Cara Belajar Berenang Mengapung yang Baik Dan Benar

2 min read

Cara Belajar Berenang Mengapung yang Baik Dan Benar

Renang Mengapung – Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai cara belajar berenang mengapung yang baik dan benar yang tentunya penting untuk anda ketahui terutama bagi Anda yang sedang ingin belajar berenang .  untuk informasi lebih lengkapnya Maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami dan juga dimengerti.

Seperti yang kita ketahui berenang memang mempunyai banyak sekali manfaat yang luar biasa bagi tubuh dan juga kesehatan kita. Manfaat tersebut mulai dari menguatkan sistem imunitas pada tubuh, menguatkan otot dada, meningkatkan tinggi badan koma menguatkan otot tangan, otot kaki dan juga manfaat relaksasi yang dapat membuat Kita terbebas dari stres serta tekanan.

Akan tetapi walaupun olahraga renang ini sangat menyenangkan, ternyata tidak banyak orang yang mengetahui atau tidak banyak orang yang bisa berenang. Kesulitan yang paling utama yang banyak dialami oleh orang yang baru ingin belajar berenang yaitu adalah cara mengapung diatas air. Bagi Anda yang mengalami kesulitan mengenai cara mengapung di atas air maka Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda pelajari mengenai cara mengapung berenang yang baik dan benar.

Biasakan Diri

Kau yang pertama yang perlu Anda lakukan untuk dapat mengapung dengan baik dan benar yang harus anda lakukan itu adalah dengan membiasakan diri Anda berada di dalam air. Untuk belajar mengapung sendiri maka lakukan di dalam kolam yang tenang. Hindari belajar mengapung ini di sungai ataupun di laut yang mempunyai ombak ataupun arus yang cukup kuat. Tenangkan diri Anda kemudian lakukan pemanasan dengan beberapa gerakan kecil terlebih dahulu agar nantinya pada saat proses berenang dapat mengurangi hal-hal atau kram yang bisa saja terjadi ketika berada di dalam kolam renang

Baca Juga :   √ Senam Aerobik │ Pengertian dan Sejarah Senam Aerobik

 

Mintalah Bantuan

Untuk bisa belajar mengapung dengan baik dan benar pada saat berenang, maka anda memerlukan bantuan, baik bantuan tersebut berasal dari seorang pelatih ataupun dengan menggunakan alat bantu saat berenang. Jangan jangan menyepelekan proses belajar mengapung dengan melakukannya sendirian, Walaupun anda sudah menguasai beberapa teknik di dalam renang Akan tetapi anda juga harus tetap memperoleh bantuan serta pengawasan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Apabila anda menggunakan seorang pelatih maka Mintalah bantuan pelatihan da untuk menopang punggung anda ketika anda mengapung di atas permukaan air, sedangkan alat bantu yang digunakan yaitu adalah pfd ataupun profesional floating device yang dapat digunakan pada bagian lengan serta bagian tengah tubuh anda.

Sejajarkan Badan

Usahakan juga agar mempertahankan posisi tubuh anda yang sejajar dengan permukaan air ataupun lantai kolam renang, jagalah keseimbangan tubuh supaya tetap dalam keadaan yang sejajar.

Pertahankan Posisi Kepala

Mempertahankan posisi kepala merupakan hal yang sangat penting pada saat proses mengapung di permukaan air. Tempatkan kepala anda lurus ke arah atas. Serta jangan sampai kepala anda miring ke kanan atau ke kiri. Angkat dagu hingga permukaan air berada di bagian tengah pipi titik posisi ini juga akan menyebabkan telinga Anda berada didalam air. Walaupun Hal ini dapat membuat anda merasa tidak nyaman untuk pertama kalinya, akan tetapi posisi ini sangat bagus karena badan akan menjadi lebih seimbang dengan air

Posisi Badan

Anda juga harus mengatur posisi badan Anda pada saat Anda mengapung namun hal ini gampang-gampang susah untuk dilakukan titik pertama, posisikan lengan dengan senyuman mungkin.  akan tetapi Ingatlah bahwa untuk tetap meletakkan bagian telapak tangan ke arah langit sedangkan pada bagian punggung sedikit lengkungkan pinggang dengan sedikit ke arah atas.

Baca Juga :   √ Teknik Dasar Renang Bagi Pemula Yang Harus Dikuasai

Lalu naik anda dan juga perut sampai agak berada dalam posisi yang melengkung titik posisi ini nantinya akan membantu anda dalam menyeimbangkan badan serta memudahkan anda untuk melakukan gerakan yang berikutnya. Posisi kaki dengan santai kau melakukan beberapa berada dalam posisi yang melengkung titik posisi ini nantinya akan membantu anda dalam menyeimbangkan badan serta memudahkan anda untuk melakukan gerakan yang berikutnya. Posisi kaki dengan santai atau melakukan beberapa tendangan kecil untuk dapat membiasakan diri Anda mengapung di atas permukaan air. Apabila hal ini sudah sudah bisa dilakukan dan juga terbiasa kamu maka anda bisa melakukan gerakan yang lainnya.

Demikian informasi kali ini yang membahas mengenai Cara Belajar Berenang Mengapung yang Baik Dan Benar semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan pengetahuan bagi anda semua Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya.

Baca Juga :