√ Kebugaran Jasmani  │ 7 Tujuan dan Fungsi Latihan Kebugaran Jasmani

3 min read

√ Kebugaran Jasmani  │ 7 Tujuan dan Fungsi Latihan Kebugaran Jasmani

Kebugaran Jasmani – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kebugaran jasmani yang meliputi tujuan , fungsi dari kebugaran jasmani yang akan dijelaskan secara lengkap dan juga jelas , langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya berikut ini .

Tingkat kebugaran  dari setiap individu satu tentunya  berbeda dengan individu yang lain. Perbedaan tingkat kebugaran  jasmani dari seseorang bergantung dari beberapa faktor. Seorang ahli kebugaran jasmani yaitu  Suharjana, mengemukakan pendapatnya bahwa kebugaran jasmani di pengaruhi oleh 4 faktor, diantaranya sebagai berikut :

Umur

Umur  memang merupakan  faktor utama yang mempengaruhi kebugaran jasmani dari setiap individu. Bagi seseorang yang memang menyukai olahraga, mereka tentu  sangat terganggu dengan faktor umur yang mempengaruhi kebugaran jasmani dari  seseorang. Maka dari itu kita harus menerima bahwa tingkat kebugaran jasmani akan menurun seiring  dengan bertambahnya usia.

Jenis kelamin

Sudah banyak diketahui bahwa jenis kelamin juga dapat menentukan tingkat  dari kebugaran jasmani tiap individu. Seorang laki – laki tentunya  mempunyai  tingkat kebugaran jasmani yang lebih baik di banding perempuan. Perempuan lebih mudah lelah dalam melakukan aktivitas atau kegiatan atau  olahraga daripada laki – laki.

Makanan

Sebagai generasi yang hidup di masa sekarang yang lebih maju dan juga  serba instan , maka  kita harus pintar dan  juga bijak dalam menentukan makanan yang nantinya akan memberikan manfaat baik bagi  tubuh kita. Tentu makanan bergizi akan membuat badan kita bugar serta  sehat serta siap untuk melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan  sehari – hari.

Tidur dan Istirahat

Tidur dan istirahat sangat penting bagi kita, terlebih lagi  setelah seharian bekerja dan energi tubuh terkuras. Selain fisik terkuras mental  juga terkuras. Untuk itu  pasti membutuhkan  tidur dan juga  istirahat.  Ketika  tidur maka tubuh akan membangun kembali otot – otot yang telah  bekerja dari pagi hingga sore hari. Oleh karena itu istirahat yang cukup juga penting supaya  terhindar dari berbagai penyakit.

Baca Juga :   Cara Berenang Yang Baik Untuk Syaraf Kejepit

Tujuan Dan Fungsi Kebugaran Jasmani

 Melenturkan Sendi

Salah satu tujuan dan juga  manfaat dari latihan kebugaran jasmani secara rutin adalah  dapat melenturkan sendi. Dengan latihan yang rutin maka otot – otot pada  tubuh dan anggota gerak tentu menjadi lentur. Bentuk latihan kelenturan otot ini bisa  di lakukan dengan senam lantai. Gerakan senam lantai  berupa roll depan, roll belakang, kayang, split, lompat harimau atau  juga melakukan gerakan dari kepala hingga ke kaki. Apabila  sendi – sendi  lentur, maka manfaatnya juga sangat besar bagi tubuh. Hal ini juga akan meminimalkan terjadinya cidera. Misalnya seperti pada saat  tiba – tiba  terjatuh atau terbentur sesuatu. Aktivitas atau kegiatan  sehari – hari akan lebih mudah di jalankan oleh tubuh tanpa adanya gangguan atau kaku otot apabila  sendi lebih lentur.

Memperkuat Tulang

Manfaat lain dari kebugaran jasmani yaitu dapat  memperkuat tulang. Apabila  melatih tubuh untuk melakukan gerakan – gerakan kebugaran jasmani, maka tulang pun akan  menjadi kuat sehingga dapat membawa beban tanpa menemukan kesulitan yang berarti, Anda juga akan terhindar dari pengeroposan tulang, dan juga dapat  meminimalkan adanya patah tulang ketika terjatuh. Jalan kaki, lari, bersepeda, angkat beban serta  senam merupakan  beberapa latihan yang bermanfaat untuk menguatkan tulang .

