Lari Zig Zag : 5 Manfaat Lari Zig Zag Bagi Tubuh

2 min read

 5 Manfaat Lari Zig Zag Bagi Tubuh

Lari Zig Zag – Lari merupakan salah satu olahraga yang paling murah yang dapat  di lakukan kapan saja dan dimana saja.  Terdapat  banyak sekali berbagai jenis lari, seperti  lari jarak jauh, lari jarak pendek, lari ziz zag dan yang lain sebagainya.  Dan  setiap jenis lari  mempunyai  manfaat yang berbeda – beda.

Dan pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai lari zig zag , lebih tepatnya lagi mengenai manfaat lari zig zag bagi tubuh kita . lari  zig zag merupakan  bentuk latihan yang mengubah arah gerakan tubuh dengan arah yang  berkelok – kelok.

Cara melakukanya adalah  dengan cara berlari  dengan cepat antar titik yang  telah  ditentukan dengan lintasan yang berkelok. Untuk jarak antar titik berukuran kurang lebih 1 hingga   2 meter. Lari zig zag mempunyai  banyak sekali manfaat yang  dapat berguna bagi tubuh kita, berikut ini adalah  penjelasan mengenai  manfaat dari lari zig zag.

Melatih Kelincahan

Kelincahan adalah suatu kemampuan tubuh yang berguna untuk bergerak lebih cepat tanpa harus menimbulkan gangguan pada keseimbangan . Keseimbangan, kecepatan  dan juga kelentukan merupakan  suatu hal yang berkaitan didalam membentuk kelincahan itu sendiri.

Tanpa adanya unsur tersebut seseorang tak akan dapat  dikatakan lincah. Terdapat  juga beberapa orang  yang mampu bergerak cepat namun  mereka tidak  dapat  melakukan gerakan yang  tepat dan juga seimbang, hal ini tidak  dapat  dikatakan bahwa  orang tersebut lincah. Dan salah satu cara dalam  melatih kelincahan yaitu adalah  dengan cara lari zig zag. Apabila  kita sering berlatih lari zig zag, maka kelincahan pun akan semakin baik.

Baca Juga :   Tips Meningkatkan Daya Ingat Yang Patut Dicoba

Memperkuat Otot Kaki

Terdapat banyak sekali manfaat dengan kuatnya otot kaki . Karena dengan otot kaki yang kuat , maka keseimbanganpun   dan juga  koordinasipun akan semakin baik. Kaki adalah  pondasi  bagi  tubuh, dengan adanya otot kaki yang kuat maka secara otomatis performa dari tubuh akan menjadi  semakin meningkat. Maka dengan  berlari zig zag otot kakipun akan  menjadi semakin kuat.

Mengurangi Resiko Sakit Jantung

Ada saatnya  kita sendiri tidak menyadari  bahwa  jantung kita lemah, dan dengan jantung yang lemah maka akan beresiko terkena sakit jantung yang tinggi. Dan salah satu yang  dapat di lakukan untuk mencegah  atau mengurangi terkena resiko sakit jantung yaitu  dengan lari zig zag. Karena dengan lari zig zag  yang dilakukan secara rutin maka  akan dapat  mengurangi resiko terkena sakit jantung  karena otot jantung akan menjadi  semakin kuat.  Jika  otot jantung  kuat, maka  proses pemompaan jantungpun akan menjadi semakin santai sehingga terhindar dari resiko penyakit jantung.

Melancarkan Sistem Pernafasan

Apabila  rutin berlari, maka paru – paru akan menjadi semakin lebih sehat. Dengan berlari akan melatih otot – otot yang berada di sekitar dada yang membuat pernafasan  akan menjadi  lebih baik. Ketika  bernafas normal tanpa melakukan olahraga, volume paru – paru  yaitu sekitar 500 hingga 600 mililiter. Padahal kapasitas maksimal volume dari paru – paru sendiri adalah  sebesar 5800 militer.

Apabila dibayangkan jika  kapasitas paru – paru  meningkat maka pernafasan kita akan  menjadi semakin lancar, tubuh kitapun akan  semakin fit atau bugar  dan tidak akan  mudah lelah. Semakin banyak dari kapasitas oksigen maka  akan semakin baik.

Membakar Lemak

Salah satu manfaat  yang paling ampuh dari lari zig zag  adalah  membakar lemak. Lemak  akan terus terbakar meskipun kita  telah selesai berlari. Orang – orang  yang rajin  berlari akan membakar lemak sangat banyak,  bahkan lebih banyak daripada orang yang tidak berlari.

Baca Juga :   Manfaat Susu Gym Untuk Kurus

Demikianlah pembahasan kali ini tentang Lari Zig Zag : 5 Manfaat Lari Zig Zag Bagi Tubuh semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua , dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga :