5 Tips Mendaki Gunung Agar Tidak Cepat Lelah

1 min read

5 Tips Mendaki Gunung Agar Tidak Cepat Lelah

Tips Mendaki Gunung – Pada pembahasan kali ini admin akan memberikan tips tips yang akan berguna terutama untuk kalian yang sangat menyukai mendaki gunung. Ya, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tips ketika mendaki gunung agar tidak cepat lelah. Yuk langsung saja kita simak tips-tipsnya berikut ini.

Mengisi liburan dengan mendaki gunung merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan. Selain sehat untuk badan, mendaki gunung juga membantu dalam menenangkan pikiran karena kita dapat melihat pemandangan yang indah selama mendaki.

Akan tetapi mendaki gunung sering kali terhambat dengan tubuh yang mudah lelah. Bagi anda yang mempunyai masalah ini pada saat mendaki gunung, berikut ini adalah beberapa tips supaya tidak mudah lelah pada saat mendaki gunung.

Olahraga sebelum mendaki

Tubuh yang mudah lelah pada saat mendaki gunung biasanya adalah tubuh yang tidak dilatih. Maka dari itu, sangat penting untuk melatih tubuh terlebih dahulu jauh hari sebelum hari pendakian. Lakukan jogging ataupun senam setiap hari selama setidaknya seminggu sebelum melakukan pendakian. Dengan begitu, otot tubuh akan menjadi lebih kuat.

Bawa air mineral

Mendaki memerlukan tenaga yang sangat besar. Pendakian akan menyebabkan cairan tubuh berkurang sehingga tubuh akan menjadi mudah lelah. Bawalah air mineral selama perjalanan mendaki. Perbanyak minum air pada saat tubuh terasa panas. Jangan menunggu haus untuk minum.

 Istirahat

Pada saat mendaki, jangan memaksa tubuh untuk terus bergerak. Berikan istirahat yang cukup agar pendakian bisa terus dilanjutkan. Istirahatlah dengan bersandar di pohon atau sekedar memapah tubuh dengan sebatang kayu. Dengan menenangkan otot sejenak akan membantu otot dalam memperoleh pendinginan yang cukup. Akan tetapi ingat untuk tidak duduk dalam posisi tertekuk karena akan membuat otot kaki akan merenggang tiba-tiba.

Baca Juga :   √ Aktivitas Kecepatan dan Kualitas Gerak

Tetap makan

Mendaki memerlukan tenaga yang super, maka anda juga harus mempunyai energi yang super pula. Siapkan cemilan sebanyak mungkin, akan tetapi yang berkalori tinggi seperti coklat, biskuit gandum, permen karet, atau apa saja yang ringan akan tetapi bertenaga. Anda bisa mengunyahnya sambil mendaki sehingga tenaga tetap terisi selama perjalanan.

Bawa bawaan secukupnya

Ingatlah bahwa anda ingin melakukan pendakian, bukan menginap di gunung. Jadi bawalah barang yang penting saja. Barang tersebut cukup yang berupa pakaian, makanan, obat-obatan, dan juga peralatan penting lainnya. Anda  juga bisa melihat beberapa tutorial menyimpan barang bawaan sesimple atau sesederhana mungkin pada beberapa video online. Semakin sedikit barang yang di bawa maka semakin ringan juga bebanmu.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai 5 Tips Mendaki Gunung Agar Tidak Cepat Lelah yang dapat dijelaskan. Akan tetapi dari semua tips di atas, hanya niat dan juga tekad yang kuat lah yang benar-benar mampu dalam menghilangkan rasa penat dan letih yang dirasakan selama mendaki. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat dan terimakasih banyak untuk kunjungannya dan selamat mendaki, salam olahraga.

Baca Juga :