√ Senam Ketangkasan │ Pengertian Senam Ketangkasan Dan Sejarah Singkatnya

1 min read

√ Senam Ketangkasan │ Pengertian Senam Ketangkasan Dan Sejarah Singkatnya

Pengertian dan Sejarah Senam Ketangkasan – Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai pengertian dan juga sejarah dari salah satu cabang olahraga atletik yaitu senam ketangkasan . Untuk lebih lengkapnya maka langsung saja simak ulasan berikut ini secara seksama.

Salah satu upaya untuk  dapat  menjaga dan juga  memelihara tubuh agar dapat  tetap dalam kondisi sehat dan bugar  dapat dilakukan dengan melakukan olahraga secara rutin seperti senam. Senam adalah  salah satu cabang olahraga yang sudah populer sejak zaman Yunani Kuno. Dan pelaksanaan senam seiring perkembangan zaman dari masa ke masa juga mengalami perubahan. Senam biasa dilakukan orang untuk rekrerasi, relaksasi atau juga  untuk menenangkan pikiran. Untuk melakukan senam,  dapat  dilakukan dirumah atau juga di tempat fitnes, gymnasium ataupun di sekolah. Senam mempunyai  peranan penting untuk pembentukan kelenturan tubuh dan juga kelangsungan hidup manusia. Pada dasarnya senam terdapat berbagai macam variasi seperti senam lantai dan senam ketangkasan. Nah, sebelum masuk ke pembahasan berikutnya, perlu untuk diketahui apa yang dimaksud dengan senam.

 

 

Pengertian Senam Dan Sejarah Singkatnya

Istilah senam merupakan terjemahan dari bahasa Inggris yaitu Gymnastic atau Gymnos. Sementara itu dalam bahasa Yunani ( Greek ) yang artinya telanjang. Karena menurut sejarahnya pada waktu itu ( zaman kuno ) biasanya senam di lakukan dengan badan  yang telanjang atau setengah telanjang. Akan tetapi, untuk senam menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ). Senam  adalah  gerak badan dengan gerakan tertentu, seperti menggeliat, menggerakan dan meregangkan anggota badan. Dari beberapa definisi senam yang sudah di sebutkan di atas,  dapat  untuk di ambil  kesimpulan bahwa senam adalah sebuah cabang olahraga yang melibatkan berbagai gerakan tubuh yang juga memerlukan  kekuatan, kecepatan dan juga  keserasian gerakan fisik yang teratur.

Baca Juga :   Yoga : 7 Gerakan Awal Yoga Untuk Pemula

Pengertian Senam Ketangkasan

Yang dimaksud dengan senam ketangkasan adalah rangkaian gerakan senam yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu. Senam ketangkasan sering di katakan  sebagai  senam pertandingan atau juga senam artistik. Karena bentuk – bentuk gerakannya harus sesuai dengan peraturan yang berlaku dalam pertandingan baik mengenai sikap pada waktu akan melakukan gerakan, keindahan, dan juga  ketepatan, serta juga keseimbangan pada bagian sikap akhirnya. Senam ketangkasan bisa dilakukan dengan tanpa alat dan  atau dengan menggunakan alat. Senam ketangkasan yang dilakukan tanpa alat dinamakandengan  senam lantai ( floor axercise ), sementara senam ketangkasan dengan  menggunakan alat biasa juga di namakan dengan senam alat.

Senam ketangkasan bisa di lakukan dengan  cara menggunakan palang sejajar, palang tunggal, gelang – gelang, palang bertingkat, kuda – kuda pelana. Apabila  melakukan gerakan – gerakan senam ketangkasan dengan baik dan benar , maka  kita  dapat  memperoleh  pengalaman gerak atau unsur gerak yang dapat juga meningkatkan kebugaran tubuh berupa gerakan ketangkasan, gerakan keseimbangan, gerak kelenturan atau keluwesan, gerakan kelincahan, gerakan keberanian, gerakan keharmonisan dan juga gerakan keindahan.

Demikianlah  tadi ulasan mengenai √ Senam Ketangkasan │ Pengertian Senam Ketangkasan Dan Sejarah Singkatnya.  Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang tentunya akan bermanfaat bagi anda semua yang menyukai olahraga senam ketangkasan ini ataupun yang masih berada pada tahap pemula dalam senam ketangkasan ini . Sekian artikel kali ini , mohon maaf apabila ada kesalahan , dan juga terimakasih banyak untuk kunjungannya , simak juga artikel kami yang lainnya ya , terimakasih dan salam olahraga.

Baca Juga :

Baca Juga :   √ Renang │ Manfaat Olahraga Renang Untuk Kesehatan Tubuh