√ Lapangan Sepak Takraw │Ukuran Lapangan Sepak Takraw Standar Nasional Dan Internasional

1 min read

√ Lapangan Sepak Takraw │Ukuran Lapangan Sepak Takraw Standar Nasional Dan Internasional

Ukuran Lapangan Sepak Takraw – Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai ukuran lapangan sepak takraw standar nasional dan internasional yang akan dibahas dengan lengkap , untuk itu langsung saja simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Berbagai macam jenis olahraga ada banyak sekali, dan tentu saja  dapat  dilakukan sebagai salah satu sarana untuk menjaga kesehatan. Salah satu jenis olah raga yang dulunya sempat populer adalah sepak takraw, dimana jenis olah raga ini sendiri adalah  olahraga yang menggunakan bola yang di anyam. Sepak takraw juga  adalah   gabungan dari sepak bola  dan  bola volley, dan juga  salah satu aturannya adalah para pemain tidak boleh menyentuh bola dengan menggunakan tangan. Olah raga jenis ini sudah dikenal cukup lama sekali, akan tetapi  sayangnya olah raga ini sendiri di Indonesia saat ini mulai turun popularitasnya, karena untuk memainkankan olah raga ini mempunyai  resiko cedera yang cukup besar. Sehingga tidak heran jika  peminat dari olah raga sepak takraw ini  semakin menurun.

Terdapat berbagai macam perlengkapan atau sarana yang biasanya digunakan ketika  ingin memainkan olahraga ini,  salah satunya adalah lapangan, yang  dapat  digunakan untuk bermain olahraga sepak takraw ini. Berikut  penjelasan selengkapnya .

 

Ukuran Lapangan Sepak Takraw Standar Nasional dan Internasional

  • Panjang dari lapangan sepak takraw ini adalah 13.42 m.
  • Lebar lapangannya sendiri adalah 6.10 m, sedangkan untuk lebar garis batas sepak takwar sendiri atau yang disebut dengan garis linear lebarnya adalah sekitar 5 cm.
  • Selanjutnya dibagian tengah lapangan terdapat lingkaran yang dipakai untuk melakukan servis, dengan mempunyai  garis tengah lingkaran tersebut adalah 61 cm.
  • Sedangkan pada garis ¼ lingkaran dari sepak takraw mempunyai jari – jari 90 cm, dimana pada penjuru tengah dikedua lapangan tersebut terdapat garis ¼  lingakaran yang di gunakan untuk melambungkan bola kepada lawan.
Baca Juga :   √ Bulu Tangkis │ Teknik Dasar Bulutangkis Secara Singkat Beserta Gambarnya

Tak hanya menggunakan sarana lapangan saja untuk bermain sepak takraw ini akan tetapi  terdapat  beberapa komponen  lainnya, diantaranya yaitu terdapat  net yang dibuat dengan menggunakan bahan yang kasar, dengan mempunyai  ukuran lubang – lubangnya sebesar 5 cm. Sedangkan lebar dari jaringnya sendiri adalah 72 cm dengan mempunyai  panjang 6.71 m. Sedangkan pada pinggir atas, samping serta  bawahnya sendiri dibuat pita dengan mempunyai  lebar 5 cm, yang diikatkan pada kedua ring. Untuk tinggi jaringnya sendiri dari lantai adalah 1.5 m. Biasanya net ini di ikatakn pada 2 buah tiang yang mempunyai  tinggi 1.55 m untuk para pemain laki – laki, serta  1.45 m untuk para pemain wanita.

Permainan sepak takraw dapat  dilakukan di dalam maupun luar ruangan, akan tetapi  apabila  lapangan dibuat di dalam gedung maka  tinggi atapnya sendiri minimal harus 8 m.

Demikianlah informasi mengenai √ Lapangan Sepak Takraw │Ukuran Lapangan Sepak Takraw Standar Nasional Dan Internasional yang sudah dijelaskan , semoga bermanfaat.

Baca Juga :