Jenis – jenis  Pendakian Lengkap

Posted on

Jenis – jenis  Pendakian Lengkap

Jenis – Jenis Pendakian – Pada artikel kali ini admin akan menjelaskan mengenai Jenis – jenis pendakian , yang akan dibahas secara singkat dan jelas . langsung saja simak ulasan berikut ini .

Olahraga mendaki gunung sebenarnya memiliki  tingkat dan kualifikasinya. Seperti yang sering kita dengar adalah istilah mountaineering atau istilah yang  serupa lainnya. Istilah yang keren itu membuat kita tersipu, karena artinya begitu luas, misalnya mencakup pengertian perjalanan mulai melintasi bukit hingga melakukan ekspedisi ke Himalaya.

Menurut bentuk dan jenis medan yang dihadapi, mountaineering bisa  dibagi sebagai berikut :

Hill Walking / Feel Walking

Perjalanan mendaki bukit – bukit yang relatif landai. Tidak memerlukan  peralatan teknis pendakian. Hal utama adalah yaitu  jalur pendakian yang  sudah tersedia. Perjalanan ini bisa  memakan waktu  hingga  beberapa hari, sehingga keterampilan memilih tempat berpijak sangat dibutuhkan , atau kadang – kadang sudah tersedia.

Scrambling

Scrambling adalah pendakian setahap demi setahap pada suatu permukaan yang tidak begitu terjal. Tangan kadang – kadang di pergunakan hanya untuk keseimbangan. Untuk pemula, tali kadang – kadang harus dipasang untuk pengamanan dan juga  mempermudah gerakan.

Climbing

Climbing dikenal sebagai suatu perjalanan pendek yang pada  umumnya tidak memakan waktu lebih dari 1 hari, hanya rekreasi ataupun beberapa pendakian gunung yang praktis. Kegiatan pendakian yang memerlukan  penguasaan teknik mendaki serta  penguasaan pemakaian peralatan. Bentuk climbing ada dua macam , yaitu :

  • Rock Climbing : Pendakian pada tebing – tebing batu atau dinding karang. Jenis pendakian ini akan di uraikan lebih lanjut, karena jenis pendakian inilah yang umumnya berada di daerah tropis.
  • Snow and Ice Climbing : Pendakian pada es dan salju. Pada pendakian ini peralatan – peralatan khusus sangat dibutuhkan , seperti ice axe, ice screw, crampon, dan yang lain – lain.
Baca Juga :   √ Yoga :  Pengertian , Tujuan, Manfaat dan Jenisnya Lengkap

Mountaineering

Mountaineering adalah  gabungan perjalanan dari semua bentuk pendakian di atas. Dapat  memakan waktu hingga  berhari – hari, bahkan hingga  berbulan – bulan. Di samping pengetahuan teknik mendaki dan juga pengalaman mendaki, harus  juga dikuasai manajemen perjalanan, pengaturan makanan, komunikasi, dan yang  lain – lain.

Demikianlah yang dapat dijelaskan mengenai Jenis – jenis  Pendakian Lengkap semoga dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi anda semua, terimakasih.

Baca Juga :