Perbedaan Yoga Dan Meditasi Yang Belum Banyak Diketahui

1 min read

Perbedaan Yoga Dan Meditasi Yang Belum Banyak Diketahui

Perbedaan Yoga dan Meditasi – Gerakan yoga yang mengutamakan ketenangan sering kali disamakan dengan meditasi. Meskipun mempunyai gerakan yang hampir mirip, akan tetapi sebenarnya keduanya sangat berbeda. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara yoga dan meditasi yang perlu anda diketahui.

Pengertian

Berdasarkan KBBI, pengertian yoga adalah senam gerak badan dengan latihan pernapasan, pikiran, dan yang lain sebagainya untuk kesehatan rohani dan jasmani. Sedangkan pengertian meditasi menurut KBBI adalah pemusatan pikiran serta perasaan untuk mencapai sesuatu.

Asal Mula

Baik yoga maupun meditasi ternyata berasal dari tempat yang sama, yaitu India. Sebuah penemuan mengatakan bahwa meditasi sudah ada sejak 1500 SM di India Kuno. Sedangkan penemuan lain mengatakan bahwa yoga telah ditemukan sekitar tahun 2000 SM dimana sebuah peradaban tinggi membuat sebuah ukiran sebuah tokoh yang sedang melakukan gerakan yoga.

Tujuan

Meskipun keduanya mempunyai tujuan yang hampir sama, yaitu mencapai ketenangan, akan tetapi tujuan selanjutnya berbeda.

Pada yoga, tujuan akhir dari praktek yoga adalah untuk memperoleh kesehatan lahir dan batin yang mampu membawa hidup menjadi lebih tenang dan damai. Tubuh yang ideal dengan pikiran yang segar menjadi tujuan akhir dari berbagai gerakan yoga yang dilakukan.

Sedangkan pada meditasi, tujuan akhir dari meditasi adalah untuk memperoleh kepuasan rohani atau spiritual yang berhubungan dengan kepercayaan. Meditasi lebih menjurus pada kepercayaan ataupun agama yang dianut sehingga lebih berbau rohani.

Alat dan Tempat

Dalam praktek yoga, terkadang dibutuhkan alat seperti matras atau bantalan. Alat ini akan membantu dalam memudahkan gerakan yoga. Yoga juga biasanya dilakukan di dalam ruangan tertutup, seperti Hot Yoga.

Baca Juga :   √ Sepak Takraw │ Teknik Dasar Latihan Smash / Roll Spike Dalam Sepak Takraw

Sedangkan pada meditasi tidak dibutuhkan alat sama sekali. Meditasi lebih merujuk pada pendekatan diri dengan alam sehingga alat yang digunakan dalam meditasi hanyalah alam terbuka. Meditasi jarang dilakukan di dalam ruangan tertutup karena penyatuan jiwa dengan alam menjadi jalan untuk memperoleh keseimbangan rohani yang kuat.

Akan tetapi bukan berarti tidak dapat dilakukan di ruangan tertutup. Meditasi justru lebih memungkinkan untuk dilakukan dimana saja, bahkan di atas tempat tidur sekalipun.

Macam gerakan

Gerakan pada yoga beraneka ragam. Ada banyak gerakan yoga yang disesuaikan dengan fungsinya. Sedangkan pada meditasi, gerakannya biasanya hanya itu-itu saja. Tidak ada gerakan khusus dalam meditasi karena inti dari meditasi itu sendiri adalah pemusatan pikiran dan jiwa.

Demikianlah pembahasan mengenai, Perbedaan Yoga Dan Meditasi Yang Belum Banyak Diketahui semoga  informasi yang diberikan dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya ya.

Baca Juga :