Sepak Bola : 3 Teknik Menggiring Bola Dalam Sepak Bola

3 min read

Sepak Bola : 3 Teknik Menggiring Bola Dalam Sepak Bola

Teknik Menggiring Bola – Menggiring sudah tentu adalah salah satu teknik dasar permainan sepak bola yang perlu dikuasai oleh setiap pemain sepak bola. Khususnya pada permainan sepak bola yang modern,  pertarungan dilakukan satu lawan satu, maka pemain perlu menjadi mahir dalam membawa bola. Menggiring bola suatu gerakan membawa bola dengan cepat ke depan yang kita sering lihat menggunakan kedua kaki berganti-gantian.

Selain mengenal teknik dasar menendang bola dalam sepak bola, menggiring bola lebih mendasar lagi dan tujuannya tentu adalah agar dapat mendekati jarak sasaran. Tidak hanya untuk bisa hingga ke area sasaran, menggiring bola juga perlu dilakukan dengan baik supaya mampu melewati lawan dan bahkan menghambat permainan.

Menggiring bola terdapat beberapa teknik terlepas dari posisi pemain sepak bola atau formasi sepak bola yang dijalankan. Berikut ini adalah sedikit penjelasan tentang cara menggiring bola sepak yang benar agar hasil atau eksekusi bolanya nanti pun juga baik dan sukses.

Menggiring Bola Menggunakan Kaki Luar

Sama halnya pada saat Anda menendang bola, ada teknik menggiring bola yang menggunakan bagian atau sisi luar kaki. Gerakan dalam menggiring bola sepak menggunakan kaki bagian luar sebenarnya juga tidak jauh beda dengan penggunaan bagian kaki dalam. Akan tetapi, tetap saja keduanya berbeda dan titik perkenaan kaki pada bola-lah yang menjadi pembeda.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat diintip dan juga dipraktikkan, mulai dari posisi awal, gerakan ketika proses menggiring, hingga posisi akhir setelah menggiring bola menggunakan sisi luar kaki Anda. Dengan latihan yang intensif, maka menggiring bola merupakan teknik yang bakal cukup cepat dikuasai secara baik.

Baca Juga :    Bola Tangan : Teknik Dasar dan Peraturan Permainan Bola Tangan
  • Posisi awal dari menggiring bola dengan kaki bagian luar adalah dengan mengawalinya dengan menggunakan sikap berdiri dengan tubuh menghadap arah gerakan dan juga pandangan tetap fokuskan ke depan.
  • Sikapkan kedua lengan pada sisi tubuh namun juga dibuat terentang sedikit.
  • Jangan lupa untuk memutar kaki ke dalam, kemudian menguncinya.
  • Pada proses menggiring bolanya, Anda perlu mendorong bola menggunakan bagian luar kaki ke arah depan.
  • Posisi kaki dapat sedikit diangkat dari permukaan tanah sambil kaki tumpu juga ikut digerakkan.
  • Pastikan bahwa Anda menumpukan berat badan pada kaki yang tidak digunakan untuk menggiring bola.
  • Pergerakan bola dengan gerakan menggiring tadi akan menuju depan tidak jauh dari kaki di permukaan tanah.
  • Sebagai akhir gerakan, Anda dapat menghentikan bola memakai telapak kaki di bagian atas bola.
  • Berat badan ditumpukan jelas pada sisi kaki yang tidak Anda gunakan untuk menggiring.
  • Pandangan harus tetap fokus ke arah depan sambil melakukan gerakan tadi.

Ada saatnya bagi pemula, menggiring bola sambil berfokus ke arah depan agak sulit, akan tetapi membiasakannya dengan banyak berlatih juga akan membantu nantinya.

