√ Renang Gaya Kupu-kupu │7 Teknik Renang Gaya Kupu – Kupu

3 min read

√ Renang Gaya Kupu-kupu │7 Teknik Renang Gaya Kupu – Kupu

Teknik Renang Gaya Kupu – Kupu – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai teknik yang di gunakan dalam renang gaya kupu – kupu . Renang gaya kupu – kupu adalah salah satu dari gaya yang ada dalam olahraga renang . Apabila dibandingkan dengan gaya renang yang lainnya , seperti renang gaya bebas , maka gaya kupu-kupu inilah yang merupakan gaya yang paling baru di perlombakan dalam pertandingan renang. Berikut ini adalah penjelasan dari teknik  gaya renang kupu-kupu .

Teknik Renang Gaya Kupu-Kupu Dan  Pengertiannya

Berenang dengan menggunakan gaya kupu – kupu membutuhkan  kekuatan yang besar serta  koordinasi gerak yang baik. Berikut ini langkah – langkah yang digunakan untuk  melakukan renang gaya kupu – kupu yang benar :

Teknik Start

Pada  gaya renang  kupu – kupu, dibutuhkan  teknik start yang benar. Cara melakukannya adalah , perenang melakukannya dengan  tepat berada  diatas balok start. Kemudian bungkukkan badan tepat ke arah air dimana bagian lutut juga agak  sedikit ditekuk. Start bisa  di lakukan dengan sempurna jika  posisi tubuh serta  gerakan di lakukan dengan tepat.

Posisi Badan

Dalam  gaya kupu – kupu terdapat lebih banyak gerakan badan kea rah  atas dan bawah dibandingkan  gaya renang yang lainnya. Gerakan ini bukanlah sebuah  gerakan yang di paksa, akan  tetapi merupakan hasil dari tiga faktor utama, yaitu :

  1. Gerakan menjejakan kaki ke bagian bawah dan  memaksa pinggul ke atas.
  2. Inertia dari proses recovery lengan yang cenderung menarik kepala serta bahu ke arah
  3. Bagian pertama dari tarikan tersebut cenderung membuat kepala dan bahu menjadi naik ke atas.
Baca Juga :   Peraturan Renang Gaya Dada Menurut FINA

Gerakan Kaki

Gerakan kaki adalah merupakan  yang tercepat dari keempat gaya kompetitif jika  di lakukan dalam latihan kaki dengan menggunakan  papan renang. Gerakan kaki ini terbilang sulit  untuk beberapa perenang yang  memerlukan  fleksibilitas mata kaki yang baik ( Flenter Flexion ). Cara melakukan gerakan kaki pada teknik renang gaya kupu – kupu adalah sebagai berikut :

  1. Pinggang di turunkan ke arah bawah serta  kaki yang  bergerak ke bawah untuk melakukan cambukan.
  2. Dengan memanfaatkan ruang dari gerak sendi pergelangan kaki dan juga  punggung kaki, maka cambukan di lakukan untuk menekan air ke arah bawah dengan  cepat dan kuat.
  3. Lalu kaki ke atas ketika gerakan recovery.
  4. Gerakkan pinggang ke atas sehingga membuat kaki terangkat ke arah atas ketika  pinggang bergerak ke bawah.

Gerakan Lengan

Dalam  gaya kupu – kupu, gerakan lengan harus di lakukan dengan cara  bersamaan antara lengan kanan dan kiri.

  1. Entry : tangan masuk ke dalam air, lalu lengan lurus pada posisi miring, serta  jari – jari yang  lebih rendah dari siku. Kemudian tangan masuk ke dalam air sebelum melewati daerah samping bahu.
  2. Mengayun ke luar : lengan bergerak ke arah luar secara berkesinambungan. Akhiri dengan melakukan gerakan catch yang di lakukan sesudah  kedua lengan berada tepat di bagian luar bahu bersamaan dengan cambukan pertama kea rah
  3. Mengayun ke bawah : tangan bergerak ke bagian bawah serta ke luar dari lingkaran gerak.
  4. Mengayun ke dalam : posisi tangan berada tepat di bagian bawah siku. Kemudian tangan di tarik ke dalam, ke atas, dan juga ke belakang dalam lingkaran kecil di bagian  bawah kepala dekat badan. Lalu  mengayun ke atas depan, dan siku diangkat ke atas permukaan air dengan  membentuk sudut 30 derajat –  40 derajat .
  5. Recovery : yaitu lengan di angkat ke atas permukaan air dengan  rileks, kemudian pangkal lengan di putar ke dalam serta  mengayun ke depan.
Baca Juga :   √ Olahraga Surfing │  Pengertian, Sejarah, Teknik, Tujuan dan Manfaat Beserta Gambar

Gerakan Mengambil Napas

Teknik pernapasan tentu sangat  dibutuhkan  dalam  setiap jenis gaya renang, termasuk juga pada  gaya kupu – kupu. Cara melakukan teknik pernapasan yaitu sebagai berikut :

  • Udara di ambil ketika tangan mulai di tarik kearah bahu lalu  kepala ke luar dari dalam air.
  • Udara di keluarkan ketika kepala akan ke luar dari  air dengan  melalui gerakan dagu, kemudian  udara di tarik kembali  secara
  • Udara dihirup melalui mulut lalu dibuang melalui mulut dan juga hidung secara bersamaan.

Gerakan Koordinasi

Teknik koordinasi merupakan  teknik yang menggabungkan antara seluruh teknik gerakan kaki, gerakan lengan dan juga teknik pernapasan yang di lakukan dengan  bersamaan.

  • Ketika memulai gaya kupu – kupu pertama kali adalah dengan melakukan gerakkan kaki.
  • Kemudian gerakkan kedua tangan ke  arah bawah secara bersamaan.
  • Ketika gerakan tangan ke bawah ini saat kita untuk  sedikit menaikkan kepala ke arah atas untuk mengambil napas.
  • Gerakan kaki dan tangan di lakukan secara bergantian dan di mulai dengan kaki yang terlebih dahulu untuk membuat dorongan awal.

Gerakan Membalik

Gaya kupu-kupu membutuhkan  teknik membalik. Cara melakukannya mirip dengan pada renang gaya dada. Tangan pada posisi di awal adalah yaitu terletak  pada dinding kolam lalu setelah tangan menyentuh dinding bersamaan, maka barulah tubuh boleh di gerakkan membalik.

Kemudian bagian kedua kaki yang di tekuk serta bokong dapat di putar kearah  samping kemudian  tangan dapat  di lepaskan secara satu persatu dan kemudian dengan  segera di luruskan hingga  ke muka sambil melakukan gerakan bertolak dengan  sekuat tenaga pada dinding. Dari gerakan yang sudah  di lakukan, tubuh bisa  meluncur ke bagian depan dengan sikap tubuh yang lurus serta  dekat  dengan permukaan air dimana kaki dapat  di gerakkan lebih dari satu kali.

Baca Juga :   √ Macam - Macam Gerakan Pemanasan dan Pendinginan Yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudah  Berenang

Demikianlah artikel di atas tentang √ Renang Gaya Kupu-kupu │7 Teknik Renang Gaya Kupu – Kupu semoga bermanfaat untuk kalian semua dan terimakasih atas kunjungannya .

Baca Juga :