Mountain Bike : 3 Teknik Bersepeda Mountain Bike ( MTB ) Untuk Pemula

1 min read

Mountain Bike : 3 Teknik Bersepeda Mountain Bike ( MTB ) Untuk Pemula

Teknik Bersepeda Mountaain Bike –Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai teknik bersepeda mountain bike ( MTB ) bagi pemula yang wajib untuk diketahui, maka dari itu langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini agar mudah untuk dipahami.

Kebanyakan orang tidak begitu peduli bagaimana cara menggunakan sepeda setelah ia membeli sepeda tersebut. Padahal sebenarnya tiap sepeda mempunyai teknik tersendiri yang perlu untuk diterapkan, terutama sepeda MTB. Sepeda MTB atau Mountain Bike adalah sepeda khusus untuk digunakan di jalanan yang penuh dengan rintangan seperti di gunung.

Bagi anda yang sudah mempunyai sepeda MTB, maka sebaiknya perhatikan beberapa teknik bersepeda MTB seperti di bawah ini :

Pedaling

Teknik pedaling sangat mempengaruhi kelancaran perjalanan anda pada nantinya. Teknik pedaling merupakan teknik pengayuhan yang baik dan juga benar. Teknik ini di awali dengan menyetel pedal dalam posisi yang tepat. Setel pedal cukup tinggi sehingga posisi kaki anda akan lurus seperti jarum jam yang menunjukkan angka 6.

Letak telapak kaki pada pedal juga harus tepat. Letakkan di bagian depan setelah jari-jari kaki. Posisi ini akan membuat tenaga yang dikeluarkan akan menjadi lebih optimal sehingga kaki tidak mudah cepat lelah.

Shifting

Shifting adalah teknik mengganti gir pada sepeda MTB. Gir depan dipindahkan dengan menggunakan tangan kiri dan juga gir belakang dipindahkan dengan tangan kanan. Pada sepeda MTB, kombinasi antara gir depan serta belakang akan memudahkan pengayuhan sesuai dengan kondisi jalan. Akan tetapi perpindahan gir harus dilakukan dengan teknik yang tepat dan juga benar.

Baca Juga :   4 Manfaat dan Tujuan Biologi Di Bidang Kosmetik Lengkap

Sebaiknya lakukan perpindahan gir pada saat pedal dikayuh. Disamping itu, lakukan perpindahan gir satu ke gir yang lain dengan jeda satu kayuhan. Hal ini dilakukan untuk mencegah rantai putus atau mata gir yang patah. Hindari mengganti gir secara tiba-tiba serta cepat.

 

Breaking

Breaking atau pengereman juga tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan. Letakkan telunjuk dan jari tengah di tuas rem dengan cengkraman yang pas. Sedangkan jari lain ditugaskan untuk mengendalikan stang. Dengan posisi ini, maka anda akan siap melakukan breaking kapan saja tanpa perlu melakukan pergantian jari. Yang perlu dilatih berikutnya yaitu adalah mengkombinasikan rem depan dan juga belakang agar pengereman bisa berjalan dengan baik.

 

Demikianlah penjelasan mengenai Mountain Bike : 3 Teknik Bersepeda Mountain Bike ( MTB ) Untuk Pemula . Mungkin terdengar ribet dan juga sulit, akan tetapi apabila jika anda sudah terbiasa maka semua akan terasa sangat mudah. Anda hanya perlu memperbanyak latihan untuk menyempurnakan teknik tersebut. Apabila sudah berhasil, maka rintangan sesulit apapun pasti dapat anda lalui. Sekian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat , terimakasih banyak untuk kunjungannya dan jangan lupa simak juga artikel yang lainnya ya, salam olahraga.

Baca Juga :