√ Tolak Peluru │ Cara Melakukan Tolak Peluru Gaya Membelakangi / Gaya O’Brien

2 min read

√ Tolak Peluru │ Cara Melakukan Tolak Peluru Gaya Membelakangi / Gaya O’Brien

Cara Melakukan Tolak Peluru Gaya Membelakangi / Gaya O’Brien – Seperti  yang kita ketahui, apabila  olahraga tolak peluru termasuk dari salah satu cabang olahraga atletik yang saat ini  juga sering di pertandingkan, baik tingkat daerah, nasional bahkan internasional. Pada dasarnya, olahraga tolak peluru adalah gerakan yang dilakukan sebagai upaya untuk  dapat  menolak peluruh dengan jarak yang sejauh mungkin atau memperoleh hasil lemparan yang sejauh – sejauhnya.

Akan tetapi, untuk  dapat melakukan tolak peluru dengan baik dan juga  benar serta mampu  menghasilkan lemparan yang jauh. Tentunya terlebih dahulu kita harus menguasai materi mengenai dari beberapa teknik dasar yang terdapat pada cabang olahraga tolak peluru. Hal ini sangat penting, terutama bagi  anda yang masih pada  tahap pemula atau mulai menggemari olahraga tolak peluru.

Terdapat  beberapa teknik dasar yang harus di pelajari dan juga  di kuasai dengan baik dalam olahraga tolak peluru seperti cara memegang peluru, cara meletakan peluru dan juga  cara menolak peluru. Dan pada  ulasan kali ini akan membahas mengenai  teknik dasar cara menolak atau melempar peluru dengan baik dan benar.

Untuk teknik dasar cara menolak peluru  terdapat  dua macam  gaya yakni cara menolak peluru dengan gaya menyamping dan menolak peluru dengan gaya membelakangi. Dan yang akan  di bahas pada kesempatan kali ini adalah  cara menolak peluru dengan menggunakan  gaya membelakangi atau biasa juga dikenal dengan gaya O,Brian.

Baca Juga :   √ Olahraga Dayung  │ Pengertian, Sejarah, Teknik, Manfaat, Tujuan,  dan Peraturan

 

Teknik Dasar Cara Melakukan Tolak Peluru Gaya Membelakangi / Gaya O’Brien

Adapun cara untuk menolak peluru dengan gaya membelakangi atau gaya O’Brian terbagi menjadi beberapa tahapan seperti yang akan di ulas berikut ini.

Sikap Permulaan

  • Ambil awalan dengan membelakangi arah tolakan.
  • Selanjutnya membungkukkan badan ke arah depan dan bertumpu pada kaki kanan sementara lutut di tekuk.
  • Kaki kiri diangkat lurus menuju arah tolakan.

Sikap Pelaksanaan / Menolak Peluru Gaya Membelakangi

  • Tarik kaki kanan ke belakang ke arah tolakan dengan secepat – cepatnya.
  • Kemudian kenakan  kaki kiri  pada bagian tolakan dengan posisi badan tetap membungkuk,  dan juga  tangan kiri di luruskan ke atas secara rileks dan pandangan ke bawah.
  • Gerakan meluncur ke belakang dengan di awali terlebih dahulu penekukan kaki kanan untuk berjingkrak rendah ke belakang dengan di sertai ayunan sepakan kaki kiri jauh ke belakang.
  • Pada saat sikap badan benar – benar condong ke depang, mulailah pendaratan kaki kanan. Setelah berjingkrak,  selanjutnya  di susul oleh  kaki kiri, sedangkan badan segera berputar ke kiri serong atas.
  • Kemudian berat pada di pindahkan ke kaki kiri yang masih di tekuk dan tangan kanan diarahkan ke sudut tolakan.
  • Selanjutnya peluru di lepaskan dengan di bantu oleh kekuatan lecutan pergelangan tangan dan juga jari – jari tangan.

Sikap Akhir

Posisi kaki kanan di angkat pendek ke arah  depan, sedangkan kaki kiri di ayunkan ke belakang untuk membantu menjaga keseimbangan.

Kesalahan Yang Sering Terjadi

Terdapat  beberapa kesalahan yang sering di lakukan  oleh para atlet tolak peluru dengan gaya  membelakanginya. Di antaranya yaitu sebagai   berikut ini :

  • Sikap badan yang kaku
  • Footwork lambat.
  • Tergesa – gesa.
  • Peluru tidak pada pangkal tahu.
  • Masih terdapat  gerakan melempar peluru dan tidak ada gerak lanjutan.
Baca Juga :   √ Ukuran Lapangan Dan Net Sepak Takraw Standar Nasional Dan Internasional

Demikianlah ulasan pada artikel kali ini mengenai √ Tolak Peluru │ Cara Melakukan Tolak Peluru Gaya Membelakangi / Gaya O’Brien semoga informasi yang di berikan mudah di pahami dan juga dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mempelajari olahraga tolak peluru ini , sekian dan terimakasih banyak , mohon maaf apabila banyak kesalahan dan salam olahraga sampai jumpa di artikel yang lainnya ya.

Baca Juga :