Cara Mengatasi Dehidrasi Pada Saat Berolahraga

1 min read

Cara Mengatasi Dehidrasi Pada Saat Berolahraga

Dehidrasi – Pada pembahasan kali ini admin akan memberikan beberapa tips mengenai cara mengatasi dehidrasi saat berolahraga yang tentunya sangat penting untuk anda ketahui. Langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini secara seksama agar mudah dipahami.

Mungkin sebagian dari anda pernah mengalami hal semacam ini pada saat olahraga yaitu dehidrasi. Tahukah andaapabila tidak cepat ditangani dehidrasi pada saat olahraga atau saat tubuh aktif dapat berakibat pada kerusakan organ tubuh dan juga paling parah kematian.

Sebelum membahas lebih jauh mungkin anda perlu tahu terlebih dahulu apa itu dehidrasi. Menurut beberapa sumber dehidrasi sendiri adalah suatu kondisi tubuh anda mengalami kekurangan asupan cairan daripada cairan yang masuk ke dalam tubuh.

Biasanya memang jarang kondisi dehidrasi pada saat olahraga, akan tetapi hal ini dapat terjadi pada siapa saja apabila tidak memperhatikan  asupan yang masuk ke dalam tubuh pada saat  akan berolahraga.

Akan tetapi jangan khawatir jika anda mengalami hal ini atau teman anda mengalami dehidrasi ketika olahraga anda tidak perlu cemas, berikut ini adalah cara mengatasi dehidrasi saat olahraga dengan benar dan aman.

Minum Air Putih

Cara mengatasi dehidrasi pada saat olahraga yaitu dengan sesegera mungkin minum air putih. Minumlah air secara perlahan dan juga jangan terburu-buru supaya cairan masuk dengan perlahan dan melakukan proses rehidrasi dengan normal.

Makan

Makan menjadi cara mengatasi dehidrasi pada saat olahraga yang terbukti ampuh. Akan tetapi perlu diketahui makanan yang dikonsumsi bukanlah makanan sembarangan, makanlah makanan yang tinggi kandungan air dan juga elektrolit. Sodium dan juga potasium adalah jenis elektrolit yang sangat penting untuk hidrasi tubuh. Biasanya makanan yang disarankan adalah sayur-sayuran dan juga buah pastinya.

Baca Juga :   Jenis - Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Ketika Berpuasa

 

Minuman Energi

Cara mengatasi dehidrasi pada saat olahraga ini sering banyak orang lakukan yaitu dengan meminum minuman energi. Minuman energi mengandung elektrolit yang dapat membantu tubuh Anda menahan air dan menyimpan keseimbangan cairan dengan cepat. Minuman energi juga dapat mencegah hyponatremia.

Akan tetapi yang perlu di pahami yaitu dengan meminum minuman energi boleh akan tetapi usahakan bukan untuk jangka panjang karena dapat menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan organ tubuh.

 

Kain Basah

Apabila anda membawa kain maka cara mengatasi dehidrasi pada saat olahraga kali ini yaitu dengan membasahi kain dan menaruhnya di beberapa bagian tubuh seperti pada leher, wajah, punggung, dada ataupun perut.

Simpel dan mudah bukan cara untuk mengatasi dehidrasi pada saat olahraga, yang terpenting penangan pertama harus menggunakan cara yang benar dan juga sudah dianjurkan supaya badan anda kembali segar dan siap berolahraga kembali.

Demikianlah tips mengenai Cara Mengatasi Dehidrasi Pada Saat Berolahraga semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat serta berguna dalam menambah wawasan serta pengetahuan untuk anda semua, sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya ya .

Baca Juga :