Senam Jantung  : 4 Tujuan Senam Jantung Sehat Bagi Kesehatan Tubuh

3 min read

Senam Jantung  : 4 Tujuan Senam Jantung Sehat Bagi Kesehatan Tubuh

Tujuan Senam Jantung – Menurut penelitian yang ada, penyebab dari kematian pertahun terbesar disebabkan oleh serangan jantung mendadak. Kondisi ini terjadi karena kurangnya aktivitas fisik atau olahraga yang dilakukan oleh masyarakat. Olahraga sangatlah penting karena dengan olahraga tubuh kita akan senantiasa sehat dan akan terhindar dari resiko penyakit yang parah seperti penyakit jantung korener, serangan jantung mendadak, serta gagal jantung.

Lalu olahraga apa yang dapat kita lakukan untuk terhindar dari penyakit jantung ini ? Salah satu olahraga yang di rekomendasikan untuk menjaga jantung tetap sehat yaitu senam jantung. Apabila Anda pernah mendengar senam jantung sehat, maka Anda sudah pasti tahu. Senam jantung sehat ini merupakan olahraga dimana kita akan diajak untuk bergerak yang bertujuan untuk meningkatkan fungsi jantung. Untuk  memperoleh jantung sehat kita tidak bisa hanya senam sekali atau dua kali, akan tetapi harus secara rutin dan teratur.

Untuk melakukan senam jantung sehat ini, Anda bisa datang ke rumah sakit spealisis jantung yang langsung di ajarkan oleh instruktur professional atau Anda juga bisa datang ke temapat-tempat diselenggarakannya senam jantung sehat ini. Biasanya selain rumah sakit, terdapat  beberapa komunitas yang menyelenggarakan senam jantung ini.

Intinya, semua olahraga itu baik. Akan tetapi, senam jantung sehat lebih cocok untuk pemeliharan jantung. Terlebih lagi jika gerakan senam jantung sehat telah dibentuk sedemikian rupa yang akan sangat berpengaruh pada kesehatan jantung apabila dikerjakan secara teratur. Sebelum melakukan senam jantung sehat, tentu kita harus tahu tujuan senam jantung sehat tersebut. Beberapa tujuan dari senam jantung sehat adalah sebagai berikut

Baca Juga :   Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami  

Tujuan Senam Jantung

Peningkatan Metabolisme

Metabolisme yang baik akan menunjang kesehatan fisik seseorang. Senam jantung sehat ini akan membuat fungsi metabolism Anda meningkat dan juga akan menjaga jantung Anda tetap sehat. Lakukanlah olahraga ini  secara rutin. Yang terpenting harus Anda ketahui adalah b ahwa  Anda sudah mempunyai penyakit jantung atau penyakit lainnya seperti asma, darah tinggi atau yang  lainnya, maka Anda dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindarkan dari resiko yang tidak di inginkan.

Aliran Darah

Salah satu penyebab dari penyakit jantung adalah tidak lancarnya aliran darah. Tidak lancarnya aliran darah akan di iringi  dengan penyakit lainnya seperti penyakit stroke, jantung koroner, atau yang lainnya. Oleh karena itu, senam jantung sehat dapat membuat aliran darah lancar. Penyumbatan aliran darah biasanya dikarenakan oleh timbunan lemak atau kolesterol pada aliran darah.

Tersumbatnya aliran darah kemudian akan membuat oksigen juga terhenti. Terhentinya aliran oksigen ke jantung maka akan mengakibatkan kerja jantung akan berhenti juga. Diharapkan dengan olahraga, lemak atau kolesterol tersebut akan hancur dan kemudian akan melancarkan peredaran darah. Lancarnya peredaran darah akan membuat peredaran oksigen ke jantung juga lancar sehingga membuat jantung menjadi sehat.

Memperbaiki Denyut Nadi

Apakah Anda merasakan detak jantung yang terlalu kencang atau terlalu lambat? apabila iya, Anda harus berhati-hati dan sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter spesialis jantung. Kenapa harus memeriksakan diri ke dokter? Anda tidak boleh lengah apabila berhadapan dengan detak jantung yang terlalu kencang atau terlalu lambat jika Anda tidak melakukan aktivitas yang berat.

Kondisi ini bisa juga pertanda Anda mempunyai masalah dengan jantung. Melakukan senam jantung sehat akan memperbaiki detak jantung Anda secara tidak langsung. Detak jantung juga bersesuai dengan denyut nadi. Jadi, Anda dapat mengukur detak jantung Anda dengan mengukur denyut nadi. Denyut nadi yang normal sekitar 60-100/menit.

Baca Juga :   Cara Menjaga Keselamatan Ketika Bersepeda - Wajib Diketahui

Memperoleh Tubuh yang Sehat dan Ideal

Apabila Anda mempunyai berat badan berlebih dan ingin menurunkannya, Anda dapat melakukan diet dan olahraga. Olahraga merupakan factor sangat penting dalam penurunan berat badan, Anda tidak dapat hanya mengandalkan diet. Olahraga mempunyai berbagai macam tipe dan jenis, akan tetapi tidak semua orang yang dapat melakukannya. Jika Anda orang yang tidak bisa melakukan olahraga berat atau Anda merupakan pemula dalam melakukan olahraga, Anda dapat mengikuti olahraga senam jantung sehat

Olahraga ini adalah gabungan beberapa gerakan aerobic yang simpel sehingga masyarakat dari berbagai kalangan umur dapat mengikutinya. Anda juga dapat terlebih dahulu mempelajari unsur-unsur senam aerobik. Olahraga ini bisa membakar kalori dan lemak berlebih. Selain Anda memperoleh tubuh yang ideal, olahraga ini juga membuat jantung Anda tetap terjaga sehat. Jadi, senam jantung sehat memberikan Anda 2 keuntungan sekaligus. Selain olahraga senam jantung sehat, Anda dapat juga mencoba senam lain yaitu senam lantai tanpa alat yang juga bisa menciptakan tubuh ideal.

Pada dasarnya bagi penderita penyakit jantung, pada saat melakukan olahraga ini mereka harus di bawah pengawasan ahli dan berdasarkan rekomendasi dokter spesialis jantung. Pengawasan ini harus dilakukan karena apabila seseorang melakukan senam terlalu cepat atau melakukan senam tanpa pemanasan, hal ini akan berakibat fatal pada penderita penyakit jantung.

Bukannya sembuh akan tetapi justru malah bertambah parah. Oleh sebab itu, pengawasan dan konsultasi dengan dokter sangatlah penting untuk dilakukan oleh penderita penyakit jantung. Selain olahraga, penderita penyakit jantung harus melakukan pola hidup yang sehat. Karena, pola hidup sehat plus olahraga akan memberikan Anda jantung yang sehat.

Demikianlah ulasan kali ini mengenai Senam Jantung  : 4 Tujuan Senam Jantung Sehat Bagi Kesehatan Tubuh semoga dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya ya.

Baca Juga :   Cara - Cara Menghindari Penyalahgunaan Narkoba

Baca Juga :