√ Lompat Jauh │Peraturan Perlombaan Lompat Jauh Lengkap

1 min read

√ Lompat Jauh │Peraturan Perlombaan Lompat Jauh Lengkap

Peraturan Lompat Jauh – Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai Peraturan dalam lompat jauh yang akan dibahas dengan lengkap . Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

 Lompat jauh adalah salah satu dari cabang olah raga atletik yang sering kali diperlombakan di berbagai macam kompestisi olah raga yang ada didunia. kepopuleran dari lompat jauh dari dulu hingga saat ini masih tetap terjaga, akan tetapi  tentu saja  terdapat  berbagai macam peraturan yang dimiliki oleh olah raga ini, dan tentu saja harus di taati  bagi  para peserta lomba. Agar  jalannya lomba dapat berjalan dengan lancar, dan yang pastinya juga agar dapat  menghindari berbagai macam hal yang tidak di inginkan seperti cedera dan yang lain  sebagainya.

Peraturan Lompat Jauh

  • Pada lintasan awal lompat jauh mempunyai  lebar minimum 1.22 m  dan  panjangnya adalah 45 m.
  • Pada panjang papan tolakannya adalah yaitu  22 m dengan lebar 20 cm  dan  tebalnya sendiri adalah 5 cm.
  • Pada bagian sisi dekat tempat untuk para pelompat mendarat harus diletakkan sebuah papan plastisin yang dipakai untuk mencatat bekas dari kaki pelompat disaat  melakukan kesalahan ketika tolakan. Papan tolakanpun harus menggunakan cat yang berwarna putih,  dan  harus di buat datar dengan tanah, dan juga  harus di tanam dengan kedalaman 1 meter dari tepi pada bagian bak pasir tempat untuk pendaratan.
  • Untuk lebar tempat mendarat sendiri yaitu  minimum 2.75 m dengan jarak antara garis tolakan hingga akhir tempat lompatan adalah minimal 10 m.
  • Untuk permukaan pasir yang dipakai untuk tempat pendaratan, harus sama serta rata tingginya dengan sisi pada bagian atas papan tolakan.
  • Apabila peserta lomba lebih dair 8 orang, maka setiap peserta dibolehkan untuk melakukan 3 kali lompatan, dan 8 pelompatan dengan lompatan terbaik tersebut bisa melompat 3 kali  agar dapat  menentukan siapkah yang menjadi pemenangnya.
  • Akan tetapi apabila pesertanya sendiri kurang dari 8 orang, maka setiap peserta harus melompat sebanyak 6 klai  secara giliran.
  • Seluruh lompatan yang telah  dihasilkan oleh para pesertapun akan di ukur, dari titik bebas terdekat pada bak pasir pendaratan .
  • Setiap peserta akan diberikan waktu selama 1.5 menit untuk melakukan lompatan.
  • Lompatan yang terbaik yang telah  dihasilkan  oleh peserta merupakan  hasil yang akan di catat untuk menentukan siapakah yang akan menjadi pemenangnya.
Baca Juga :   √ Lari Jarak Menengah │ Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, dan  Manfaat

Demikianlah informasi  mengenai  √ Lompat Jauh │Peraturan Perlombaan Lompat Jauh Lengkap . Semoga  dapat  bermanfaat bagi anda, dan  juga  dapat  menambah wawasan serta referensi anda tentang  cabang olah raga atletik lompat jauh, sekian dan terimakasih.

Baca Juga :