√ Renang │ Renang Macam Macam Gaya Renang dan Cara Melakukannya

2 min read

√ Renang │ Renang Macam Macam Gaya Renang dan Cara Melakukannya

Gaya Renang – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai macam-macam gaya renang dan juga cara melakukannya. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Macam – Macam Gaya Renang dan Cara Melakukannya beserta Gambarnya

Gaya Renang Bebas

Gaya renang bebas disebut juga dengan renang free style  yang di ambil dari gaya berenang seekor binatang. Oleh sebab  itu gaya ini juga di sebut gaya crawl, yang berarti merangkak, nama lain gaya ini adalah ” renang anjing ” ( dog style ) dan ” renang rimau ” ( harimau ).

Cara melakukan renang gaya bebas adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bergantian di gerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara itu kedua belah kaki secara bergantian di cambukkan  dengan naik turun ke atas dan ke bawah.

Di bandingkan gaya renang yang  lainnya, gaya bebas ini adalah  gaya berenang yang dapat membuat tubuh melaju lebih cepat di dalam air.

Gaya Renang Punggung

Gaya renang punggung adalah gaya favorit bagi para perenang pertandingan maupun rekreasi. Renang gaya ini disebut juga dengan back crawl. Teknik dasar cara melakukan renang gaya punggung adalah gaya renang dimana bagian wajah dan mulut untuk  bernafas berada di  bagian atas permukaan air. Posisi tubuh telentang, dataran punggung mengapung lebih luas, pengambilan nafas bukan masalah, karena muka menghadap ke atas,  sehingga pengambilan nafas bisa lebih leluasa.

Baca Juga :   Yoga : 7 Gerakan Awal Yoga Untuk Pemula

Gaya Renang Dada

Gaya renang dada disebut juga dengan renang gaya katak, hal ini disebabkan karena kesamaan pada gerakan tungkainya.

Gerakan tungkai renang gaya dada adalah dengan  membentangkan tungkai kebelakang sama dengan gerakan kaki katak ketika  berenang, yang membedakannya adalah pada kaki katak yang dipakai  untuk mendorong air kebelakang hanya memakai  telapak kaki sedangkan pada renang gaya dada selain telapak kaki juga kaki bagian atas. Cara melakukan gaya renang dada adalah berenang dengan posisi dada  yang menghadap ke permukaan air, batang tubuh selalu berada dalam keadaan tetap. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sedangkan  kedua belah tangan di luruskan di depan.

Gaya Renang Kupu-Kupu

Gaya renang kupu – kupu disebut juga gaya dolphin kick atau The Dolphin Butterfly Stroke. Gaya ini memakai  gerakan tungkai  yang menirukan lecutan ekor ikan lumba – lumba. Cara melakukan gaya renang kupu – kupu  adalah yaitu kedua belah lengan secara bersamaan di tekan ke bawah dan di gerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. Sedangkan  kedua belah kaki secara bersamaan menendang ke bawah dan ke atas seperti gerakan sirip ekor lumba – lumba. Udara dihembuskan dengan  kuat – kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air, dan udara di hirup lewat mulut pada saat kepala berada di luar air.

Gaya Renang Samping

Gaya renang samping kurang begitu di kenal karena gaya renang ini tidak termasuk yang di jadikan kompetisi atau lomba. Renang gaya samping adalah  gaya renang dengan menggunakan bagian sisi samping dari tubuh.

Cara melakukan renang gaya samping dengan melakukan gerakan menyampingkan tubuh di permukaan air dengan cara mengayunkan tangan di antara tangan kanan maupun  tangan kiri dan melakukan dorongan seperti halnya meloncat yang bisa mengatur nafas apabila terjadi kelelahan dalam berenang.

Baca Juga :   Lari Estafet : 6 Teknik Lari Estafet Paling Dasar

Gaya Renang Anjing

Gaya renang anjing merupakan  gaya renang dengan melakukan gerakan menendangkan kedua kaki ke dalam air seperti halnya anjing yang sedang berenang serta posisi tangan mengayuh ke dalam air dan  melakukannya secara bergantian.

Demikianlah penjelasan tentang √ Renang │ Renang Macam Macam Gaya Renang dan Cara Melakukannya semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat dan juga berguna untuk kalian semua , terimakasih atas kunjungannya .

Baca Juga :