√ Bola Voli │ Ukuran Lapangan Bola Voli Beserta Gambar dan Penjelasan Lengkap

2 min read

√ Bola Voli │ Ukuran Lapangan Bola Voli Beserta Gambar dan Penjelasan Lengkap

Ukuran Lapangan Bola Voli – Materi kali ini akan membahas mengenai Ukuran lapangan bola voli yang dilengkapi dengan gambar dan juga penjelasannya . Untuk itu langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama .

Berikut ini  adalah penjelasan  mengenai gambar bentuk dan  juga ukuran lapangan bola voli yang  sesuai dengan  standar internasional ( Federation Internationale De Volleyball  /  FIVB ) dan standar nasional ( Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia  /  PBVSI ) .

Gambar Lapangan Bola Voli dan Ukurannya

Lapangan pertandingan bola voli dibuat di dalam ruangan atau lapangan terbuka. Tempat yang digunakan harus terletak di atas permukaan tanah yang datar. Pada lapangan terbuka, di anjurkan mempunyai  kemiringan 5 mm setiap meter lapangan. Kemiringan ini berguna untuk mengeringkan air yang  berada  di lapangan apabila  kondisi cuaca tengah hujan.

Permukaan lapangan volley ball tidak boleh licin karena akan membahayakan   untuk keselamatan pemain. Sehingga, bahan yang digunakan untuk membuat lapangan ini harus tidak menyebabkan licin. Pada lapangan pertandingan bola voli skala internasional, di perbolehkan permukaan nya terbuat dari bahan kayu atau sintetis. Apabila  menggunakan bahan selain  daripada itu,  maka harus mendapat izin terlebih dahulu dari FIVB.

Pada dasarnya ukuran lapangan bola voli adalah seluas 18 m x 9 m. Berbentuk persegi panjang serta  dikelilingi oleh  ruang bebas di pinggirnya minimal 3 m dari garis terluar lapangan. Pada pertandingan internasional resmi, lapangan mempunyai ruang bebas minimal 5 m dari garis samping lapangan dan 8 m dari garis belakang lapangan. Ruang bebas ini di pakai  ketika  pemain mengejar bola di luar lapangan.

Baca Juga :   Bola Voli : Pola Penyerangan dan Pertahanan Dalam Permainan Bola Voli

Jika  lapangan berada di dalam ruangan atau hall, maka sebaiknya warna lapangan terang, selain daripada putih. Supaya  lapangan bisa  terlihat dengan jelas, maka garis atau batas lapangan yang digunakan berwarna putih. Garis lapangan berukuran 5 cm. Terdapat dua jenis garis yaitu garis batas dan garis tengah.

Garis batas merupakan  garis pembentuk lapangan supaya  menjadi empat persegi panjang.Sedangkan garis tengah terletak di poros lapangan, memotong lapangan  dan menjadi dua bagian dengan ukuran masing – masing yaitu  9 m.

Setiap bagian lapangan mempunyai  dua daerah, yaitu  depan dan belakang. Daerah depan mempunyai  jarak 3 m dari garis poros dan daerah belakang berukuran 6 m dari daerah depan.

Selain daripada daerah pertandingan, lapangan juga mempunyai  daerah bebas. Daerah bebas ini mengelilingi seluruh bagian luar lapangan dengan lebarnya 3 m dari garis batas. Dengan adanya daerah bebas ini berguna untuk memperluas ruang gerak pemain, terutama ketika  pemain akan melakukan loncatan atau mengejar bola.

Pada sisi kiri dan kanan lapangan terdapat daerah pergantian pemain. Daerah ini terletak pada perpanjangan garis serang. Bagian belakang lapangan terdapat pada  daerah servis. Daerah ini mempunyai  lebar 3 m dari garis batas lapang serta  terletak pada bagian kanan belakang.

Jaring ( Net )

Permainan bola voli menggunakan jaring atau di sebut juga dengan net. Net  berfungsi untuk memisahkan wilayah lawan. Warna pada net umumnya  adalah hitam. Di sisi atas net dilapisi dengan  kain atau sejenisnya  yang berwarna putih dengan lebar 5 cm.

Tujuannya supaya  net bisa  terlihat lebih kontras dan juga  terlihat batas net. Ukuran lubang net 10 cm persegi. Panjang jari 9,50 m dan lebarnya 1 m. Pada setiap ujung jaring di lengkapi tali untuk mengikatkannya ke tiang. Tiangnya terbuat dari  bahan besi  yang berbentuk tabung supaya  dapat menahan daya tarik dari jaring. Jarak tanam tiang berada pada 0 , 5 – 1 m dari garis batas. Tinggi tiang 2 , 55 m.

Baca Juga :   √ Renang Gaya Bebas │  Pengertian, Teknik Dasar, Sejarah, dan Manfaat

Ukuran Bola Voli

Bola voli menggunakan bola yang di rancang khusus sesuai dengan peraturan FIVB. Bentuk bola bulat dengan diameter 65 – 67 cm. Bobot bola  yaitu sekitar 260 – 280 gram dengan tekanan udara sebesar 0,40 – 0,45 kg / cm persegi.

Suoaya  bola bisa  di pantulkan  tangan dengan sangat baik, maka bahannya harus lunak ( lentur ). Bagian dalam bola terbuat dari  bahan karet supaya  lebih lentur lagi dan empuk ketika di  gunakan.

Penjelasan Singkat Ukuran Lapangan Bola Voli

Berikut dijelaskan juga secara singkat  mengenai ukuran lapangan dan  net bola voli.

Ukuran Lapangan Bola Voli

Ukuran lapangan bola voli yang berbentuk persegi panjang yang di tetapkan oleh Federation Interationale de Volleyball ( FIVB ) dan PBVSI adalah sebagai berikut :

  • Panjang : 18 meter
  • Lebar : 9 meter
  • Garis pembatas : 5 cm

Ukuran Net Bola Voli

Net terbuat dari anyaman benang atau sejenisnya  yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran sebagai berikut :

  • Panjang : 9,5 m
  • Lebar : 1 m
  • Mata jaring : 10 cm persegi
  • Tinggi net : untuk putra 2,43 m dan putri 2,24 m.

Antene

Antene terbuat dari  bahan fiberglass atau sejenisnya yang bersifat lentur da juga n dicat berwarna hitam dan putih ( belang ) atau warna lain yang kontras dengan panjang 10 cm. Antene mempunyai  ukuran sebagai berikut :

  • Panjang : 1,8 m
  • Garis tengah : 1 cm

Tiang Jaring

Tiang harus bulat dan  juga licin. Berdiri kokoh dengan jarak 50 cm dari garis samping yang sejajar dengan garis tengah lapangan.

Ukuran Bola Voli

Ukuran bola voli adalah sebagai berikut :

  • Keliling : 65-67 cm
  • Berat : 250-280 gram
  • Tekanan udara : 0,48-0,52 kg / cm persegi

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai √ Bola Voli │ Ukuran Lapangan Bola Voli Beserta Gambar dan Penjelasan Lengkap semoga mudah di pahami dan juga dapat berguna dalam menambah wawasan serta ilmu pengetahuan kalian semua , terimakasih.

Baca Juga :   Ketahui Dampak Negatif Permainan Bola Voli Sebelum Bertanding

Baca Juga :