Renang Gaya Bebas : Peraturan Renang Gaya Bebas Menurut FINA

1 min read

Renang Gaya Bebas : Peraturan Renang Gaya Bebas Menurut FINA

Peraturan Renang Gaya Bebas – Gaya bebas adalah  gaya berenang yang dapat  membuat tubuh melaju lebih cepat di dalam air dengan posisi dada  yang menghadap ke permukaan air Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai peraturan renang gaya bebas menurut FINA . Langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama.

Renang gaya bebas ( Freestyle swimming )  mempunyai  beberapa teknik dasar yang harus di kuasai yaitu: gerakan kaki, gerakan tangan, pernapasan dan yang lain – lain. Renang gaya bebas mempunyai  banyak manfaat bagi tubuh diantaranya yaitu : menambah tinggi badan, melatih otot, serta  memperkuat pernapasan.

6 Peraturan Renang Gaya Bebas Menurut FINA

Peraturan pertandingan renang yang di keluarkan oleh FINA berlaku untuk kurun waktu tertentu dan selalu di perbaharui. Peraturan pertandingan renang yang lengkap bisa  di pelajari pada buku peraturan renang ( FINA handbook ) yang berlaku dalam  kurun waktu yang bersangkutan.

Terdapat 6 peraturan – peraturan pokok renang gaya bebas yaitu  sebagai berikut :

  • Seorang perenang yang berenang tinggal sendirian saja harus menyelesaikan seluruh jarak renang untuk memperoleh
  • Seorang perenang harus finish dalam lintasan yang sama seperti saat waktu start.
  • Dalam pertandingan, seorang perenang saat berbalik hendaklah melakukan sentuhan fisik dengan ujung kolam atau lintasan. Pembalikan harus di lakukan dari dinding dan tidak diperkenankan mengambil langkah dari dasar kolam.
  • Berdiri di dasar kolam ketika nomor pertandingan gaya bebas atau gaya bebas dari nomor pertandingan gaya ganti, tidak akan menyebabkan perenang terkena diskualifikasi, namun  ia hendaklah tidak berjalan.
  • Menganggu perenang lain dengan menyeberang ke lintasan lain ataupun mengganggu dengan cara lain, akan menyebabkan perenang tersebut terkena diskualifikasi.
  • Tidak seorang perenang pun di perkenankan untuk menggunakan atau memakai alat yang bisa menyokong kecepatan, daya apung, atau daya tahannya selama dalam perlombaan.
Baca Juga :   √ 6 Peraturan Renang Gaya Bebas Menurut FINA

Demikianlah materi mengenai Renang Gaya Bebas : Peraturan Renang Gaya Bebas Menurut FINA semoga dapat bermanfaat . Terimakasih banyak atas kunjungannya dan simak juga artikel kami yang lainnya , salam olahraga.

Baca Juga :