√ Salto Belakang  │ Cara Melakukan Salto Belakang dengan Mudah dan Aman  Beserta Manfaatnya

2 min read

√ Salto Belakang  │ Cara Melakukan Salto Belakang dengan Mudah dan Aman  Beserta Manfaatnya

Salto Belakang –  Memang cukup sulit untuk melakukan salto belakang , namun apabila kita mempunyai kemauan untuk mencobanya, maka kita akan memperoleh apa yang kita inginkan . Dan pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan bagaimana cara melakukan salto belakang dengan mudah dan juga aman . Admin juga akan memberikan tips dan trik serta teknik salto belakang , karena salto belakang dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh kita , untuk itu langsung saja simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cara Melakukan Salto Ke Belakang

Berikut ini adalah cara melakukan salto yang baik dan benar agar mudah untuk dilakukan :

Persiapan sebelum Salto

Yang  harus  di persiapkan pertama kali adalah kemauan, selanjutnya  keberanian. Sebelum  melakukan salto ke belakang yang terdapat hal yang  perlu dilakukan terlebih dulu  yaitu sebagai berikut :

  • Menurunkan tubuh dengan melakukan olahraga secara rutin
  • Mengurangi makanan berlemak
  • Melatih otot tangan dengan cara melakukan push – up,  atau dapat  juga dengan melakukan olahraga tangan yang lainnya
  • Melatih otot perut dengan melakukan sit – up, back – up serta olahraga lain yang sasaran gerakannya adalah  perut
  • Melatih otot betis dengan cara berlari agar memudahkan ketika  melompat nantinya
  • Melenturkan otot pinggang dengan cara senam lantai kayang
  • Melakukan latihan lompatan terhadap kaki yang kuat supaya ketika melakukan salto nanti  bisa  secara reflek tertekuk ke belakang.
  • Selanjutnya yang terakhir adalah dengan cara membayangkan bagaimanan cara pandang  dan juga  gerak tubuh seakan – akan sedang melakukan salto ke belakang.
Baca Juga :   Ski Air : Pengertian,Sejarah Dan Teknik Dasar

Hal tersebut harus dilakukan supaya  memudahkan  dalam belajar serta  kuat ketika  salto karena sudah  melatih kekuatan otot tubuh dan anda  dapat melakukan salto belakang yang  terbaik. Disamping  itu juga  dapat mengurangi resiko cedera karena kebanyakan orang melakukan  salto belakang tanpa adanya persiapan yang matang sehingga mengalami cedera. Hal ini tentu tidak ingin terjadi pada kita.

 

Langkah – langkah Melakukan Salto

Apabila  sudah siap untuk  melakukan persiapan seperti yang telah di bahas tadi, maka kita sudah siap untuk  mencobanya di kolam renang dengan melakukan prosedur  sebagai berikut ini :

  • Berdoa semoga di beri kelancaran
  • Percaya diri bahwa mampu melakukan salto ke belakang, karena percaya diri  sangat penting.
  • Mengambil posisi berdiri dengan setengah jongkok, selanjutnya  melompat kebelakang dengan setinggi mungkin, posisi di udara seperti ketika  melakukan kayang.
  • Ketika berada di udara  kepala  menghadap ke arah belakang, kemudian  tarik kaki kedepan
  • Usahakan agar ketika  melompat dengan secepat mungkin serta  jangan ragu – ragu supaya dapat  mendarat dengan menggunakan telapak kaki bisa di mungkinkan
  • Kita harus melakukan penyempurnaan gerakan ketika berada di air terlebih dulu sebelum mencobanya di alas yang kering atau bahkan di aspal.

Disamping  itu juga mintalah bantuan kepada teman  untuk mengamati gerakan salto yang kita lakukan , dan jika  sudah di  lakukan dengan sempurna maka kita sudah dapat  langsung melakukannya di matras atau alas empuk, yang penting jangan di aspal  karena berbahaya.

Pada dasarnya untuk melakukan salto belakang di tanah sama saja dengan melakukan salto di air, namun  lompatan  yang dilakukan  harus lebih tinggi, namun apabila  belum terlalu siap untuk salto tanpa menggunakan tangan, anda  bisa salto menggunakan dengan tangan secara terlebih dahulu.

Baca Juga :   √ Narkoba │ Pengertian Narkoba Dan Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan

Ketika  melakukan kayang di udara, kita menyentuhkan tangan di tanah, sehingga kita akan mudah untuk mengangkat kaki ke belakang, selanjutnya  kita langsung melontarkan kaki  ke depan. Jadi seperti itulah fungsi tangan dalam melakukan  salto.

 

 

Manfaat Melakukan salto

  • Banyak manfaat yang bisa di dapat dari melakukan salto, jadi manfaat salto selain bagus untuk punggung karena gerakannya seperti gerakan kayang,  jadi untuk anda  yang sering mengalami sakit punggung cobalah untuk melakukan salto atau kayang.
  • Disamping itu Salto untuk saat ini sangat penting, karena apabila  anda  mengikuti kegiatan beladari, entah itu seperti  Pencak Silat, Karate, Tae Kwon Do, dan yang lain sebagainya, anda akan di wajibkan untuk menguasai gerakan yang satu ini.
  • Terlebih lagi jika anda  ingin belajar tricking, tentunya anda  harus menguasai salto , karena hampir setiap gerakkan tricking menggunakan gerakan salto yang lebih rumit lagi, berbeda dengan salto yang biasanya.
  • Apabila anda seorang pesepak bola, maka anda juga harus bisa  melakukan salto, karena hal tersebut  berfungsi  ketika ada bola  yang berada di atasmu yang sangat ideal untuk dieksekusi dengan menggunakan tendangan salto.
  • Sesudah melakukan gol ada kalannya lagi melakukan salto, yaitu ketika  selebrasi gol kita. Pemain – pemain luar negeri sering sekali melakukan gerakan salto, seperti Ibrahimmovic, Pepe, Higuain, Santi Cazorla dan masih banyak lagi yang lainnya .

Sepertinya itu saja yang dapat dijelaskan tentang √ Salto Belakang  │ Cara Melakukan Salto Belakang dengan Mudah dan Aman  Beserta Manfaatnya . Jadi itulah pentingnya dalam melakukan gerakan salto , semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya

Baca Juga :

Baca Juga :   √ Tenis Meja │ Cara Melakukan Pukulan Drive Dalam Permainan Tenis Meja