Pencak Silat : Teknik Jatuhan Dalam Pencak Silat

1 min read

Pencak Silat : Teknik Jatuhan Dalam Pencak Silat

Teknik Jatuhan Pencak Silat – Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan sebuah materi baru yang berhubungan dengan bela diri pencak silat, lebih tepatnya mengenai teknik jatuhan dalam seni bela diri pencak silat. Untuk lebih jelasnya maka langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikutnya ini agar mudah di pahami .

Dalam pencak silat, teknik dasar yang perlu  dan harus dipelajari salah satunya adalah teknik jatuhan. Teknik jatuhan dalam pencak silat  adalah teknik yang digunakan untuk menjatuhkan lawan yang juga merupakan tindakan lanjut dari teknik tangkapan atau serangan langsung.

Teknik jatuhan dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya menambah, merubah, atau juga bahkan menghilangkan tenaga serangan. Teknik jatuhan bisa  dilakukan dengan beberapa cara seperti  yang akan dijelaskan di berikut  ini .

1.Merubah Arah Serangan Lawan

Merubah arah serangan lawan dengan cara melakukan tarikan, dorongan, atau putaran bisa  dilakukan dengan cara berikut:

  • Sapuan: pertama kita harus meniadakan tumpuan badan lawan dengan sapuan. Teknik ini dilakukan dengan cara menyapu kaki lawan dengan menggunakan kaki sendiri. Teknik ini bisa  dilakukan dengan posisi tegak, rebah maupun lingkar.
  • Kaitan: Teknik kaitan dilakukan dengan cara mengait kaki lawan dengan cara menggunakan kaki sendiri. Teknik ini bisa  dilakukan dengan arah luar, dalam ataupun belakang.
  • Angkatan: Teknik angkatan dilakukan dengan cara mengangkat kaki lawan dengan menggunakan kaki sendiri. Teknik ini dapat dilakukan dari dalam atau dari belakang kaki lawan.
  • Ungkitan: Teknik menjatuhkan lawan dengan ungkitan adalah dengan cara mengungkit kaki lawan dengan cara menggunakan kaki sendiri selanjutnya diikuti dengan dorongan tangan.
  • Guntingan: Teknik guntingan dilakukan dengan cara menggunting kaki lawan dengan menggunakan kaki sendiri. Teknik ini biasanya dilakukan dengan merebahkan diri.
Baca Juga :   Tenis Lapangan : Teknik Dasar Beserta Gambar, Penjelasan Lengkap

2.Menambah Tenaga Serangan Lawan Searah

Teknik jatuhan yang satu ini bisa dilakukan dengan cara tarikan atau dorongan. Apabila  dilakukan dengan cara tarikan, pertama tangkap dan tarik tangan atau kaki lawan searah dengan serangan. Sedangkan apabila  dilakukan dengan cara dorongan, maka segera lakukan aksi hindar kemudian dorong kaki atau tangan lawan searah dengan serangan.

3.Merubah Arah Serangan Lawan Dengan Tarikan Dan Dorongan

Teknik jatuhan yang selanjutnya adalah dengan merubah arah serangan lawan. Sama seperti teknik sebelumnya, teknik jatuhan ini bisa dilakukan dengan cara tarikan, dorongan, dan juga  putaran.

Apabila  dilakukan dengan menggunakan  cara tarikan, maka tangkap lalu kemudian tarik kea rah  samping atau ke arah bawah tangan atau kaki lawan hingga ia pun terjatuh.

Sedangkan cara dorongan  dapat dilakukan dengan elakan serta  kemudian dorong lawan kea rah  samping. Untuk cara putaran dilakukan dengan menangkap kemudian putar ke kiri atau kanan tangan atau kaki lawan yang sudah di tangkap agar lawan jatuh.

Demikianlah penjelasan mengenai Pencak Silat : Teknik Jatuhan Dalam Pencak Silat. Tentunya teknik tersebut akan menjadi semakin mahir dilakukan apabila kita melatihnya secara rutin dan juga konsisten agar dapat memperoleh hasil yang maksimal seperti yang di inginkan . sekian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat dan juga berguna terutama bagi anda yang sedang belajar mengenai olahraga pencak silat ini , sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya ya, jangan lupa juga simak artikel yang lainnya ya , terimakasih dan salam olahraga.

Baca Juga :

Baca Juga :   8 Jenis Teknik Kuncian Dalam Beladiri Pencak Silat