√ Lompat Jauh │ Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Berjalan Di Udara

2 min read

√ Lompat Jauh │ Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Berjalan Di Udara

Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Berjalan Di Udara – Pada pembahasan kali ini admin akan menjelaskan mengenai teknik dasar dalam lompat jauh dengan gaya berjalan di udara . Untuk lebih jelasnya maka langsung saja simak penjelasan berikut ini secara seksama.

 Lompat jauh  bisa  dilakukan dengan berbagai variasi jenis gaya yang berbeda – beda. Dan salah satunya dengan menggunakan  gaya berjalan di udara atau juga yang  biasa disebut dengan gaya menendang. Dengan gerakan kaki yang memutar ke depan atau berjalan pada saat melayang di udara akan memudahkan bagi para  pelompat dalam upayanya  dalam melakukan pendaratan.

Dalam melakukan lompat jauh gaya berjalan di udara ini, tungkai di ayun dengan kuat tinggi ke depan. Dan pada saat melakukan tolakan, tungkai lurus ke bawah dan juga kebelakang badan dengan posisi lutut di tekuk. Gerak tungkai ayun masih terangkat hingga posisi horizontal, sehingga posisi kedua tungkai terlihat seperti sedang berjalan atau sedang berlari. Selanjutnya   tepat sebelum mendarat, posisi tangan dibawah ke belakang tubuh dan di ayunkan ke depan dengan kuat, sedangkan kaki sudah  di persiapkan untuk mendarat.

 

Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Berjalan Di Udara

Secara keseluruhan rangkaian gerak teknik dalam lompat jauh terbagi menjadi  dalam beberapa tahapan yaitu   awalan, tolakan, melayang di udara dan juga  pendaratan. Teknik teknik dasar ini harus dikuasai dengan baik, agar memperoleh  koordinasi gerak yang baik untuk menghasilkan jarak lompatan yang maksimal atau jauh.

Baca Juga :   √ Pencak Silat │ Jenis Pola Langkah Dalam Pencak Silat Beserta  Penjelasannya Lengkap

Awalan

Awalan lari dilakukan dengan meningkatkan kecepatan lari, akan tetapi  masih dalam posisi yang  dapat  di kendalikan untuk melakukan tolakan. Ketika pada saat mendekati tolakan sekitar 3 – 5 meter, langkah terakhir di persiapkan untuk mengalihkan gerak horizontal ( lari awalan ) kepada kecepatan vertikal ( tolakan ) dengan langkah terakhir yang pendek.

Tolakan

Tolakan dilakukan sebagai tahapan pengalihan telapak kaki tolak untuk lepas landas. Tujuannya adalah  , yaitu untuk menghasilan gerak mengangkat tubuh ke atas untuk gerakan melayang di udara. Pada saat melakukan tolakan, kaki tolak sedikit di bengkokan, menapakkan kaki dan  juga meluruskan tungkai untuk lepas landas. Gerakan pada saat melakukan tolakan membutuhkan  kecepatan, kekuatan dan juga koordinasi gerakan yang memadai sehingga gerakannya akan menjadi lebih efektif.

 

Melayang Di Udara

Gerakan kaki yang berjalan selama melayang di udara akan memudahkan anda untuk melakukan gerakan pendaratan yang baik. Terdapat beberapa hal yang harus di perhatikan ketika  melakukan gerak melayang di udara adalah sebagai berikut ini.

  • Memelihara kesimbangan badan ketika melayang.
  • Mengusahakan tahanan udara sekecil mungkin.
  • Mengusahakan melayang di udara selama mungkin.
  • Mempersiapkan kaki untuk pendaratan.

Pendaratan

Pendaratan bisa dilakukan dengan persiapan menundukan kepala, mengayun lengan dan juga  membawa pinggang ke depan. Dengan demikian, maka pada saat pendaratan, anggota badan yang lain tidak menyentuh pasir lebih belakang daripada kaki. Seandainya harus menyentuh pasir, perkenaan dengan pasir harus lebih dahulu dengan kaki. Untuk meningkatkan kemampuan penguasaan teknik lompat jauh, Anda juga harus memperhatikan beberapa faktor yang dapat menentukan hasil lompatan seseorang, dan di antaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Penentuan jarak awalan yang tepat
  • Penentuan irama lari awalan.
  • Kemampuan menolak dan lepas landas
  • Kemampuan gerak melayang.
  • Kemampuan gerak pendaratan.
Baca Juga :   √ Lontar Martil │  Sejarah dan Teknik Dasar

Perlu di ketahui,  bahwa seseorang pelompat bisa dinyatakan gagal dalam lompat jauh jika melakukan beberapa hal – hal yaitu  sebagai berikut ini :

  • Menyentuh tanah di belakang garis batas tumpuan bagian tubuh manapun, baik sewaktu membuat ancang – ancang lompat, atupun pada saat lari kencang tanpa membuat tolakan.
  • Menolak dari luar ujung balok tumpuan, baik sebelum maupun setelah garis perpanjangan garis tumpuan.
  • Pada saat mendarat, pelompat menyentuh tanah di luar zona area pendaratan atau bak lompat sebelum melakukan pendaratan yang benar pada bak pendaratan.
  • Setelah melompat dengan sempurna, kemudian pelompat berjalan balik melalui bak lompat.
  • Mendarat dengan melakukan suatu gerakan salto.

Demikianlah penjelasan mengenai √ Lompat Jauh │ Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Berjalan Di Udara semoga mudah di pahami dan juga tentunya dapat bermanfaat untuk anda semua , sekian dan terimakasih banyak atas kunjungannya ya , simak juga artikel yang lainnya.

Baca Juga :