√ Start Jongkok │ 4 Macam Start Jongkok dalam Atletik

3 min read

√ Start Jongkok │ 4 Macam Start Jongkok dalam Atletik

Start Jongkok – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas sebuah materi  yang berhubungan dengan olahraga atletik yaitu mengenai Start jongkok yang meliputi macam-macam start jongkok yang digunakan dalam atletik. Untuk informasi yang lebih jelasnya , langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

 Perlu  diketahui bahwa terdapat  banyak variasi dari sebuah start jongkok . apabila  dilakukan dengan benar dan tepat, maka akan menghasilkan pertandingan yang adil serta  menyenangkan bagi penonton. Pertandingan atletik yang di awali dengan start jongkok ini pun dapat  berjalan secara lancar seperti yang diharapkan. Tradisi serta peraturan bagaimana start jongkok ini dilakukan merupakan dasar yang membuat start jongkok tetap digunakan  hingga saat  ini.

Macam – Macam Start Jongkok dalam Atletik untuk Memulai Pertandingan

Gerakan start jongkok pada olahraga atletik seperti sprint sangat baik sebagai salah satu latihan dalam macam-macam latihan untuk melatih kelincahan maupun  ketangkasan dari pemain atau atlet. Itulah mengapa sebabnya  para atlet dapat mempunyai  aliran darah yang lancar di otot kaki serta lengan ketika  sedang melakukan pertandingan. Tidak ada lagi kram yang menyerang serta  mengganggu atlet selama pertandingan. Berikut  ini adalah  4 macam start jongkok yang dilakukan atlet dalam pertandingan atletik .

Baca Juga :   √ Standar Ukuran, Berat , dan Bahan Shuttlecock ( Bola Badminton )

Start Jongkok Dalam Atletik Pada Posisi Pendek ( Short Start )

Jika  anda ingin melakukan suatu gerakan pada start jongkok dengan posisi pendek, maka sebaiknya anda dapat  memposisikan lutut kaki belakang berada di samping ujung telapak kaki  dan depan. Biasanya gerakan start jongkok pada posisi pendek di lakukan pada pertandingan atletik yang mempunyai  ukuran jarak pertandingan berlari sekitar 0 – 150 meter. Karena jaraknya yang sangat dekat ini, maka pemain harus benar – benar  berhasil dalam gerakan start jongkok pada posisi pendek ini. Karena jika tidak, maka akan sangat cepat tertinggal oleh para pemain yang  lainnya.  Berikut  ini terdapat  beberapa langkah yang harus diketahui oleh para atlet pada posisi start jongkok pendek dalam olahraga atletik, yaitu sebagai berikut :

  • Para atlet dapat memposisikan tangan membuka sejauh dengan lebar garis bahu.
  • Selanjutnya pastikan posisi ibu jari berada di depan tangan, sejajar dengan lutut kaki belakang, hal ini di lakukan sekaligus untuk manfaat peregangan otot yang di dapatkan.
  • Kemudian , ibu jari kaki depan dapat di posisikan secara sejajar pada lutut kaki  bagian belakang serta tangan. Sehingga anda dapat  atau dapat mempunyai  posisi secara agak mundur sekitar kira – kira 30 c
  • Selanjutnya posisikan kepala dengan sedikit menunduk ke bawah, dengan mata yang  lurus melihat ke depan, kemudian lakukanl berlari dengan jarak pendek.

 

 

Start Jongkok Dalam Atletik Pada Posisi Menengah ( Medium Start )

Start  jongkok menengah biasanya adalah atlet atletik dalam pertandingan lari dengan jarak sekitar 500 meter. Sebagai jarak menengah, maka posisi start lagi-lagi memegang peranan yang  penting. Seorang atlet harus ahli dalam posisi start jongkok supaya tidak mengalami kesalahan pada macam-macam lari dalam olah raga atletik . apabila melakukan  kesalahan posisi start, maka resiko cedera  akan menjadi lebih tinggi dan  akan cukup sulit mengejar langkah lawan yang  lainnya. Berikut adalah beberapa langkah untuk melekukan Start Jongkok posisi menengah :

