Perbedaan Baseball Dan Softball Yang Penting Untuk Diketahui

3 min read

Perbedaan Baseball Dan Softball Yang Penting Untuk Diketahui

Perbedaan Baseball dan Softball – Dengan melihat bola baseball dan softball, terkadang orang-orang tidak mudah untuk mengerti apa perbedaan baseball dan softball, sama halnya dengan perbedaan sepakbola dan futsal. Dilihat sekilas pada proses permainannya, memang kedua olahraga ini menjadi sulit untuk dibedakan. Akan tetapi sebenarnya keduanya tetap mempunyai perbedaan yang perlu untuk kita ketahui bersama, untuk melihat seperti apa perbedaannya, maka di bawah inilah uraian yang dapat disimak.

Pengertian

Baseball atau bisbol adalah sebuah jenis olahraga beregu di mana ada 2 tim yang memainkannya. Dalam hal tersebut memang mirip dengan softball, akan tetapupelempar atau picther dari tim pelempar akan berupaya melakukan lemparan bola sementara batter atau pemain dari tim pemukul akan berupaya untuk melakukan pukulan bola memakai bat atau tongkat pemukul.

Tim pelempar pada baseball perlu berupaya menangkap bola yang sudah dipukul oleh tim pemukul agar tim pemukul tadi dapat berubah menjadi tim pelempar. Angka akan diperoleh oleh tim pemukul asalkan berlari berlawanan arah dengan jarum jam menuju homeplate setelah menyentuh marka atau base pada permukaan lapangan baseball.

Sementara untuk softball atau sofbol, ini adalah olahraga beregu yang juga terbagi menjadi 2 tim yang lahir di Amerika Serikat. Softball ini diketahui adalah perkembangan dari olahraga baseball. Pitcher perlu melempar bola di mana bola tersebut menjadi target pemain lawan. Pada softball, ada juga sebuah regu yang defensif alias regu jaga.

Baca Juga :   √ Tenis : Ukuran Lapangan Tenis Beserta  Gambarnya ( Penjelasan Lengkap)

Selain itu juga ada regu ofensif alias tim pemukul. Setiap tim bakal berkompetisi berlomba-lomba untuk mengumpulkan angka atau run dengan cara melakukan putaran 3 seri base atau marka pelari sampai akhirnya pemain menyentuh marka akhir alias homeplate. Hampir mirip, namun karena softball adalah perkembangan dari baseball, ada sedikit perbedaan di sini.

 

Istilah

Karena kita mengenal softball, maka perlu diketahui juga bahwa baseball atau bisbol juga memilih istilah lain. Istilah bagi baseball adalah hardball di mana dianggap sebagai kebalikan dari softballserta merupakan salah satu cara untuk membedakan kedua olahraga ini selain dari melihat cara bermainnya.

 

Ukuran Lapangan

Ukuran pada tiap detail lokasi untuk posisi pemain bahkan hingga ukuran panjang dari lapangan kedua olahraga ini memang pada dasarnya sama. Bentuknya pun terbilang sama, hanya saja untuk lapangan baseball diketahui lebih besar jika dibandingkan dengan lapangan softball. Selain dari hal tersebut, tidak ada perbedaan lain yang mencolok.

Bola

Ukuran bola yang dipakai dalam olahraga softball dan juga baseball memang sepintas tampak tidak ada bedanya, akan tetapi sebenarnya ukuran bola softball lebih besar beberapa inci dibandingkan dengan bola baseball. Apabila diukur dan diperhatikan secara seksama, maka bola baseball pada dasarnya lebih kecil dan juga ukurannya malah justru sama seperti bola tenis lapangan.

 

Pemain Pria dan Wanita

Pada olahraga baseball, pria saja yang boleh memainkannya dan hal ini sudah menjadi sebuah peraturan yang umum diketahui. Itulah salah satu alasan dibalik mengapa baseball disebut dengan istilah hardball. Sementara itu softball lebih fleksibel karena bisa dimainkan baik oleh pria ataupun wanita.

Pada pertandingan yang setingkat Olympic, permainan softball akan dimainkan oleh pemain perempuan atau pemain putri, akan tetapi olahraga ini juga putra dapat mainkan dengan baik dan softball di seluruh dunia dapat dimainkan baik oleh putra maupun putri.

Baca Juga :   Tips  Bertahan Dalam Permainan Futsal

 

Aturan Permainan

Pada permainan baseball, kita akan mengenal yang namanya aturan stealing atau dalam istilah sini disebut dengan mencuri base. Jika batter atau si pemukul sudah sukses mencapai base 1, 2 atau 3, otomatis untuk gilian pemukul selanjutnya runner yang tengah berposisi di basedapat dan boleh meninggalkan base sejauh 3 langkah saja.

Setelah itu, runner dapat berlari ke base berikutnya dengan keadaan bola sudah lepas dari lemparan si pemukul atau pitcher. Hal seperti ini hanya ada di permainan baseball, sementara untuk aturan permainan softball sendiri, runner tidak diperbolehkan untuk meninggalkan base 1 inci pun. Stealing pada olahraga softball hanya akan mengandalkan kemampuan dan juga kecepatan lari sang runner. Peraturan ini berlaku disebabkan jarak antar base di softball yang memang termasuk lebih pendek ketimbang base di baseball.

Plate

Perlu diketahui juga bahwa terdapat perbedaan antara baseball dan softball dalam hal plate. Pada olahraga baseball, pitcherbisa menyentuh plateketika hendak melakukan lemparan. Untuk hal ini, bahkan sang pitcher dapat dan boleh meletakkan satu kaki saja.

Sementara itu, berbeda dari yang ada di baseball, di bagian softballpitcher sewaktu hendak melempar akan diwajibkan untuk membuat kedua kakinya diposisikan pada plate tersebut. Jadi kalau di baseball hanya kaki satu saja boleh, maka pada softball harus kedua kaki yang berada di plate.

 

Area Pelemparan Bola

Pada olahraga baseball, area untuk melempar bola bagi pitcher, yaitu yang bertugas melempar bola adalah berupa gundukan tanah yang mempunyai istilah Mount. Sementara pada olahraga softball, tanah area pelempar rata-rata saja. Akan tetapi yang pasti, keduanya mempunyaiplate atau sejenis base yang bentuknya persegi panjang yang menjadi tempat pitcher.

Baca Juga :   Strategi Permainan Sepak Bola Yang Baik Dan Benar

 

Cara Melempar

Jika diperhatikan dengan seksama, maka dari cara pelemparan bola pun sebenarnya kedua olahraga ini juga mempunyai perbedaan. Cara pelemparan bola baseball oleh pitcher adalah dari atas kemudian lurus ke arah pemukul, sementara pada softball, bola softball oleh pitcher dilempar dari bawah ke atas.

Lemparan pitch pada olahraga softball dikenal dengan istilah jenis slowpitch dimana ayunan lengan pitcher adalah dari bawah melambung ke atas. Akan tetapi perlu juga diketahui bahwa secara umum permainan softball jenis ini biasanya adalah untuk rekreasi saja.

Pada dasarnya, baseball dan juga softball adalah olahraga yang sama di mana kedua regu perlu menjadi regu bertahan dan juga menyerang secara bergantian. Kedua tim sendiri mempunyai 9 pemain di mana tujuan dari permainan adalah mendapatkan angka yang tentunya harus lebih banyak dari pihak lawan supaya dinyatakan menang.

Sekian artikel kali ini mengenai Perbedaan Baseball Dan Softball Yang Penting Untuk Diketahui semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya .

Baca Juga :