Cara Memegang Stik Biliar Yang Benar Agar Tepat Sasaran

1 min read

Cara Memegang Stik Biliar Yang Benar Agar Tepat Sasaran

Cara Memegang Stik Biliar – Pada pembahasan kali ini admin akan menjelaskan mengenai cara memegang stik biliar yang benar agar tepat sasaran. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini secara seksama agar mudah untuk di pahami dan dimengerti.

Permainan biliar mungkin tampak sulit bagi pemula. Posisi tangan , kaki, dan juga badan yang harus selaras dengan fokus pandangan pada bola memang terlihat sulit, akan tetapi akan mudah apabila anda bisa menguasai semuanya terlebih dahulu.

Bagi anda yang masih seorang pemula, dibutuhkan latihan berkali-kali untuk bisa menyesuaikan tangan agar bisa memegang stik dengan benar. Untuk memudahkan anda dalam belajar memegang stik biliar, berikut ini adalah cara pegang stik biliar yang perlu anda ketahui.

Gunakan tangan dominan

Cara yang pertama memegang stik biliar yang benar adalah dengan menggunakan tangan dominan. Pegang stik biliar pada bagian belakang tongkat. Akan tetapi jangan memegang terlalu pinggir. Pegang di titik yang tepat agar memperoleh keseimbangan tongkat yang tetap terjaga pada saat membidik sasaran.

Genggam stik dengan menggunakan jempol dan juga telunjuk. Anda bisa menambahkan jari tengah apabila merasa pegangan belum terlalu kuat. Pegang dengan rileks dan juga jangan menggenggam stik terlalu kencang. Genggaman yang terlalu kuat justru menyebabkan tongkat sulit untuk dikendalikan.

Bungkukan badan

Selain memperhatikan posisi tangan, untuk bisa memegang stik biliar dengan baik juga harus memperhatikan posisi badan. Keselarasan yang baik inilah yang membuat tembakan tepat sasaran. Bungkukan badan pada saat akan melakukan tembakan. Posisikan badan di samping stik biliar supaya tembakan lebih stabil.

Baca Juga :   √ Teknik Dasar Kungfu

Buka kaki hingga selebar bahu dengan menempatkan salah satu kaki di depan dan yang  lainnya di belakang. Tekukan kedua kaki sedikit untuk menjaga keseimbangan badan pada saat membidik. Perhatikan posisi kaki agar badan tidak menghalangi stik pada saat di dorong ke arah belakang untuk menyesuaikan laju tembakan. Ikuti pula dengan kepala yang agak menunduk.

Buat bridge terbuka

Pada saat tangan yang dominan memegang stik untuk melakukan tembakan, maka tangan yang lain digunakan untuk membuat bridge terbuka. Pertama, rentangkan tangan di atas meja. Sisipkan stik di antara jari telunjuk dan jempol yang sudah membentuk huruf V. Posisikan tangan supaya sedikit naik sehingga stik bisa meluncur dengan mudah pada saat melakukan tembakan.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Cara Memegang Stik Biliar Yang Benar Agar Tepat Sasaran semoga informasi yang diberikan mudah untuk dipahami serta berguna untuk kalian semua. Sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya ya, jangan lupa juga simak artikel yang lainnya dari Penjaskes.co.id sampai jumpa dan salam olahraga.

Baca Juga :