Peralatan Tolak Peluru Dalam Cabor Atletik

1 min read

Peralatan Tolak Peluru Dalam Cabor Atletik

Peralatan Tolak Peluru – Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai peralatan yang digunakan dalam salah satu cabang olahraga atletik yaitu Tolak Peluru. Langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Tolak peluru adalah salah satu nomor lempar dalam atletik. Agar dapat melaksanakan tolak peluru, maka dibutuhkan beberapa peralatan yang mendukung seperti di bawah ini:

 

Rol meter

Tolak peluru membutuhkan rol meter untuk mengukur seberapa jauh peluru tersebut  dilemparkan. Rol meter yang digunakan adalah jenis rol meter yang dapat digulung. Biasanya dibuat dari bahan plastik atau besi tipis sehingga lebih tahan lama.

Pita yang berada di dalam rol meter mempunyai panjang sekitar 5 hingga 50 meter. Sudut siku yang terdapat pada ujung rol meter berfungsi untuk menjadi patokan ketika melakukan pengukuran.

Bendera kecil

Bendera kecil juga adalah merupakan salah satu peralatan penting dalam tolak peluru. Bendera kecil berfungsi untuk menandai sejauh mana peluru dilemparkan. Bendera kecil yang dipakai dalam tolak peluru biasanya mempunyai warna yang terang seperti jingga, merah muda, dan juga hijau.

Bentuk dari bendera ini adalah segitiga dengan ukuran 30 cm x 31 cm. Bendera ini terbuat dari pur kertas serta mempunyai tiang kecil yang dibuat dari pipa PVC dengan tinggi 130 cm.

Kapur

Kapur yang digunakan dalam tolak peluru berfungsi untuk memberikan tanda atau batas dari area atlet berdiri. Apabila tidak ada kapur, maka panitia juga dapat menggunakan tali rafia yang lebih terlihat dan juga tidak mudah hilang.

Baca Juga :   4 Teknik Lompat kangkang Yang Benar

Peluru

Dalam tolak peluru, peluru yang digunakan mempunyai berat yang berbeda-beda. Berat peluru disesuaikan dengan pemain yang menggunakannya, baik sesuai jenis kelamin dan juga sesuai dengan level pemain. Dibuat dari besi, bola peluru dalam sejarah tolak peluru pada awalnya adalah batu.

Untuk berat bola tolak peluru untuk junior putra adalah 5 kg atau 5,45 kg, dengan diameter 115±2mm. Sedangkan untuk senior putra, berat bola tolak peluru adalah 7.257 kg, dengan diameter 125±2mm.

Berat peluru untuk putri lebih rendah dibandingkan dengan berat peluru putra. Untuk berat peluru dalam tolak peluru putri junior adalah 3 kg, dengan diameter 97±2mm. Sedangkan untuk level senior putri adalah 4 kg, serta dengan diameter 103±2mm.

Demikianlah ulasan mengenai Peralatan Tolak Peluru Dalam Cabor Atletik  yang perlu diketahui. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan pengetahuan untuk anda semua , sekian artikel yang singkat ini terimakasih banyak untuk kunjungannya, jangan lupa juga simak artikel yang lainnya ya, sampai jumpa dan salam olahraga.

Baca Juga :