√ Snorkeling │ Pengertian Snorkeling dan Tips Aman Melakukannya

2 min read

√ Snorkeling │ Pengertian Snorkeling dan Tips Aman Melakukannya

 Snorkeling – snorkeling bukan hanya sekedar  sebagai kegiatan berenang di permukaan air. Istilah ini di ambil dari bahasa Inggris yang  saat  menjadi kegiatan olahraga pantai dan air populer di seluruh dunia bahkan di indonesia. Berbeda dengan kegiatan diving, snorkeling di lakukan di laut dangkal. Hal inilah yang membuatnya cukup unik dan juga  mudah untuk dilakukan.

Pengertian  Snorkeling

Snorkeling adalah kegiatan berenang di permukaan air yang tidak terlalu dalam dengan menggunakan  alat berupa kacamata selam, kaki katak, dan juga snorkel untuk membantu pernapasan. Kegiatan ini disebut  juga  dengan selam dangkal.

Masing – masing alat di atas mempunyai fungsi tersendiri. Misalnya adalah  kaki katak, berfungsi untuk alat bantu gerak di bawah air dan menambah daya dorong pada kaki. Sedangkan snorkel  adalah  sebuah selang berbentuk huruf J. Fungsinya  adalah  untuk jalan udara masuk pada saat menyelam di permukaan air.

Sebelum melakukan aktivitas atau kegiatan ini, maka penyelam harus mengambil nafas dalam – dalam terlebih dahulu. Baru kemudian menyelam dengan  menggunakan alat bantu karena tidak ada tabung oksigen yang jadi suplai udara untuk melihat kekayaan fauna laut indonesia.

Kegiatan olahraga air ini  dapat  dilakukan siapa saja. Bahkan bagi seorang pemula sekalipun  dapat  melakukannya. Bagi yang tidak bisa berenang juga bisa melakukan snorkeling ini . Syaratnya  adalah dengan menggunakan  baju pelampung untuk menjamin keamanan. Tidak ada skill atau kursus khusus yang dilakukan untuk menjajal kegiatan ini.

Baca Juga :   √ Softball │ Pengertian Softball , Sejarah, Teknik Dasar, dan  Peralatan

Supaya dapat  lancar dalam kegiatan ini maka anda  harus menguasai cara bernafas dengan mulut melalui snorkel. Untuk bisa mengenakan semua alat di atas  dapat dipelajari dengan bantuan pemandu selam. Untuk lebih seru, kegiatan ini dilakukan beramai – ramai dalam kelompok.

Tujuan Snorkeling

Tujuannya dari kegiatan ini adalah   untuk melihat keindahan bawah laut yang dangkal. Di tempat tertentu, seperti wisata bahari di Indonesia, terdapat banyak tempat untuk bisa menjajal olahraga ini. Ada terumbu karang dan juga ikan dan juga biota laut unik yang didapat di laut dangkal ini.

Snorkeling merupakan  rekreasi populer yang tidak berbahaya. Kegiatan ini terutama dilakukan di resor pantai tropis hingga lokasi selam scuba yang dangkal. Terumbu karang, ikan, kerang, rumput laut, kerang, hingga penyu  dapat menjadi sajian di bawah laut ini.

Cara dan Tips Melakukan Kegiatan Snorkeling

Snorkeling ini  dapat dijadikan sebagai  kegiatan untuk menikmati pemandangan penuh warna di bawah laut. Untuk melakukannya dengan aman, maka ikuti cara dan juga  panduan yang benar. Berikut ini ini adalah beberapa langkah yang  dapat  di terapkan untuk aman  dalam melakukan penyelaman atau snorkeling :

  • Ambil semua peralatan serta kenakan dengan benar, seperti masker selam atau kacamata, sepatu katak, dan juga snorkel.
  • Mengambanglah dengan datar di air dengan cara perut menghadap ke bawah.
  • Gigit bagian mulut snorkel untuk melindungi agar air tidak masuk ke dalam mulut.
  • Pada saat mulai menyelam, maka tarik dan juga hembuskan nafas dengan perlahan melalui tube yang terpasang.
  • Karena laut cukup dangkal, maka tidak perlu panik bagi yang baru belajar karena anda dapat selalu naik ke permukaan untuk bernafas.
  • Jangan lupa untuk kenakan pelampung bagi yang tidak bisa berenang.
  • Itulah beberapa cara menyelam dengan aman di perairan dangkal dengan snorkeling. Dengan melakukan ini maka penjelajahan pun akan lebih aman.
Baca Juga :   √ Karate │ Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan dan Manfaatnya

Jadi, bagi  anda yang menyukai kegiatan dan olahraga air, bisa mempelajari mulai dari pengertian snorkeling hingga berbagai cara untuk melakukannya. Terutama bagi yang baru belajar maka bisa membantu untuk lebih aman melakukan kegiatan menantang sekaligus menyenangkan ini. Demikianlah ulasan kali ini mengenai √ Snorkeling │ Pengertian Snorkeling dan Tips Aman Melakukannya semoga bermanfaat dan juga berguna dalam menambah wawasan pengetahuan kalian semua , sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya ya , simak juga artikel yang lainnya , salam olahraga.

Baca Juga :