√ Guling Belakang │ Cara Melakukan Gerakan Roll/ Guling Belakang Pada Senam Lantai

1 min read

√ Guling Belakang │ Cara Melakukan Gerakan Roll/ Guling Belakang Pada Senam Lantai

Cara Melakukan Gerakan Roll/Guling Belakang – Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai cara melakukan gerakan roll atau guling belakang pada senam lantai dengan benar untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasan berikut ini,

 Senam lantai mempunyai  berbagai jenis gerakan seperti roll depan dan roll belakang. Bentuk dari roll belakang ini berupa berguling ke  arah belakang badan dan  dapat  dimulai dengan dua awalan yaitu  jongkok dan berdiri. Roll belakang mungkin terdengar sederhana dan juga  mengasyikkan, akan tetapi  dalam pelaksanaannya membutuhkan berbagai teknik supaya  tidak terjadi cedera. Cara Melakukan Gerakan Roll / Guling Belakang Pada Senam Lantai perlu diketahui sebelum melakukannya.

Berikut ini adalah  Cara Melakukan Gerakan Roll / Guling Belakang Pada Senam Lantai yang perlu anda ketahui :

Sebelum masuk ke cara melakukannya, harus  anda ketahui bahwa untuk melakukan roll belakang dapat  dilakukan dengan metode umum, perseorangan, dan juga  berpasangan. Berikut ini adalah ulasannya  satu persatu dari metode tersebut.

Secara Umum

Cara Melakukan Gerakan Roll / Guling Belakang Pada Senam Lantai secara umum dapat  diawali  dengan posisi jongkok dan kedua tangan  berada didepan dan kaki sedikit yang  merapat. Selanjutnya  kepala ditundukkan dan kaki menolak kearah belakang. Pada saat bagian pinggul mengenai matras dua tangan dilipat ke samping telinga atau telapak tangan menghadap ke bagian atas. Sesudah telapak tangan menolak maka segera ayunkan kaki ke  arah belakang  dengan melewati kepala. Pada  cara melakukan Gerakan Roll / Guling Belakang pada senam lantai  ini dua kaki dilipat hingga ujung kaki mendarat di  bagian atas matras selanjutnya kembali ke sikap jongkok seperti semula.

Baca Juga :   √ Paraturan Olahraga Surfing

Perseorangan

Cara melakukan gerakan Roll / Gulling Belakang pada senam lantai secara perseorangan diawali  dengan posisi berdiri tegap dengan kedua tangan diangkat lurus ke atas berbentuk huruf V. sesudah  itu luruskan pandangan mata ke  arah depan kemudian  ikuti dengan menekuk dua lutut hingga posisi setengah jongkok serta tangan dalam posisi lurus ke depan. Gulingkan badan ke belakang dan juga  posisi tangan sudah siap untuk menyanggah serta memberikan dorongan  yang maksimal ke belakang. Nantinya ketika  berguling posisi kaki harus lurus hingga di jatuhkan jauh di atas kepala hingga keposisi berdiri.

Berpasangan

Untuk Cara Melakukan Gerakan Roll / Guling Belakang pada senam lantai berpasangan harus diperhatikan karena memerlukan kekompakan. Pertama – tama orang pertama dalam posisi berdiri, dan orang kedua tidur telentang dengan posisi kaki diangkat ke arah  atas. Cara melakukan gerakan Roll / Guling Belakang pada senam lantai posisi berpasangan ini orang pertama harus memegang dua mata kaki orang kedua. Selanjutnya  orang pertama menarik  dengan sekuat – kuatnya supaya  memperoleh  dorongan untuk berguling ke belakang. Selanjutnya  lakukan gulingan terus menerus.

Beberapa cara melakukan Gerakan Roll / Guling Belakang pada senam lantai tentu saja tidak jauh dari kesalahan gerakan. Beberapa kesalahanpun  sering terjadi seperti dua tangan yang tidak bertumpu dengan sempurna, dan  tumpuan  yang tidak kuat, ketika berguling dua tangan tidak menolak.

Demikianlah  ulasan mengenai√ Guling Belakang │ Cara Melakukan Gerakan Roll/ Guling Belakang Pada Senam Lantai semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca Juga :

Baca Juga :   √ Kayang │ Pengertian, Cara Melakukan, Sikap dan Manfaatnya