√ Sikap Lilin | Cara Melakukan Gerakan  Sikap Lilin Senam Lantai Dengan Baik dan Benar

1 min read

√ Sikap Lilin | Cara Melakukan Gerakan  Sikap Lilin Senam Lantai Dengan Baik dan Benar

Cara Melakukan Gerakan Sikap Lilin – Olahraga senam lantai tentu saja sudah tidak asing ditelinga anda. Sesuai dengan namanya gerakan dari senam lantai ini dilakukan di atas lantai atau beralaskan matras. Salah satu kategori senam bebas ini memiliki satu gerakan yang diberi nama sikap lilin. Dari namanya sudah terdengar unik, akan tetapi untuk melakukan senam tersebut anda harus mengetahui cara melakukan gerakan senam lantai sikap lilin dengan baik dan benar. Nantinya apabila gerakan Anda benar maka bentuk tubuh anda akan menyerupai lilin. Berikut ini adalah Cara Melakukan Gerakan Senam Lantai Sikap Lilin dengan baik dan benar.

Berikut ini Cara Melakukan Gerakan Senam Lantai Sikap Lilin dengan benar:

Untuk melakukan sikap lilin harus dilakukan dengan cara  sikap tidur telentang dengan kedua kaki di angkat keras ke atas bersama dengan pinggang yang ditopang oleh kedua tangan. Terdapat  beberapa cara untuk mengawalinya yaitu dengan jongkok dan telentang.

Jongkok

Pertama kali Cara Melakukan Gerakan Senam Lantai Sikap Lilin dilakukan dengan jongkok dan meletakkan kedua tangan pada matras hingga  membentuk posisi segitiga sama sisi, kemudian  meletakkan dahi di atas matras tepat di antara tangan kanan dan kiri.

Selanjutnya angkat kedua kaki bersama dengan pinggul. Untuk cara melakukan gerakan senam lantai sikap lilin kedua ini mungkin dibutuhkan  bantuan orang lain untuk mengangkat kaki.

Sesudah bisa berdiri dengan sikap lurus atau lilin tahan keseimbangan dengan menggunakan kedua tangan.

Telentang

Cara melakukan gerakan senam lantai sikap lilin dari awalan telentang awalnya kedua kaki berada dalam posisi lurus rapat serta kedua tangan di sisi badan. Pada  awalan sikap harus benar dan diwajibkan sudah melakukan sesi pemanasan.

Baca Juga :   √ Tolak Peluru │ 4 Teknik Dasar dalam Tolak Peluru

Selanjutnya  guling ke arah belakang dengan menggunakan  kedua tangkai kaki lurus serta  telapak tangan bertumpu di lantai sebelah telinga. Selanjutnya guling ke arah depan bersama dengan tolakan tungkai kaki ke atas depan dan dibantu dengan tolakan menggunakan  kedua tangan sehingga badan sempat melayang seperti busur. Cara melakukan gerakan senam lantai sikap lilin ini tentunya harus memperhatikan kelenturan tubuh dengan baik.

Gerakan terakhir adalah  yaitu cara mendarat dimana kedua kaki dalam posisi rapat dengan bantuan gerakan pinggul yang didorong kedepan kemudian diikuti dengan gerakan badan yang mengikuti rotasi.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai ……. Satu perhatian dimana dalam melakukannya harus dengan pengawasan orang lain ataupun dengan bantuan orang lain supaya  nantinya tidak mengalami cedera. Semoga bermanfaat , sekian dan terimakasih.

Baca Juga :