7 Cara Melompat Tinggi Dalam Melakukan Slam Dunk

3 min read

7 Cara Melompat Tinggi Dalam Melakukan Slam Dunk

Slam Dunk – Slam dunk adalah salah satu teknik dalam permainan bola basket yang dimana dalam gaya ini si pemain akan melakukan sebuah gerakan memasukan bola kedalam ring atau keranjang sambil melompat di dekat ring lalu kemudian menggelantungkan salah satu atau kedua tangan nya di ring tersebut. Gaya tersebut juga di kenal dengan gaya hunjaman.

Slamdunk adalah salah satu teknik dasar dalam bermain bola basket yang sudah pastinya harus di kuasai oleh setiap pemain bola basket. Teknik memasukan bola dengan slamdunk ini memiliki peluang lebih besar untuk mencetak poin yang besar. Namun teknik ini perlu latihan yang tepat dan juga harus di lakukan dengan benar.

Salah satucaranya adalah dengan meninggikan lompatan. Sudah pastinya lompatan yang tinggi adalah idaman para pemain bola basket dan juga voli. Kedua olahraga tersebut memang sangat memerlukan kemampuan melompat yang tinggi terutama untuk slamdunk. Smash dan blocking untuk syarat menjadi pemain bola voli, pemain sepak bola kusus nya di daerah pertahanan juga pastinya menginginkan lompatan yang tinggi supaya bisa menghalau bola – bola udara sudah menjadi teknik dasar permainan sepak bola . Nah pada kesempatan kali ini admin memberikan cara supaya anda dapat memperoleh lompatan yang tinggi.

Ukur Kemampuan Awal Anda

Cara yang pertama adalah dengan cara mengukur kemampuan awal anda. Anda harus mengukur kemampuan loncatan awal anda sebelum menjalani latihan ini. Anda bisaberdiri di sebelah tiang ataupun tembok lalu melompatlah hingga setinggi mungkin. Minta agar teman anda untuk mengukur dan juga menandai nya dengan kapur spidol ataupun yang lainya. Tanda ini bertujuan untuk melihat perkembangan latihan anda dan melihat hasil dari latihan anda.

Baca Juga :   √ Bola Voli │  Sejarah Permainan Bola Voli Dunia dan  Indonesia ( Lengkap )

 

Lompat Tali

Selanjutnya adalah dengan lompat tali merupakan salah satu metode meninggikan loncatan yang paling efisien. Cara melakukanya pun juga sangat mudah untuk di lakukan serta bisa di lakukan di banyak tempat. Anda cukup dengan mencari seutas tali ataupun membeli tali skipping yang ada di toko olahraga,dan mulailah loncat – loncat menghindari tali.

Anda bisa melakukan latihan ini sebanyak 50x/hari jangan memaksakan keadaan anda apabila di rasa telah cukup atau lelah maka beristirahatlah. Jangan sampai memaksakan keadaan tubuh anda karna dapat mengalami salah satu dari macam-macam cidera dalam olahraga. Ada yang perlu di inggat juga pada saat sudah mahir anda bisa menambah target lompatan menjadi 60x-100x . Latihan ini bertujuan untuk memperkuat otot kaki sehingga anda dapat memperoleh lompatan yang tinggi.

 

Angkat Beban

Pada saat anda datang ke suatu tempat gym anda pasti melihat orang – orang sedang berlatih mengangkat beban, nah seperti itulah yang kita maksut. Angkat beban bertujuan untuk membentuk otot kaki. Anda bisa mengangkat beban – beban berat yang sesuai dengan kemampuan dan juga kekuatan anda. Jangan sampai melebihi dari yang tidak di sarankan. Anda bisa memulai latihan beban ini dengan beban yang rendah terlebih dahulu sesudah itu naikan bebanya sedikit demi sedikit serta pada akhirnya anda akan mendapatkan otot yang kuat.

 

Sprint

Berikutnya anda bisa melakukan sprint, selain mampu memperkuat betis serta lutut juga akan memperkuat tumit anda. Tolakan lompatan yang terjadi pada tumit jadi anda perlu untuk memperkuat tumit anda juga. Anda harus melatih otot pada tumit anda dengan cara yang benar contohnya adalah dengan malekaukan sprint. Anda bisa melakukan sprint selama 20menit secara bolak – balik. Latihan ini sudah di lakukan oleh banyak orang , dan telah terbukti memberikan hasil yang memuaskan dan akan menguatkan otot tumit anda.

Baca Juga :   Lempar Lembing : 6 Teknik Lempar Lembing Yang Baik Dan Benar

 

Lari Tangga

Selain dengan sprint di atas anda juga bisa memperkuat otot – otot kaki anda dengan cara lari di tangga. Namun latihan ini lebih akan cenderung untuk menguatkan otot pada lutut anda. Anda bisa melakukan latihan lari tangga ini selama 10-15 menit atau hingga di rasa anda sudah cukup . usahakan agar melakukan pemanasan dulu sebelum menjalani latihan berat ini agar tidak terjadi cedera.

 

Mulai Latihlan Lompatan Anda

Mulailah tes dan coba bandingan lompatan anda dari sebelum latihan hingga sesudah latihan. Anda juga bisa melakukan lompatan ini di sela – sela latihan untuk mengetahui perkembangan lompatan anda. Dan kembali minta bantuan teman anda untuk mengukur lompatan anda , apakah sudah melebihi dari yang sebelum latihan kemarin atau belum. Apabila sudah cek meningkat seberapa banyak, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan untuk bermain bola basket ataukah belum.

Ayunkan Tangan Ketika Hendak Melompat

Yang terakhir anda bisa menggunakan cara ini yaitu dengan mengayunkan tengan anda pada saat hendak melompat. Anda bisa menggunakan gaya dorong yang di hasilkan oleh tangan anda yang akan sedikit mendorong bagian badan anda ke atas dan juga akan membuat lompatan anda menjadi semakin lebih tinggi dari yang sebelumnya.

Anda bisa melatihnya saat sudah selesai latihan di atas ataupun di sela – sela latihan anda. Dan kembali cek apakah sudah memenuhi kebutuhan untuk slamdunk atau belum. Apabila belum maka anda dapat menjalani latihan dari penguatan otot lagi hingga di rasa otot benar – benar siap dan juga kuat untuk melompat lebih tinggi. Karna otot pada kaki sangat penting untuk menghasilkan lompatan yang tinggi.

Baca Juga :   √ Angkat Besi │ Teknik Dasar Angkat Besi Cara Melakukan Angkatan Snatch Dan Clean And Jerk

 

Teknik Mendarat Lompat Tinggi

Teknik mendarat dalam lompat tinggi juga perlu dan penting untuk di ketahui , apabila anda salah cara dalam mendarat anda bisa berujung dengan cidera. Karena inti dari lompatan tinggi adalah lompat dengan setinggi – tingginya, tanpa dengan menyentuh ataupun menjatuhkan ring. Jadi dalam melakukan pendaratan perlu juga di sesuaikan dengan gaya yang anda gunakan , contohnya ya gaya lompat tinggi ini. Pada saat anda menggunakan gaya lompat tinggi anda bisa mendarat dengan tumpuan kaki dan juga melakukan gerakan anti klimaks yang hampir mirip dengan gaya pegas pada kaki. Anda harus melakukannya dengan benar serta berhati – hati agar tidak terjadi cidera.

Demikianlah ulasan kali ini mengenai 7 Cara Melompat Tinggi Dalam Melakukan Slam Dunk semoga bermanfaat dan terimakasih banyak untuk kunjungannya.

Baca Juga :