√ Standar Ukuran, Berat , dan Bahan Shuttlecock ( Bola Badminton )

1 min read

√ Standar Ukuran, Berat , dan Bahan Shuttlecock ( Bola Badminton )

Shuttlecock ( Bola Badminton ) – Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai Shuttlecock atau bola badminton , yang akan meliputi standar ukuran, berat dan bahan yang digunakan untuk membuat shuttlecock.

 Permainan bulu tangkis adalah cabang olahraga raket yang menggunakan raket dan shuttlecock atau kok. Keduanya adalah peralatan yang harus ada selama pertandingan sedang berlangsung. Bila raket dipakai sebagai pemukul, lalu apa kok itu sendiri? Tahukah anda, dalam permainan badminton sudah ditentukan standar shuttlecock yang layak digunakan  untuk pertandingan atau kejuaraan nasional maupun internasional.

Pengertian Shuttlecock / Kok

Kok atau Shuttlecok adalah bola yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis yang terbuat dari bahan  rangkaian bulu angsa yang disusun hingga  membentuk kernet terbuka. Mempunyai pangkal yang berbentuk setengah bola yang terbuat dari bahan gabus.

Istilah shuttlecock diadaptasi dari bahasa Inggris yaitu cock yang berarti ayam jantan, karena sebelum menggunakan bulu angsa, kok dibuat dari bahan bulu ayam. Selanjutnya, kata cock berubah menjadi shuttlecock supaya  tidak mengandung unsur arti yang  negatif.

Standar Ukuran , Berat dan Bahan Shuttlecock

Bulu tangkis adalah cabang olahraga yang dipertandingkan ditingkat nasional dan internasional. Oleh sebab itu, diperlukan peralatan yang memenuhi standar dan kelayakan untuk digunakan. Standar serta kelayakan juga di tekankan pada Shuttlecock. Baik induk organisasi bulu tangkis nasional maupun internasional sudah menentukan standar-standar ukuran untuk shuttlecock.

Baca Juga :   √ Yoga :  Pengertian , Tujuan, Manfaat dan Jenisnya Lengkap

Menurut standar yang di keluarkan oleh badan federasi bulu tangkis dunia atau BWF, kok memiliki karakteristik yaitu  sebagai berikut:

  • Bahan

Menurut standar BWF, kok dibuat dari bahan bulu angsa putih yang di tancapkan pada sebuah bola dari bahan busa karet.Bulu angsa dipilih karena lebih baik dibandingkan dengan jenis bulu yang lainnya.

  • Jumlah Bulu Shuttlecock

Standar internasional mempunyai 16 bulu angsa yang menancap dan mengelilingi bola karet. Jumlah 16 bulu ini dimaksudkan supaya shuttlecock lebih simetris dan bisa mempunyai daya kecepatan yang cepat akan tetapi  stabil ketika melambung.

  • Panjang Bulu Shuttlecock

Standar panjang bulu kok harus sama yaitu antara 62 mm dan 70 mm.

  • Ukuran

Ujung dari bulu-bulu harus membentuk lingkaran dengan panjang diameter antara 58 mm dan 68 mm.

  • Semua bulu harus tergabung menjadi satu kesatuan yang kuat.

  • Diameter

Pangkal kok yang berbentuk setengah bola harus mempunyai  panjang diameter antara 25 mm dan 28 mm.

  • Berat

Standar kok seluruhnya harus antara 4,47 gram dan 5,50 gram.

Demikianlah ulasan singkat mengenai √ Standar Ukuran, Berat , dan Bahan Shuttlecock ( Bola Badminton ) semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga :