Pilates : Manfaat Senam Pilates Untuk Tubuh

3 min read

Pilates : Manfaat Senam Pilates Untuk Tubuh

Pilates – Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai senam pilates, yaitu lebih tepatnya mengenai manfaat dari senam pilates untuk lebih jelasnya maka langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami.

Pilates merupakan yoga versi modern yang mulai dikembangkan pada abad ke 20 oleh seorang atlet pilates yang bernama Joseph Pilates. Pada awal mulanya pilates adalah sebagai bentuk latihan fisik yang berfokus pada rehabilitasi serta penguatan tubuh.

Pilates terdiri atas berbagai gerakan yang gerakannya berfokus pada perut, panggul , paha dan punggung bagian bawah. Sedangkan untuk metode yang digunakan terdiri atas beberapa gerakan yaitu gerakan ketahanan, kekuatan otot, dan fleksibilitas yang tergolong low impact.

Pilates lebih dari sekedar latihan fisik. Pilates dilakukan dengan cara perlahan dan dengan menggunakan gerakan peregangan yang bertujuan untuk membangun kekuatan pada tubuh.

Pilates juga menggunakan latihan pernapasan yang sangat bagus dalam meningkatkan pikiran. Maka dengan begitu pilates tentunya mengandung segudang manfaat bagi tubuh yang dapat di rasakan.

Akan tetapi untuk dapat memperoleh manfaat dari senam pilates anda memerlukan seorang pemandu pada saat anda melakukannya.apalagi jika kamu seorang pemula, supaya dapat memperoleh pengarahan secara langsung dari pelatih atau pemandu pilates anda, berikut ini adalah beberapa manfaat dari senam pilates.

 

Mengenal Senam Pilates

Gerakan dari senam pilates ini memang terlihat mudah untuk dilakukan akan tetapi pada gerakan yang sederhana ini ternyata sebenarnya mempunyai segudang manfaat yang sangat berguna untuk tubuh anda. Hal ini disebabkan oleh gerakan pilates yang mempekerjakan pikiran dan juga otot sehingga dapat membantu seseorang untuk melibatkan otot-otot inti pada saat melakukannya.

Baca Juga :   Ketahui Cara Berenang Supaya Tidak Mudah Lelah Yang Wajib Dikuasai

Cherie Wells yang merupakan seorang dosen senior terapi fisik di Griffith University, Australia mengatakan bahwa hal tersebut lebih mengarah pada postur tubuh serta kontrol yang baik pada pergerakan tubuh, penelitian Wells juga menemukan bahwa Pilates juga bisa meringankan rasa sakit dan juga dapat meningkatkan kualitas kehidupan sehari-hari terlebih lagi bagi para penderita nyeri punggung bagian bawah kronis.

Salah satu yang menjadi kunci dalam senam pilates adalah Centering atau memahami bahwa semua gerakan dalam pilates berasal dari inti. Ann Gibson, seorang Profesor Ilmu Olahraga di University of New Mexico mengatakan bahwa pilates layaknya yoga yang menjadikan bernapas serta fokus sebagai peran pentingnya.

 

Manfaat Dari Senam Pilates

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari senam pilates :

Menguatkan Otot Inti

Pertama pilates bisa mengencangkan otot- otot pada tubuh. Hal ini disebabkan oleh latihan pilates akan menggunakan beban tubuh. Terlebih lagi pada otot inti yang merupakan serangkaian otot yang kompleks yang membentang mulai dari otot dada bagian bawah, punggung, perut, hingga otot di sekitar panggul.

Otot inti yang fleksibel atau lemak bisa mengganggu lengan dan juga kaki, dan juga bahkan dapat menguras habis tenaga drai setiap gerakan yang anda lakukan. Mempunyai torso yang kuat dan juga berarti akan membangun stabilitas serta kekuatan otot inti yang dapat anda peroleh dengan latihan pilates.

Tubuh Lebih Fleksibel

Manfaat pilates yang berikutnya adalah bisa menjadikan tubuh anda lebih fleksibel, manfaat ini dikarenakan latihan pilates yang berkaitan dengan penguatan dan juga peregangan.

Penelitian menunjukkan bahwa latihan pilates yang disertai dengan peregangan otot, menjadikan pilates sebagai rutinitas yang bisa menunjukkan peningkatan fleksibilitas pada tubuh.

Baca Juga :   Cara - Cara Menghindari Penyalahgunaan Narkoba

 

Meningkatkan Postur Tubuh

Fokus utama dari senam pilates adalah yaitu dengan mempertahankan perataan dan juga keseimbangan yang baik pada saat sedang menjalani proses latihannya.

Pilates mendukung inti tubuh agar dapat menstabilkan koordinasi tubuh, sehingga bisa menjaga postur tubuh yang baik.

Pilates melatih otot otot pinggul, panggul dan juga punggung bawah supaya dapat bekerja dengan harmonis, pilates juga dapat menstabilkan tubuh serta mengurangi kahausan tulang belakang. Pilates juga memungkinkan bagi anda untuk menarik oksigen lebih banyak ketika bernapas, dan juga dapat mengasah keterampilan motiric halus.

 

Meringankan Sakit

Pilates bisa meringankan sakit punggung kronis dan meringankan sakit punggung bagian bawah, ini disebabkan karena gerakan pilates mendukung bagian otot inti anda.

Selain itu pilates yang dilakukan secara rutin membantu dalam mencegah cedera dengan meningkatkan mobilitas anda.

 

Menurunkan Berat Badan

Bagi yang mempunyai kelebihan berat badan yang ingin melakukan pilates untuk menurunkan berat badan, maka anda harus bersabar untuk busa memperoleh hasilnya. Karena di awal latihan tidak memperoleh hasil yang cukup signifikan. Anda perlu melakukannya secara berkala atau rutin untuk mendapatkan penurunan secara berkala.

 

Menajamkan Fokus

Manfaat pilates yang berikutnya yaitu adalah dapat menajamkan fokus hal ini dikarenakan oleh dari setiap gerakan pilates memerlukan konsentrasi tingkat tinggi, pilates berpusat pada harmonisasi dari pengendalian pikiran, tubuh, serta pengaturan napas yang menjadikan anda Lebuh fokus.

 

Memperbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang buruk akan mengakibatkan timbulnya berbagai gangguan, mulai dari nyeri bahu hingga punggung, pilates dapat menjaga supaya garis tulang belakang tetap lurus dan sesuai dengan anatominya dan ini merupakan dasar dari latihan pilates. Latihan pilates juga bertujuan untuk menjaga lengkungan alami pada tulang belakang.

Baca Juga :   Tips Meningkatkan Daya Ingat Yang Patut Dicoba

Demikianlah informasi mengenai Pilates : Manfaat Senam Pilates Untuk Tubuh semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan anda semua, sekian dan terimakasih.

Baca Juga :