√ Macam – macam Posisi Pemain Bola Voli Beserta Nama dan Tugasnya

1 min read

√ Macam – macam Posisi Pemain Bola Voli Beserta Nama dan Tugasnya

Posisi Pemain Bola Voli , Nama dan Tugasnya –  Dalam permainan olahraga bola voli, masing – masing pemain mempunyai  tugas dan perannya masing – masing. Serta  fungsi atau tugas dari pemain bola voli ini sangat erat kaitannya dengan posisi pemain. Bagi sebagian orang yang bukan pemain voli mungkin sangat bingung dengan aturan posisi dan juga  macam – macam posisi dalam permainan bola voli ini. oleh sebab  itu pada kesempatan  kali ini admin akan memberikan dan juga menjelaskan mengenai macam – macam posisi pemain dalam bola voli, sebutan atau nama – nama pemain berdasarkan posisi dan juga tugasnya, serta aturan perputaran ( rotasi )  pemain  dalam olahraga bola voli.

Berikut ini adalah gambar macam – macam posisi pemain bola voli :

Dalam bentuk ( formasi ) permainan bola voli, pemain nomor satu disebut atau  dinamakan sebagai server ( pemain yang melakukan servis ), pemain kedua dan ke-empat dinamakan  dengan spiker ( smasher ), pemain ketiga dinamakan  dengan tosser atau set-upper, pemain nomor lima dan enam dinamakan sebagai defender atau libero. Berikut  ini adalah penjelasan masing –masing mengenai fungsi peran atau tugas dari setiap pemain tersebut:

 

  • Set – upper atau Tosser

Adalah  pemain bola voli yang bertugas sebagai pengatur serangan dari tim. Tosser pada umumnya akan mengumpan atau mengoper bola ke rekan tim  yang lainnya dengan berbagai variasi umpan untuk spiker sehingga spiker  dapat  melakukan serangan yang menyulitkan atau bahkan mematikan bagi  pihak lawan. Kualiatas umpan  dan juga  kecerdasan dari tosser dalam memberikan variasi – variasi umpan memiliki  peran yang sangat besar untuk kemenangan tim. Disamping  sebagai pengatur serangan, seorang tosser juga harus mengusai teknik smash dan  juga blocking.

Baca Juga :   5 Perbedaan Lari Jarak Menengah dan Lari Cepat
  • Spiker ( Smasher )

Spiker atau Smasher  adalah pemain bola voli yang bertugas untuk melakukan pukulan smash atau melakukan serangan sehingga  dapat menghasilkan poin atau nilai untuk  tim. Seorang spiker harus mempunyai  kemampuan dalam  melakukan serangan seperti pukulan smash yang baik. Karena posisi spiker selalu berada di bagian  depan, yaitu posisi 2 dan 4, seorang spiker  juga harus mampu  menguasai teknik blocking ( membendung serangan lawan ).

  • Libero

 Libero adalah pemain bola voli yang bertugas untuk menerima atau menahan serangan – serangan  yang berasal dari lawan. Karena peran seorang libero adalah mampu  menahan atau menerima bola serangan lawan dengan menggunakan passing, baik passing atas ataupun passing bawah, maka seorang yang berperan sebagai  seorang libero harus mempunyai  atau menguasai teknik passing dengan sangat baik. Pemain libero bebas untuk keluar masuk namun  tidak boleh melakukan pukulan smash ataupun melakukan blocking.

  • Defender

Defender adalah pemain bola voli yang bertugas untuk bertahan untuk menerima serangan lawan.

Perputaran atau Pergeseran Posisi Pemain ( Rotasi )

Perputaran posisi pemain dilakukan pada saat terjadi pergantian bola servis, dan tim yang melakukan perputaran atau pergeseran posisi pemain adalah tim yang melakukan servis. Perputaran posisi pemain ini dilakukan  dengan searah jarum jam.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai √ Macam – macam Posisi Pemain Bola Voli Beserta Nama dan Tugasnya Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda semua , sekian dan terimakasih.

Baca Juga :

Baca Juga :   Teknik Dasar Tinju Bagi Pemula Yang Benar Dan Tepat