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jika  anda rutin dalam melakukan olahraga untuk meningkatkan kebugaran jasmani, maka daya tahan tubuh juga akan menjadi semakin kuat. Metabolisme  juga akan  semakin lancar serta  sistem imun juga akan meningkat. Kondisi ini akan membuat anda terhindar dari penyakit, baik itu berupa penyakit yang menular ataupun tidak menular. Kebugaran jasmani juga bisa membuat wajah  terlihat sehat, segar dan juga  cerah.

Baca Juga :   Ketahuilah ! Bahaya Merokok Untuk Kesehatan

Melancarkan Peredaran Darah

Ketika  melakukan olahraga kebugaran jasmani dapat melancarkan peredaran darah. Organ penting yaitu , jantung, merupakan  pusat dari kehidupan karena  jantung adalah mesin utama untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani secara rutin, maka kinerja jantung juga akan optimal dalam memompa darah ke seluruh tubuh,  dan otot jantung juga akan menjadi  kuat, seta  aliran darah dalam pembuluh darah akan semakin lancar. Sehingga akan terhindar dari penyakit stroke, penyakit jantung koroner, dan juga  gagal jantung. Latihan yang dapat Anda lakukan adalah treadmill, senam aerobik dan  yang lainnya.

Meningkatkan Kecerdasan

Kebugaran jasmani juga dapat meningkatkan kecerdasan. Apabila  fisik bugar, maka tentu kinerja otak juga  akan dapat bekerja secara optimal. Dengan ini maka konsentrasi anda akan menjadi lebih baik, anda juga tidak mudah lupa, cepat dalam  merespon sesuatu serta  mempunyai  daya pikir yang cerdas cemerlang. Supaya  tingkat kecerdasan anda meningkat maka anda bisa  memilih latihan kebugaran jasmani yang memadukan fisik dan juga  fungsi koordinasi dari otak.

Latihan kebugaran jasmani yang bisa  anda lakukan adalah dengan  menendang bola ke arah gawang, melempar bola basket ke dalam keranjang, lalu  memukul bola kasti dengan tongkat, memukul bola tenis dengan raket dengan tembok ataupun  dengan teman, bermain bulu tangkis,  dengan melakukan gerakan tertentu sesudah  aba – aba, serta  berbagai latihan yang bisa melatih saraf motorik otak Anda.

Meredakan Stres

Jika melakukan olahraga secara teratur maka  dapat mengurangi atau meredakan stress. Banyak juga yang sudah mengetahui bahwa stress serta  pikiran merupakan  sumber segala penyakit.  Apabila  anda berolahraga secara rutin maka anda akan  menjadi lebih rileks, lebih nyaman, serta  beban pikiran anda pun akan berkurang. Anda bisa  melakukan olahraga  yang ringan dan juga  sederhana seperti jalan kaki setiap pagi sambil menikmati segarnya udara pagi, lari lintas alam, bersepeda santai, serta berenang ataupun olahraga  yang lainnya yang memang anda sukai.

Baca Juga :   √ Kebugaran Jasmani │ Pengertian, Fungsi, Manfaat, Tujuan, Beserta Komponennya

Mencegah Obesitas

Olahraga secara teratur juga dapat menghindarkan anda dari resiko  obesitas. Obesitas  dapat mengganggu aktivitas atau kegiatan anda sehari – hari. Obesitas juga dapat mengurangi rasa percaya diri anda. Dengan melakukan latihan atau olahraga guna  meningkatkan kebugaran jasmani secara teratur, maka kelebihan lemak yang berada  di tubuh anda dapat terbakar sekaligus metabolisme anda  juga akan lebih lancar dari yang  sebelumnya sehingga obesitas pun bisa  dihindari. Mempunyai  tubuh yang ideal tentunya merupakan  harapan dari semua orang.

Fungsi Kebugaran Jasmani

  • Sirkulasi darah, sistem saraf serta fungsi jantung akan meningkat.
  • Komponen kelenturan, stamina dan juga kecepatan akan meningkat.
  • Fungsi organ tubuh akan cepat pulih saat selesai berlatih atau bahkan pada kondisi tertentu misalnya pada ibu hamil, orang tua, serta  pemulihan setelah
  • Bagi para atlet, tinggi rendahnya tingkat kebugaran jasmani akan menjadi titik tolak untuk meningkatkan prestasi sang
  • Merangsang pertumbuhan serta perkembangan bagi balita dan juga  anak – anak

Demikianlah pembahasan mengenai √ Kebugaran Jasmani  │ 7 Tujuan dan Fungsi Latihan Kebugaran Jasmani semoga bermanfaat dan berguna untuk kalian semua , sekian dan terimakasih.

Baca Juga :