Menembak :  Teknik Dasar Olahraga Menembak Untuk Pemula

1 min read

Menembak :  Teknik Dasar Olahraga Menembak Untuk Pemula

Teknik Dasar Menembak – Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan teknik dasar yang digunakan dalam olahraga menembak , yang akan dibahas secara singkat . Untuk lebih jelasnya , simak ulasan berikut ini.

Olahraga menembak merupakan  olahraga kompetitif yang melibatkan tes kemahiran ( akurasi dan kecepatan ) dengan menggunakan berbagai jenis senjata seperti senjata api dan juga senapan angin. Berburu juga merupakan olahraga menembak. Olahraga menembak dikategorikan berdasarkan  pada  jenis senjata api, sasaran dan  juga jarak dimana target di tembak.

Teknik Olahraga Menembak

Hal – hal yang harus  diperhatikan untuk menghasilkan tembakan yang akurat yaitu :

  • Kondisi senjata yang digunakan ( Diminyaki dan bersih, telah di zero )
  • Amunisi atau peluru yang digunakan ( kaliber sesuai, bentuk sempurna )
  • Kondisi lingkungan, dan ( Tidak lembab dan tidak berangin )
  • Kondisi penembak ( segar dan fit )

Hal yang  harus  dilakukan penembak  ketika  terjadinya proses tembakan supaya  memperoleh  hasil tembakan yang sempurna adalah pengaturan NABITEPI ( Napas  –  Bidik  –  Tekan Picu ).

  • Napas

Untuk memperoleh  hasil tembakan yang baik, nafas tidak ditahan, melainkan ditarik dan di hembuskan secara perlahan dan juga  dinamis.

  • Bidik

Bidikan yang baik berkaitan dengan sikap tembak yang baik. Sikap tembak yang baik yaitu  sikap tembak yang tidak dipaksakan atau alami, dimana untuk posisi badan, lebar kaki, angkatan tangan pada senjata dan mata sesuai  dan juga  terarah secara alami menuju sasaran.

  • Tekan Picu

Tahap ini sering kali  merusak tembakan, yaitu  perlakuan seorang penembak pada picu atau trigger senjata. Seringkali, perlakuan yang kasar penembak terhadap picu ( tarikan picu dihentak ) yang disebut dengan  jerking  akan mengakibatkan seorang penembak menjadi  kehilangan peluang untuk  memperoleh  tembakan yang sempurna.

Baca Juga :   √ Bulu Tangkis │ Peraturan Permainan Bulu Tangkis

Untuk bisa menjadi seorang petembak yang baik  maka tidak cukup hanya di dukung oleh fisik yang kuat dan  juga senjata yang mahal. Diperlukan juga  olah rasa dalam pengendalian emosi untuk meningkatkan konsentrasi serta  teknik tembakan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Menembak :  Teknik Dasar Olahraga Menembak Untuk Pemula simak juga artikel dari kami yang lainnya , semoga bermanfaat dan terimakasih ya.

Baca Juga :