Teknik Dasar Melakukan Gerakan Flik – Flak Dalam Senam Ketangkasan

1 min read

Teknik Dasar Melakukan Gerakan Flik – Flak Dalam Senam Ketangkasan

Teknik Melakukan Gerakan Flik – Flak – Pada pembahasan kali ini admin akan menjelaskan tentang Flik – flak, yaitu mengenai teknik melakukan gerakan flik – flak dalam senam ketangkasan . Langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Flik – flak adalah  salah satu gerakan dalam senam ketangkasan yang tidak menggunakan alat. Gerakan flik-flak adalah yaitu gerak senam dengan melentingkan badan ke belakang, bertumpu dengan manggunakan kedua tangan dan melemparkan kaki secara membusur, yang diakhiri dengan pendaratan dengan menggunakan  kedua kaki.

Sebelum menguasai gerakan flik-flak, kamu  harus menguasai gerakan lenting tangan, guling ke belakang, serta sikap kayang yang diawali dari sikap berdiri. Apabila  penguasaan ketiga teknik dasar senam tersebut telah dikuasai, Anda dapat meningkatkan kemampuan dengan berlatih gerakan senam flik-flak.

Cara untuk melakukan gerakan flik-flak adalah sebagai berikut.

  • Ancang – ancang dengan berdiri tegak. Kemudian , lakukan gerakan melenting ke belakang hingga kedua lengan (telapak tangan) bertumpu pada matras.
  • Lakukan tolakan dengan kedua kaki ke atas sehingga kedua kaki bergerak membusur di atas, selanjutnya  kedua kaki secara bersama- sama mendarat dalam posisi berdiri kembali.

Apabila anda belum bisa  melakukan gerak flik  -flak sendiri, mintalah agat teman anda untuk membantu. Gerakan flik-flak bisa  dikombinasikan dengan cara  menggunakan peti lompat. Hal ini bertujuan untuk dapat merasakan lentingan badan ke belakang dan juga  mempersiapkan pendaratan lebih lama.

Demikianlah penjelasan mengenai Teknik Dasar Melakukan Gerakan Flik – Flak Dalam Senam Ketangkasan semoga dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan kalian semua, dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga :

Baca Juga :   Basket : 5 Posisi Pemain Basket dan Tugasnya