Pentingnya Teknik Berenang Jarak Jauh Yang Harus Dilatih

1 min read

Pentingnya Teknik Berenang Jarak Jauh Yang Harus Dilatih

Teknik Berenang Jarak Jauh – pada pembahasan kali ini admin akan menjelaskan mengenai beberapa teknik dalam berenang jarak jauh yang perlu untuk diketahui. Untuk itu maka langsung saja kita simak pembahsan selengkapnya dalam uraian berikut ini.

Berenang jarak jauh biasanya dilakukan pada jarak 5, 10, atau 25 km. Untuk bisa mencapai jarak tersebut maka diperlukan teknik berenang khusus. Berikut ini adalah teknik berenang jarak jauh yang perlu untuk diketahui.

Fokus di 100 Meter Pertama

Hal yang paling penting pada saat melakukan renang jarak jauh adalah fokus pada 100 meter pertama. 100 meter pertama sangat menentukan keunggulan anda dalam menempuh jarak selanjutnya. Akan tetapi jangan mulai dengan terburu-buru karena hanya akan menghabiskan energi saja.

Mulailah dengan kecepatan sedang lalu terus tingkatkan setelah 100 meter berikutnya. Ulangi terus hingga jarak terdekat di garis finihs. Tambah kecepatan renang pada saat sudah mendekati akhir.

Jangan Angkat Kepala Terlalu Sering

Usahakan untuk berenang dengan menutup mata atau tidak mengangkat kepala selama mungkin. Angkat kepala untuk bernafas setelah 12 sampai 20 kayuhan. Dengan begini, maka anda akan lebih berkonsentrasi untuk terus mengayuh. Anda juga akan mempersingkat gerakan sehingga anda bisa berenang dengan lebih cepat.

Untuk bisa melakukan hal ini tidaklah mudah, karena dibutuhkan latihan yang intensif untuk dapat terbiasa berenang di dalam air selama mungkin tanpa mengangkat kepala terlalu sering.

Baca Juga :   Waspadalah !! 7 Simbol Bahan Kimia Berbahaya Disekitar Anda

Hentakan Kaki Mantap

Bagi perenang pemula, hentakan kaki akan menambah sekitar lima persen dorongan ke depan. Akan tetapi berbeda halnya apabila dilakukan di saat perlombaan renang jarak jauh. Disamping kurang bermanfaat, gerakan hentakan kaki justru dapat membuang energi dengan cepat.

Gunakan gerakan kaki yang mantap pada saat sudah mendekati garis finish. Hentakan kaki yang mantap akan meningkatkan gaya dorong ke depan sehingga kecepatan akan menjadi maksimal.

Berputar Seperti Kayak

Pada saat sudah mendekati garis batas, maka putarlah badan seperti kayak. Pelankan kecepatan berenang dan juga pendekkan ayunan tangan kiri apabila anda berbelok ke arah kiri serta panjangkan ayunan dengan tangan kanan. Begitu pula sebaliknya.

Atur Nafas

Poin penting dari renang jarak jauh adalah mengatur nafas dengan baik. Ambil nafas sesingkat mungkin dan juga tahan hingga selama mungkin. Lakukan latihan pernafasan sebelum mengikuti lomba yang sesungguhnya. Latihan pernafasan sangat penting karena disinilah pengolahan energi yang sesungguhnya.

Demikianlah Pentingnya Teknik Berenang Jarak Jauh Yang Harus Dilatih . Menurut Toby Huseman, seorang pelatih renang, renang jarak jauh sangat membutuhkan stroke yang tepat dan juga efisien sehingga jarak yang diinginkan bisa dicapai dalam waktu yang tepat. Akan tetapi hal ini baru bisa diperoleh jika perenang sudah melatih dirinya dengan baik. Maka. lakukan latihan sesering mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat dan juga berguna bagi anda yang memerlukannya, terimakasih banyak untuk kunjungannya , jangan lupa simak juga rtikel yang lainnya ya, terimakasih dan salam olahraga.

Baca Juga :

Baca Juga :   Pengertian Materi : Sifat, Perubahan dan Klasifikasinya Terlengkap