√ Renang Gaya Kupu-Kupu │ Pengertian Renang Gaya Kupu-Kupu dan Cara Melakukannya

2 min read

√ Renang Gaya Kupu-Kupu │ Pengertian Renang Gaya Kupu-Kupu dan Cara Melakukannya

Renang Gaya Kupu-Kupu – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah materi tentang Renang gaya kupu-kupu yang meliputi pengertian renang gaya kupu-kupu dan juga cara melakukannya . Renang gaya kupu – kupu merupakan  sebagai gaya lanjutan, yang  artinya para perenang yang ingin merenangkan gaya ini sudah  terlebih dahulu bisa  melakukan gaya yang lain ( renang gaya dada ). Berikut ini adalah penjelasan renang gaya kupu-kupu yang akan dijelaskan secara singkat.

Pengertian Renang Gaya Kupu – Kupu

Pengertian renang gaya kupu – kupu dolphin, yaitu adalah  gaya kupu – kupu dengan  memakai  gerakan tungkai  dengan menirukan lecutan ekor ikan dolphin atau lumba-lumba. Gaya ini disebut juga dengan  gaya dolphin kick atau The Dolphin Butterfly Stroke ( Kasiyo, 1980 : 15 ). Renang gaya kupu – kupu atau gaya dolphin merupakan  salah satu gaya berenang dengan posisi dada yang menghadap  ke permukaan air. Cara melakukan renang gaya kupu – kupu adalah sebagai berikut  :

  • Kedua belah lengan dengan secara bersamaan di tekan kea rah bawah dan di gerakkan ke arah luar sebelum di ayunkan ke bagian
  • Sementara itu kedua belah kaki secara bersamaan menendang ke bagian bawah dan ke atas seperti gerakan sirip ekor lumba – lumba.
  • Udara di hembuskan dengan sekuat – kuatnya dari mulut serta hidung sebelum kepala muncul dari air, lalu  udara di hirup melalui  mulut pada saat  kepala berada di luar air.
  • Dengan gerakan tungkai ikan dolphin ternyata hasilnya akan lebih cepat apabila di bandingkan dengan menggunakan gerakan tungkai gaya dada. Sampai sekarang setiap perlombaan renang gaya kupu – kupu selalu memakai  gaya dolphin kick.
Baca Juga :   √ Olahraga Dayung  │ Pengertian, Sejarah, Teknik, Manfaat, Tujuan,  dan Peraturan

Apabila di rinci teknik renang pada gaya kupu – kupu terdiri atas  5 bagian yaitu sebagai berikut :

  • Posisi badan
  • Gerakan tungkai
  • Gerakan lengan
  • Pernapasan
  • Gerakan keseluruhan ( Sumarno, 1999 : 84 )

Renang gaya kupu – kupu diciptakan pada tahun 1933, yang b merupakan gaya berenang paling baru. Berbeda dengan renang gaya yang  lainnya, perenang pemula yang belajar gaya kupu – kupu memerlukan  waktu yang lebih lama untuk mempelajari koordinasi gerakan tangan dan juga kaki.

Berenang gaya kupu – kupu juga menuntut pada  kekuatan yang lebih besar dari seorang  perenang. Kecepatan dari  renang gaya kupu – kupu diperoleh  dari ayunan kedua belah tangan secara bersamaan. Perenang tercepat pada  gaya kupu – kupu bisa  berenang lebih cepat daripada  perenang gaya bebas. Apabila dibandingkan dengan  gaya berenang lainnya, perenang gaya kupu – kupu tidak bisa  menutupi teknik gerakan yang buruk dengan mengeluarkan tenaga yang lebih besar.

Cara Melakukan Renang Gaya Kupu – Kupu

Renang gaya kupu – kupu adalah  salah satu  dari gaya dalam olahraga renang. Di bandingkan dengan gaya renang yang  lainnya, maka  gaya kupu – kupu adalah merupakan gaya yang paling baru di perlombakan dalam pertandingan – pertandingan renang. Berenang dengan menggunakan gaya kupu – kupu dibutuhkan  kekuatan yang besar seta  koordinasi gerak yang baik. Berikut ini adalah langkah – langkah serta cara melakukan renang gaya kupu – kupu.

Gerakan Kaki

  • Pinggang di turunkan ke arah bawah dengan kaki yang  bergerak ke bawah untuk melakukan cambukan.
  • Dengan memanfaatkan ruang gerak sendi pergelangan kaki dan juga punggung kaki, maka cambukan di lakukan untuk menekan air ke bawah secara cepat dan juga kuat.
  • Kaki berada dalam posisi ke atas ketika  gerakan recovery.
  • Gerakkan pinggang ke bagian atas sehingga kaki akan terangkat ke bagian atas ketika  pinggang bergerak ke bawah.
Baca Juga :   √ Renang Gaya Dada │ Pengertian, Teknik Dasar, Sejarah, Dan Manfaat

Gerakan Lengan

  • Entry

Tangan  masuk ke dalam air, lengan lurus pada posisi mixing, serta  jari – jari yang  lebih rendah dari siku. Tangan masuk ke dalam air sebelum melewati daerah samping bahu.

  • Mengayun ke luar

Lengan  bergerak ke arah luar secara berkesinambungan. Kemudian diakhiri dengan gerakan catch yang dilakukan sesudah  kedua lengan berada tepat di luar bahu bersamaan dengan cambukan pertama ke bawah.

  • Mengayun ke bawah

Tangan  bergerak ke bagian bawah serta  ke luar dari lingkaran gerak.

  • Mengayun ke dalam

Posisi  tangan berada tepat di bagian bawah siku. Lalu tangan di tarik ke dalam, ke atas, dan juga  ke belakang dalam lingkaran kecil di bawah kepala yang dekat badan.  Kemudian mengayun kearah  atas depan, lalu siku di angkat ke atas permukaan air dengan  membentuk sudut 30 derajat – 40 derajat.

  • Recovery

Lengan  diangkat ke atas permukaan air dengan  rileks, lalu  pangkul lengan diputar ke dalam dan mengayun ke bagian depan.

Gerakan Mengambil Napas

  • Udara di ambil ketika tangan mulai di tarik ke arah bahu serta  kepala yang  ke luar dari dalam air.
  • Udara di keluarkan ketika kepala akan ke luar air dengan melalui gerakan dagu, kemudian  udara di tarik kembali  dengan cepat.
  • Udara dihirup melalui mulut lalu di buang melalui mulut serta hidung secara bersamaan.

Itulah tadi √ Renang Gaya Kupu-Kupu │ Pengertian Renang Gaya Kupu-Kupu dan Cara Melakukannya semoga mudah dipahami dan juga dapat berguna dalam menambah wawasan serta ilmu pengetahuan kalian semua, terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga :

Baca Juga :   √ Olahraga Surfing │  Pengertian, Sejarah, Teknik, Tujuan dan Manfaat Beserta Gambar