√ Lompat Jauh │ Jenis/Macam Gaya Lompat Jauh Beserta Gambarnya

2 min read

√ Lompat Jauh │ Jenis/Macam Gaya Lompat Jauh Beserta Gambarnya

Gaya Lompat Jauh – Pada materi sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian lompat jauh , sejarah dan juga teknik dasar dalam lompat jauh dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai jenis atau macam gaya dalam lompat jauh dan juga gambarnya , langsung saja kita simak penjelasannya berikut ini.

Jenis / Macam Gaya Lompat Jauh

Dalam pelaksanaannya,terdapat  beberapa gaya yang ada di dalam lompat jauh. Adapun gaya dalam lompat jauh adalah sebagai berikut :

  • Menurut Arma Abdoellah ( 1981 : 67 ) menyatakan bahwa pada nomor lompat jauh di kenal 3 macam gaya, yaitu : gaya jongkok, gaya schenepper dan gaya jalan.
  • Menurut Eddy Purnomo ( 2007 : 85 ) macam gaya dalam lompat jauh adalah gaya jongkok ( sail style ), gaya menggantung ( hang style ), dan gaya berjalan di udara ( hitch kick style ).
  • Menurut Yoyo Basuki, dkk ( 2000 : 17 ) dalam lompat jauh terdapat tiga gaya yang dilakukan untuk mempertahankan sikap badan ketika berada  di udara, yaitu gaya jongkok, gaya lenting, dan gaya hitch – kick atau walking in the air.
  • Menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah ( 1997 : 60 ), k etika  melayang terdapat  3 teknik yang berbeda yang bisa di gunakan, yaituteknik menggantung, teknik mengambang,  dan teknik berjalan di udara .

Lompat Jauh Gaya Jongkok

  • Menurut Aip Syarifudin ( 1992 : 93 ) lompat jauh gaya jongkok adalah sebagai berikut:
Baca Juga :   √ Lari Jarak Menengah │ Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, dan  Manfaat

“ ketika  lepas dari tanah ( papan tumpuan ), keadaan sikap badan di udara jongkok, dengan jalan membulatkan badan dengan kedua lutut yang  ditekuk, serta kedua lengan ke depan. Pada saat  akan mendarat, kedua kaki di julurkan ke bagian  depan “.

  • Menurut Djumidar A. Widya ( 2006 : 47 ) lompat jauh adalah sebuah keterampilan gerak pindah dari satu tempat ketempat  yang lainnya dengan satu kaki tolakan ke depan  dengan sejauh mungkin.
  • Menurut Eddy Purnomo (2011 : 96 ) menjelaskan bahwa  teknik lompat jauh gaya jongkok  adalah sebagai berikut :

” Lompat jauh gaya jongkok, jika  dilihat dari teknik lompatan ketika  berada di udara ( melayang ), kaki ayun atau bebas di ayunkan ke bagian depan dan pelompat mengambil suatu posisi langkah yang harus di pertahankan  dengan selama mungkin.

Pada tahap pertama ketika  melayang, tubuh bagian atas di pertimbangkan supaya  tetap tegak dan gerakan lengan akan menggambarkan suatu semi sirkel dari depan atas terus  hingga ke bawah dan juga  ke belakang.

Dalam persiapan untuk mendarat, kaki tumpu berada di bawah ke depan, sendi lutut kaki ayun di luruskan serta  badan di bungkukkan ke depan, bersamaan dengan kedua lengan diayunkan dengan  cepat ke depan pada ketika mendarat “.

Lompat Jauh Gaya Menggantung ( Schenepper )

Gaya menggantung disebut juga  sebagai gaya schenepper yang  merupakan salah satu jenis  dari gaya lompat jauh yang tidak  dapat  diubah kecepatannya ketika  akan bertumpu pada papan tumpuan atau kayu.

Seperti halnya dengan gaya jongkok, posisi badan pada gaya ini adalah  lebih tegap.  Dalam  gaya menggantung ayunan ke belakang dan depan akan di terapkan pada kaki, bersamaan dengan kedua lengan yang juga di ayunkan ke  bagian belakang dan ke  bagian depan.

Baca Juga :   √ Lompat Jangkit │ Bentuk Dan Ukuran Lapangan Lompat Jangkit

Ketika  pendaratan, maka kedua kaki di luruskan ke depan kemudian  mendarat dengan menggunakan kedua tumit terlebih dahulu untuk menjaga keseimbangan tubuh pada  saat melakukan pendaratan.

Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara ( Walking in the air )

Gaya berjalan di udara disebut juga  dengan gaya walking in the air yang dimulai  dengan mengambil awalan sepanjang 10 langkah, selanjutnya  atlet lari dengan penambahan kecepatan sebelum melakukan tolakan.

Ketika bertumpu, pinggang sedikit di turunkan,  kemudian paha kaki di ayunkan secara bebas dengan meluruskan lutut, mata kaki, dan juga  pinggang. Ketika  melakukan gerakan ini, kaki yang bertolak di depan harus  ditarik. Kemudian lengan serta badan di condongkan ke depan dan kaki di majukan sejenak  untuk mencapai hasil yang lebih jauh supaya  hasil yang diperoleh  lebih maksimal.

Demikianlah penjelasan tentang √ Lompat Jauh │ Jenis/Macam Gaya Lompat Jauh Beserta Gambarnya semoga mudah untuk dipahami dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga :