap tidak sah dalam permainan voli pantai.

Setiap para pemain dalam permainan voli pantai dapat dengan leluasa berpindah posisi dari depan ke belakang atau pun sebaliknya tidak terikat peran masing-masing. Untuk melakukan service pada permulaan voli pantai dapat dilakukan secara bergantian tanpa membutuhkan putaran pemain.

Baca Juga :   √ Kasti │Teknik Dasar Permainan Kasti dan Peralatannya

Pada permainan voli pantai tidak terdapat pemberian tugas atau peran seperti Libero pada voli indoor untuk voli pantai bagi para setiap pemain dapat dengan bebas melakukan smash blocking dan umpan yang sesuai dengan keadaan. Adapun ciri khas dari permainan voli pantai ini yaitu adalah setiap pemain tidak menggunakan sepatu seperti pada permainan voli indoor dan juga mengenakan kacamata agar dapat menghindarkan pasir masuk kedalam mata.

Untuk tim yang menjadi juara adalah yang telah memenangkan 2 set dari 3 set yang sudah dijalani. sedangkan untuk perolehan poin dari setiap set harus mencapai angka 21, dan untuk set ketiga hanya sampai 15 poin saja. Sedangkan untuk kostum atau seragam dalam voli pantai bagi wanita menggunakan dua tipe yaitu twopiecebikini dan full body suit atau pakaian yang tertutup, Sedangkan untuk para pemain pria dapat tanpa pakaian atau menggunakan pakaian serta celana pendek setiap pemain diperbolehkan untuk menggunakan kode tangan untuk mengawali strategi dalam permainan desanya kode dan strategi tersebut ditunjukkan di belakang punggung pemain dan tidak terlihat oleh pihak lawan.

Demikianlah pembahasan kali ini terkait dengan Voli Pantai : Peraturan Dan Teknik Dasarnya, Penjelasan Lengkap yang telah dijelaskan pada artikel ini semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga berguna dalam menambah wawasan pengetahuan anda semua terutama mengenai olahraga voli pantai ini, Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya salam olahraga.

Baca Juga :

Baca Juga :   Teknik Lari Yang Benar Untuk Meninggikan Badan