Squash : Mengenal Olahraga Squash, Pengertian Dan Sejarah Beserta Sarana Dan Prasaranannya

3 min read

Squash : Mengenal Olahraga Squash, Pengertian Dan Sejarah Beserta Sarana Dan Prasaranannya

Olahraga Squash – Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai salah satu dari jenis olahraga yaitu olahraga squash. Mungkin di antara kalian masih asing dengan olahraga yang satu ini. Oleh sebab itu pembahasan kali ini akan mengulas mengenai olahraga squash yang mana akan meliputi Pengertian dan juga sejarahnya. Langsung saja kita simak informasi selengkapnya berikut ini secara seksama.

Pengertian Olahraga Squash

Squash adalah salah satu jenis olahraga yang di mainkan di lapangan yang tertutup khusus dimana para pemainnya yang saling berdampingan serta saling bergantian memukul bola. Bola yang di pakai dalam olahraga ini adalah bola yang terbuat dari karet yang di pukul lalu kemudian di pantulkan ke dinding dengan menggunakan raket . Sebuah garis yang khusus menjadi batas apakah bola tersebut masuk ataukah justru keluar serta menjadi penentu skor yang di cetak setiap para pemain.

Pada permainan ini hampir semua otot di gunakan, sehingga menurut beberapa para pelatih squash, olahraga ini sangat cocok bagi mereka yang ingin menambah stamina tubuh sebab hanya dalam waktu satu menit saja bola tidak mati pada saat di mainkan, maka sama dengan berlari sprint selama jangka waktu tersebut.

Sejarah Olahraga Squash

Olahraga squash pertama kali dimainkan di inggris yang diselenggarakan pada tahun 1800an, lalu olahraga ini diperkenalkan di negara – negara jajahannya seperti Malaysia, Australia, Hongkong walaupun pada awalnya olahraga ini dimainkan di inggris akan tetapi pada tahun 1907 Amerika serikatlah yang memprakarsai lahirnya Organisasi Squash yaitu United States Squash Association.

Baca Juga :   Pencak Silat : Jurus - Jurus Pencak Silat Yang  Mematikan

Sarana Dan Prasarana Squash

Raket

Raket squash terbuat dari bahan alumunium, titanium atau karbon. Yang masing masing bahan tersebut memiliki karakternya yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Raket dari bahan alumunium :

  • Berat sekitar 190 gram
  • Luas kepala raket sekitar 470 cm
  • Digunakan dalam permainan rekreasi

Raket terbuat dari bahan carbon :

  • Berat sekitar 130 gram
  • Luas kepala raket sekitar 500 cm
  • Baik digunakan untuk permainan yang agresif

Raket dari bahan titanium :

  • Berat sekitar 140 gram
  • Luas kepala raket sekitar 550 cm
  • Cocok untuk permainan defensife dengan akurasi serta control bola yang tinggi

Pada dasarnya ukuran raket squash antara 110 hingga 170 gram, akan tetapi untuk ukuran di atas tersebut di kelompokkan menjadi tipe raket yang ringan serta berat, supaya seorang pemain dapat memilih raket yang sesuai dengan karakter bermainnya masing – masing.

Tarikan yang biasa di pakai untuk raket adalah squash yaitu antara 25 hingga 28 PSI dan juga snar untuk squash adalah yang berteksture dengan ukuran 17 – 18 gouge.

Lapangan Squash

Squash di mainkan di dalam lapangan yang tertutup dengan ukuran panjang yaitu 9,75 m serta dengan lebar 6,40 m, yang biasa di mainkan untuk partai tunggal, meskipun terdapat aturan yang digunakan untuk para pemain ganda jaring yang seperti terdapat pada olahraga badminton dan juga tenis  yang di gantikan oleh timah ( tin ) yang merupakan sejenis bahan yang berbunyi nyaring, biasanya yang terbuat dari logam , yang melintang hingga selebar dinding depan.

Di atas sepanjang timah ini biasanya di pasangkan kayu yang disebut dengan board. Jarak antara lantai hingga pada bagian atas board haruslah setinggi 48 cm. Permukaan board hanya boleh menonjol antara 14-25 mm dari permukaan dinding bagian depan. Bunyi yang terdengar yang merupakan sebab atau akibat dari benturan yang terjadi antara board dan bola, menunjukkan bahwa pukulan tersebut terlalu rendah atau hit down serta garis merah yang menghubungkan titik-titik 4,75 m.

Baca Juga :   8 Jenis Teknik Kuncian Dalam Beladiri Pencak Silat

Setiap dinding depan serta tinggi 2.13 m pada tiap sudut dinding bagian belakang disebut dengan garis keluar ( out-of-court-ine ). Pada bagian dinding deon masih terdapat garis berwarna merah yang mendatar yang melintang hingga setinggi 2,47 m yang berada di bawah garis keluar, atau juga yang disebut dengan garis potong ( cutline ).

Dilantai 6,49 m dari dinding bagian depan terdapat garis yang sejajar dengan dinding bagian depan dan bagian belakang yang disebut dengan garis pendek ( Short Line ). Sedangkan pada bagian lapangan belakang garis pendek di bagi menjadi dua oleh garis tengah atau halfcountline yang sejajar dengan dinding samping serta pada kedua bagian terdapat ruang service seluas 1,6 m persegi yang terdapat pada bagian sudut masing – masing bagian.

Bola squash

Dalam permainan squash terdapat empat macam bola yang dapat di bedakan dengan titik yang berwarna yaitu : putih kuning, biru dan merah. Keempat warna tersebut mempunyai karakter kecepatan yang berbeda beda, titik kuning berarti kecepatan pantulan yang lambat, putih berarti sedikit lambat, dan merah agak cepat lalu biru artinya cepat.

Ciri khusus dari bola squash yaitu adalah semakin di pukul maka ia akan semakin panas sehingga mengakibatkan pantulannya pun akan semakin cepat. Hal ini dikarenakan oleh bahan bola squash yang terbuat dari bahan karet .

Sepatu squash

Pada umumnya lapangan squash terbuat dari bahan kayu, sehingga sepatu squash tidak boleh meninggalkan bekas apapun di lantai ( Non – marketing ). Oleh sebab itu maka sepatu squash mempunyai sol yang terbuat dari bahan karet dan juga tidak berwarna. Teknik permainan yang stop-go ( bergerak serta berhenti untuk mengejar bola )

Baca Juga :   Back Up  : Teknik Dasar Dan Manfaat Melakukan Gerakan Back Up

Sekian artikel mengenai Squash : Mengenal Olahraga Squash, Pengertian Dan Sejarah Beserta Sarana Dan Prasaranannya semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih untuk kunjungngannya.

Baca Juga :