Baca Juga :   Prinsip - prinsip Dan Fungsi Pencak Silat
  • Seorang atlet harus memposisikan pada awal, dengan cara melakukan posisi tangan yang  dibuka  selebar bahu dan  juga sejajar dengan lokasi bahu.
  • Selanjutnya , lakukan posisi lutut kaki bagian belakang secara sejajar pada tungkai kaki  bagian depan.
  • Sesudah itu seorang atlet memposisikan lutut kaki kebelakang dengan  sejajar ke kaki depan, kemudian mundurkan sedikit ke  arah belakang sampai tangan kira – kira sekitar 20 – 30 c
  • Kemudian posisikan kepala dengan  sedikit ke bawah dan  pandangan ke depan, selanjutnya  lakukanlah berlari ketika  aba – aba start di bunyikan.

 

Start Jongkok Dalam Atletik Pada Posisi Jauh ( Long Start )

Ketika akan melakukan  suatu perlombaan lari dengan  baik, maka bisa  melakukan gerakan start jongkok pada posisi  yang  jauh apabila  jarak lari yang di tempuh adalah jarak jauh. Maka  biasanya pada perlombaan lari jarak jauh, kisaran jarak yang harus ditempuh oleh atlet adalah kurang lebih 1000 meter. Jarak lari sejauh itu, tentunya  memerlukan  stamina yang baik dan juga  start yang sukses .Berikut ini adalah langkah – langkah yang dilakukan dalam Start Jongkok Posisi Jauh :

  • Posisikan letak tangan dengan sejajar dengan garis di lapangan. Posisikan juga bahu  dengan  sejajar dengan garis tersebut.
  • Selanjutnya , posisi lutut condong kebelakang tubuh , dan perhatikan juga bahwa posisi kaki depan harus ditungkaikan.
  • Sesudah itu, posisikan juga  lutut dengan  condong ke belakang  terhadap tungkai kaki depan. Hal ini dilakukan supaya  posisi lutut agak jauh dari tangan, sehingga membuat seorang atlet akan lebih leluasa ketika  akan melakukan start lari jarak jauh.

Start Jongkok Dalam Atletik Pada Posisi Dengan Aba – Aba

Apabila anda ingin melakukan lari pada pertandingan atletik  yang lainnya, sebaiknya anda melakukan gerakan start jongkok pada saat  terdengarnya aba – aba start. Jika memang ada aba – aba start, maka lakukanlah  langkah seperti berikut ini :

  • Start aba-aba memerlukan seorang atlet yang harus siap dalam posisi konsentrasi terlebih dahulu untuk mendengar aba – aba start block.
  • Perhatikan posisi para atlet pada start jongkok, selanjutnya lakukan posisi bersedia  dan seorang atlet di usahakan agar konsentrasi penuh dan pendengaran  yang harus dipusatkan pada aba – aba  yang berikutnya.
  • Angkat pantat di sertakan pinggul keatas, kemudian tekan kaki dengan kuat pada penekukan sesudah itu pandanglah ke depan minimal kurang lebih 10 m.
  • Setelah itu, lakukan berlari secara kencang apabila ada aba – aba yang telah terdengar .
Baca Juga :   √ Anggar │ Pengertian, Sejarah, Teknik, dan Ukuran Lapangan

Hal-Hal Yang Harus Dipahami Dan  Diperhatikan Ketika  Posisi Start Olahraga Atletik

  • Para atlet harus menguasai sistem dalam melakukan posisi tangan ketika  start jongkok
  • Para atlet harus menguasai sistem dalam melakukan posisi kaki ketika start jongkok
  • Bagi seorang atlet harus menguasai sikap badan yang condong kebelakang
  • Untuk melakukan start jongkok seorang atlet harus menguasai sikap pandangan ke depan
  • Seorang atlet juga  harus menguasai sikap aba – aba pada start jongkok

Demikianlah informasi yang dapat kami sajikan mengenai √ Start Jongkok │ 4 Macam Start Jongkok dalam Atletik semoga apa yang diberikan dapat bermanfaat dan juga berguna untuk kalian semua , terimakasih.

Baca Juga :