√ Bola Voli Mini │ Cara Dan Aturan Permainan Bola Voli Mini

2 min read

√ Bola Voli Mini │ Cara Dan Aturan Permainan Bola Voli Mini

Permainan Bola Voli Mini – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai permainan bola voli mini yang meliputi cara dan aturan dalam bermain bola voli mini , langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Bola voli adalah  salah satu cabang olahraga yang sering di perlombakan, baik di tingkat nasional maupun tingkat internasional. Permainan bola voli  berasal dari Amerika Serikat yang mulai di mainkan pada tahun 1895 sebagai sebuah olahraga yang memadukan antara olahraga basket, bola tangan, tenis, serta  baseball.

Saat ini terdapat permainan bola voli yang sudah  dimodifikasi sehingga bisa di mainkan oleh siapa saja, yaitu  permainan bola voli mini. Olahraga ini banyak dimainkan oleh anak – anak sekolah dasar karena ukuran lapangan dan juga  bola yang dibuat mini  dan  peraturan yang jauh lebih sederhana. Perbedaan mendasar dari bola voli mini apabila  dibandingkan dengan permainan bola voli biasa selain dari ukuran lapangan serta bola yang lebih mini, jumlah pemain dalam satu set permainannya pun berbeda.

Permainan bola voli mini ini hanya dimainkan oleh empat orang saja dengan dua pemain cadangan. Tentunya hal ini berbeda dengan bola voli  yang ada pada umumnya yang memerlukan  enam orang dalam set permainan.

Cara Bermain Bola Voli Mini

  • Cara bermain permainan bola voli mini sama seperti bermain bola voli, yaitu pertama – tama anda harus memulai permainan dengan pukulan servis terlebih dahulu. Pukulan servis tersebut Bisa  dilakukan dengan menggunakan servis atas maupun servis bawah.
  • Pastikan bahwa pukulan servis telah tepat melewati net lawan supaya dapat  memperoleh  poin apabila lawan tidak berhasil memukul bola yang anda lempar.
  • Selanjutnya anda dan  tim regu harus selalu menjaga supaya  bola tidak jatuh di lapangan anda sendiri  dan juga  berusaha mengatur strategi supaya  bola bisa jatuh ke lapangan lawan ataupun mematikan pola pada pihak lawan supaya  tim anda dapat  memperoleh
  • Bola yang dilempar atau dipantulkan harus menggunakan tangan, lengan, maupun menggunakan badan bagian depan yang
Baca Juga :   √ Bola Voli | 5 Teknik Dasar Bermain Bola Voli Dan Penjelasannya

Pada awalnya tujuan dari permainan bola voli mini adalah untuk rekreatif saja. Akan tetapi , kemudian beberapa tahun berikutnya bola voli mini mulai berkembang serta  menjadi ajang perlombaan. Maka dari itu, saat ini telah  semakin banyak atlet – atlet yang berlomba di ajang kejuaraan dalam olahraga bola voli mini ini. Tidak hanya untuk dilombakan saja, bagi sebagian atlet ataupun pemain bola voli yang menjadikan keahilan ini sebagai kepentingan bisnis serta ekonomi.

Mereka akan memberikan les olahraga bola voli atau mendirikan sekolah atlet guna menciptakan calon-calon atlet muda yang mampu bersaing di ajang perlombaan nasional maupun internasional.

Seperti yang sudah  dijelaskan sebelumnya bahwa peraturan dalam  permainan bola voli mini telah  disederhanakan. Adapun beberapa peraturan tersebut  yaitu  bola harus dilambungkan ketika  melakukan servis.

Sebelum melakukan servis pastikan bahwa seluruh pemain sudah  menempati posisinya masing –masing , sesudah  peluit dibunyikan oleh wasit maka anda tidak boleh memantulkan bola ke lapangan, pemain di perbolehkan untuk menyentuh net akan tetapi  tidak boleh menyentuh net bagian paling atas  dan juga  tidak menganggu pemain lawan dalam jalannya pertandingan tersebut.

Kaki para pemain diperbolehkan untuk menyentuh garis tengah asalkan tidak mengganggu jalannya permainan, apabila  bola terkena antene maka lawan akan memperoleh  tambahan poin, tidak boleh melempar maupun  menangkap bola selama permainan berlangsung .

Seluruh bagian tubuh bisa  digunakan untuk memantulkan bola kecuali dengan cara menendang, menggunakan kaki di perbolehkan hanya untuk menahan bola dan bukan untuk menendang bola, setiap tim harus bertukar lapangan apabila setiap set sudah  selesai, dan beberapa peraturan yang sudah  dimodifikasi lainnya.

Selain memiliki  peraturan sederhana yang masih terlalu umum tersebut,  terdapat juga peraturan permainan bola voli mini yang khusus dan hanya bisa diterapkan dalam permainan ini.

Baca Juga :   7 Cara Melompat Tinggi Dalam Melakukan Slam Dunk

Seperti hanya diperuntukkan untuk anak – anak yang  berusia 9 – 13 tahun serta dimainkan oleh laki – laki dan perempuan dalam satu tim yang terdiri atas  dua hingga empat pemain. Untuk ukuran lapangan bola voli mini adalah sepanjang 12 meter dengan lebar 6 meter.

Selanjutnya  untuk tinggi net bagi laki – laki adalah 2,10 meter dan sedangkan  tinggi net untuk perempuan adalah 2 meter. Bola voli mini ini banyak digunakan oleh guru olahraga di sekolah dasar untuk menjadi salah satu penilaian  dalam mata pelajaran olahraga. Disamping  itu, biasanya para guru menggunakan bola voli mini sebagai permainan selingan pada saat sedang berolahraga.

Sebenarnya teknik bermain bola voli mini sangat sederhana, kunci utamanya terdapat  pada pukulan servis yang sempurna dalam memulai sebuah permainan. Apabila  anda dapat  melakukan pukulan servis dengan baik, maka minimal anda sudah dapat memulai permainan ini.

Terdapat satu teknik lain yang menjadi kunci utama dalam  permainan bola voli mini ini, yaitu  passing. Teknik mengoper bola supaya  tetap melambung serta  tidak jatuh di lapangan sendiri merupakan sebuah teknik yang penting untuk anda ketahui dan kuasai.

Demikianlah penjelasan mengenai √ Bola Voli Mini │ Cara Dan Aturan Permainan Bola Voli Mini semoga dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan  dan juga dapat bermanfaat untuk anda semua , terimakasih.

Baca Juga :