Pengertian Blocking Dalam Bola Voli Dan Cara Melakukannya

1 min read

Pengertian Blocking Dalam Bola Voli Dan Cara Melakukannya

Blocking Olahraga – Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai sebuah materi yang berhubungan dengan olahraga bola voli yaitu lebih tepatnya mengenai pengertian blocking dalam bola voli dan juga cara melakukannya. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasan selengklapnya berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami.

Di setiap olahraga, ada banyak istilah yang digunakan serta harus dimengerti oleh setiap pemain. Begitu pula dalam olahraga voli. Salah satu istilah yang sangat familiar adalah blocking.

Dalam bahasa Inggris, istilah blocking berasal dari kata block yang artinya menahan. Secara sederhana, istilah blocking mempunyai arti menahan serangan lawan. Blocking adalah salah satu teknik yang di gunakan dalam permainan bola voli yang digunakan untuk menahan serangan dari lawan.

Teknik blocking sendiri tidak dapat dilakukan dengan asal. Untuk bisa menahan serangan dengan baik, maka anda harus melakukan beberapa hal seperti di berikut ini:

  • Perhatikan dengan baik arah datangnya bola. Tempatkan badan sedekat mungkin dengan net supaya lebih mudah mencapai bola.
  • Bersiaplah dengan melakukan posisi blocking dengan membuka kedua kaki hingga selebar bahu dan juga sedikit menekuk agar dapat segera melompat. Fokuskan pandangan ke arah datangnya bola.
  • Lakukan lompatan dengan menggunakan kedua kaki sambil mengangkat kedua tangan membentuk pertahanan.
  • Hadang bola dengan menggunakan kedua telapak tangan dengan mendorong bola ke arah pemain lain untuk di umpan atau ke arah daerah lawan kembali.
  • Turun dengan kedua kaki agak sedikit ditekuk dan juga kembali dalam posisi semula.

Teknik blocking sendiri memiliki banyak jenis. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang beberapa jenis teknik blocking:

Baca Juga :   Billiard : Trik Pukulan Billiard Yang Perlu Dipelajari
  • Blocking tunggal : Teknik blocking yang satu ini di lakukan oleh satu pemain saja.
  • Blocking ganda : Teknik blocking yang di lakukanoleh dua atau tiga orang sekaligus. Teknik ini memerlukan kerjasama yang baik supaya blocking bisa dilakukan dengan tepat.
  • Block bola open : Teknik blocking dilakukan dengan lompatan yang cukup tinggi dengan menekuk lutut hingga 100 derajat. Teknik ini ditujukan pada bola yang di pukul tinggi oleh lawan.
  • Block bola semi : Teknik blocking yang satu ini dilakukan dengan melakukan lompatan yang tidak terlalu tinggi dengan menekuk lutut hingga 110 derajat. Teknik ini dilakukan untuk smash lawan yang cukup cepat.
  • Block bola quick : Teknik blocking bola quick dilakukan untuk bola yang datang dengan cepat dan juga pendek. Kaki ditekuk hanya 135 derajat agar dapatmelompat dengan segera.

Teknik blocking memerlukan kemampuan passing atas yang baik, jadi sangat penting untuk melakukan latihan yang intensif agar mempunyai respon yang cepat dan juga tepat dalam blocking.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Blocking Dalam Bola Voli Dan Cara Melakukannya semoga informasi yang diberikan mudah untuk di pahami dan juga dapat bermanfaat untuk anda semua. Sekian artikel kali ini, terimakasih banyak untuk kunjungannya dan jangan lupa juga simak artikel yang lainnya ya, sampai jumpa dan salam olahraga.

Baca Juga :