Menggiring Bola Menggunakan Kaki Dalam

Sama halnya dengan penggunaan teknik menggiring menggunakan kaki bagian luar, pada teknik dengan kaki bagian dalam terdapat juga posisi awal, tengah dan akhir yang perlu untuk dilatih dan dikuasai, seperti:

  • Awali lah dengan membawa sikap berdiri yang menghadap ke arah gerakan sambil memfokuskan pandangan terus ke depan.
  • Rilekskan kedua lengan di mana sikap kedua lengan tersebut bisa berada di sisi tubuh.
  • Sementara itu, untuk pergelangan kaki dapat Anda putar ke luar dan kuncilah di sana.
  • Pada proses menggiring bola, yang perlu dilakukan adalah mendorong bola dengan menggunakan bagian dalam kaki ke arah depan sambil posisi kaki sedikit dibuka ke depan bersama-sama dengan kaki tumpu yang turut digerakkan.
  • Gerakan bola nantinya akan meluncur ke depan bergulir di permukaan tanah serta sebaiknya juga bergulir secara lurus karena itulah gerakan bola yang benar dan juga sempurna.
  • Sebagai akhir gerakan, Anda bisa menghentikan bola menggunakan telapak kaki tepat di bagian atas bola.
  • Berat badan bisa ditumpukan di bagian atau sisi kaki yang tak Anda gunakan untuk menggiring.
  • Pandangan tetap harus lurus ke arah depan selama melakukan gerakan tersebut.
Baca Juga :   √ Bola Voli | 5 Teknik Dasar Bermain Bola Voli Dan Penjelasannya

Melatih gerakan menggiring bola dalam sepak bola baik itu dengan kaki bagian luar pun harus dilakukan secara intensif supaya bola pada saat digiring tak melenceng ke mana-mana sementara pandangan mata pemain tetap fokus ke depan.

Menggiring Bola Menggunakan Punggung Kaki

Cara menggiring bola di sini memang hampir sama dengan teknik menendang bola di mana penggiringan bola dengan punggung kaki dapat dilakukan dengan langkah:

  • Dari awal, sikap yang diambil merupakan sikap berdiri dengan arah menghadap gerakan sambil pandangan terus difokuskan ke depan.
  • Pastikan kedua lengan dalam posisi yang rileks pada sisi tubuh sambil agak direntangkan.
  • Untuk pergelangan kaki, silakan putar ke bawah dan kunci di sana.
  • Pada prosesnya, Anda bisa mendorong bola menggunakan bagian punggung kaki ke arah depan di mana kaki juga akan sedikit di angkat dari permukaan tanah sambil berat badan juga dibawa ke depan.
  • Bola pastikan bergerak secara lurus ke arah depan dan juga tidak melenceng ke sana-sini.
  • Berat badan tumpukan pada kaki yang tidak digunakan untuk menggiring.
  • Pandangan hingga akhir tetap harus fokus ke depan.

Jarak Bola dengan Kaki ketika Digiring

Pada saat menggiring bola pastikan untuk menjaga agar bola tidak terlalu jauh bergulir dari kaki Anda dan harus tetap dekat. Hanya saja, memang pada saat menggiring ada kalanya sentuhan panjang diperlukan, terutama pada saat memang Anda sedang tidak terkepung oleh tim lawan sehingga Anda dapat bebas berlenggang.

Ketika sudah didekati oleh tim lawan, tentunya menggiring bola dan juga menjaga bola agar dekat adalah kunci agar bola tak gampang direbut oleh tim lawan. Pada saat jarak menggiring bola pendek-pendek, otomatis tim lawan pun akan sulit merebut dan Anda juga dapat menjaga guliran bola tetap stabil.

Baca Juga :   Cara Melakukan Lompat Tali Beregu Dengan Benar

Akan tetapi apabila ingin melakukan sentuhan panjang, Anda perlu lebih cepat daripada bola yang digiring. Pada saat bola digiring lebih jauh, Anda harus meningkatkan juga kecepatan berlari untuk menyusul bola dan juga menendangnya lagi untuk digiring ke depan. Pada sentuhan panjang ini, ruang Anda harus terbuka serta jangan sembarang melakukan teknik ini karena bisa-bisa tim lawan akan menyerobot bola.

Demikianlah ulasan mengenai Sepak Bola : 3 Teknik Menggiring Bola Dalam Sepak Bola semoga bermanfaat.

Baca Juga :