√ Senam Aerobik │ Pengertian dan Sejarah Senam Aerobik

1 min read

√ Senam Aerobik │ Pengertian dan Sejarah Senam Aerobik

 Senam Aerobik –  Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai senam aerobik yang meliputi pengertian dan juga sejarahnya. Langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah untuk di pahami .

Pengertian Senam Aerobik Menurut Ahli

Berikut ini adalah pengertian senam aerobik menurut para ahli :

Dr. Kenneth Cooper

Senam aerobik  adalah suatu rancangan gerakan yang di lakukan dengan irama musik untuk membantu memompa oksigen dan  denyut jantung.

Jackie Sorensens

Senam aerobik merupakan  sebuah program kebugaran jasmani yang di sertai dengan  ekspresi tertawa dengan gerakan berjalan, melompat dan  juga di gabungkan dengan tarian.

Marta Dinata

Senam aerobik adalah gerak yang telah  diatur  dengan sedemikian rupa dengan cara mengikuti alunan musik yang di pilih sehingga menghasilkan sebuah ritmis.

FIG ( Federation Internationale Gymnastique )

Senam aerobik adalah kemampuan dalam  melakukan gerakan yang  kompleks  dengan secara kontinyu dengan intensitas tinggi  dan mengikuti pola pergerakan aerobik musik.

UEG ( Union Europeene De Gymnastique )

Senam aerobik  adalah kemampuan untuk melakukan pola pergerakan dengan intensitas  secara terus menerus kompleks dan juga  tinggi di iringi musik.

Gymnastic Australia

Senam aerobik adalah olahraga yang sempurna untuk orang yang aktif dengan energi untuk membakar.

New South Wales Gymnastque Association Inc.

Senam aerobik merupakan  menggabungkan keterampilan  dari senam dengan tarian dalam serba cepat, menyenangkan dan juga  energik.

Baca Juga :   √ Teknik Dasar Kungfu

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa :

Senam Aerobik adalah olahraga yang dilakukan dengan gerakan – gerakan secara teratur  dan di sertai oleh musik yang sudah  dirancang serta  harus di barengi dengan perasaan gembira supaya  menghasilkan manfaat yang maksimal.

 Aerobik berasal dari kata aero, yang berarti oksigen. Karena senam ini memerlukan banyak oksigen untuk melakukan gerakan – gerakan yang maksimal dan bagus.

Sejarah Senam Aerobik Singkat

Dr. Kenneth Cooper, adalah seorang ahli fisiologi olahraga yang menciptakan gerakan – gerakan pada senam aerobik. Sekitar di tahun 1970, Kenneth mulai mempopulerkan senam buatannya tersebut di Amerika.

Dulu, nama senam aerobik dinamakan fitaerobik. Senam ini selanjutnya  terkenal di seluruh Amerika Serikat dan mulai dilakukan di sekolah – sekolah. Dalam membuat senam aerobik terkenal, Kenneth tidak sendirian, ia dibantu oleh temannya yang bernama Kolonel Pauline Potts. Seiring  dengan berjalannya waktu, seorang aktris terkenal Amerika yang bernama Jane Fonda mengunggah video gerakan – gerakan ketika  dia sedang melakukan senam aerobik. Senam itu pun semakin popular sampai ke seluruh dunia.

Akhirnya, pada tahun 1990, dibentuk lah IAF ( International Aerobics Federation ) untuk mengatur seluruh masalah mengenai  senam aerobik di seluruh dunia.

Demikianlah ulasan mengenai √ Senam Aerobik │ Pengertian dan Sejarah Senam Aerobik semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan ilmu pengetahuan kalian semua , terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga :

Baca Juga :   √ Macam -  Macam Cabang Olahraga Bola Besar Dan Penjelasannya