√ Gerakan Roll Depan │ Cara Melakukan Gerakan Roll Depan Pada Senam Lantai

1 min read

√ Gerakan Roll Depan │ Cara Melakukan Gerakan Roll Depan Pada Senam Lantai

Gerakan Roll Depan – Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai cara melakukan gerakan Roll Depan pada senam lantai , agar mudah untuk dipahami , maka langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

 Senam sendiri tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga sebagian besar orang. Karena senam sudah ada sejak dulu dan merupakan salah satu cabang olah raga yang populer dihampir seluruh dunia. Senam yang merupakan aktivitas atau kegiatan  fisik ini adalah  aktivitas fisik yang dapat  di lakukan sebagai cabang olah raga tersendiri ataupun sebagai latihan fisik atau pemanasan untuk cabang olah raga yang lainnya. Senam mengacu pada berbagai macam bentuk gerak yang biasanya di kombinasikan secara terpadu dengan menggunakan  berbagai macam bagian anggota dan komponen dari kekuatan, kecepatan, keseimbangan, ketepatan, serta  ketangkasan dan berbagai macam komponen yang lainnya. Dengan adanya berbagai macam koordinasi  yang sesuai dengan tata  dan  gerakan yang selaras, maka akan terbentuklah suatu rangkaian gerakan artistik yang sangat menarik. Biasanya senam ini sendiri seringkali di perlombakan dan berbagai macam nomor tertentu yang  sesuai dengan tingkatan usia ataupun sekolah.

Salah satu jenis senam yang sangat populer adalah senam lantai, yang sangat populer sekali sejak dulu, dan biasanya seringkali di selengarakan dengan peserta yang banyak atau secara massal. Berbagai macam gerakan dilakukan secara bersamaan dengan membentuk berbagai macam formasi yang sangat menarik dan juga  menawan. Di Indonesia  sendiri senampun tentu saja sudah tidak asing lagi, serta sudah mulai  digalakkan di berbagai macam sekolah, atau yang sering juga di sebut dengan senam pagi. Agar dapat  menyehatkan tubuh dan membuatnya lebih bugar. Biasanya lantai yang dipakai  ketika  pertandingan senam lantai ini adalah berukuran 12 m2 di dalam sebuah ruangan, yang mempunyai  ukuran 14 m2 lalu di lapisi dengan menggunakan karpet yang kenyal yang mempunyai  ketebalan 0.044 m. Pria akan tampil dengan waktu 70 detik, sedangkan wanita akan tampil selama 90 detik dengan di iringi musik. Berbagai macam gerakan yang di lakuka biasanya di lakukan dengan  lambat, dengan sikap yang stastis selama sekitar 2 detik. Disamping itu juga terdapat  berbagai macam gerakan yang biasanya dilakukan pada senam lantai ini. Salah satunya adalah gerakan roll depan.

Baca Juga :   √ Lompat Jangkit │ Pengertian, Teknik, Sejarah, Lapangan, dan Peraturan

Cara melakukan gerakan roll depan pada senam lantai, yang merupakan gerakan guling yang di lakukan kedepan. Beberapa dari tahapan ataupun langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Badan berdiri dengan  tegak, kemudian kedua tangan harus di luruskkan kesamping badan .
  • Siku diletakkan kesamping, lalu  kepala dimasukkan di antara kedua tangan.
  • Bahu disentuhkan ke matras.
  • Selanjutnya berguling kedepan
  • Kedua lutut dilipat, selanjutnya  dagu  dagu dan  lututpun ditarik ke dada dengan posisi tangan yang merangkul kelutut.
  • Kemudian pada saat sikap akhir guling kedepan, lakukan gerakan jongkok lalu  kemudian berdiri dengan tegak.

Demikianlah ulasan mengenai √ Gerakan Roll Depan │ Cara Melakukan Gerakan Roll Depan Pada Senam Lantai Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya .

Baca Juga :